Toyota Kijang Innova Listrik (EV) Masih Berupa Konsep

Otoloka.id- PT Toyota Astra Motor (TAM) memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 untuk memperkenalkan konsep mobil listrik dengan mengambil basis dari Innova. Lantas, kapan Innova listrik atau Innova EV (electric vehicle) ini diproduksi?

Pengenalan Toyota Kijang Innova listrik berlangsung di hari pertama IIMS 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 31 Maret 2022. 

“Proyek penelitian ini memilih utilisasi Toyota Kijang Innova yang telah dikenal sebagai mobil keluarga legendaris Indonesia yang telah memiliki kandungan lokal tinggi,” tulis Toyota Indonesia dalam siaran pers resminya.

Sayangnya, mobil bernama lengkap Toyota Kijang Innova EV Concept Study Car ini hanya ditampilkan satu hari di hari pertama IIMS 2022. 

“Kami sebenarnya ingin lebih lama memamerkan mobil ini di IIMS. Tapi bagaimanapun mobil ini kita pinjam dari TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia),” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat diskusi virtual bersama media, Jumat (1/4/2022).

Lebih lanjut, Anton juga menjelaskan bahwa Innova listrik ini juga digunakan tim R&D, dan masih ada beberapa hal, dan schedule. 

“Jadi, sebelum menggunakan pun kami juga izin, bahkan termasuk kepada region office kami. Mereka mengerti bahwa perlu menyampaikan produk ini di motor show,” tambahnya.

Alhasil, meski diberi kesempatan satu hari pun tetap dimanfaatkan oleh TAM untuk memperkenalkan Innova listrik ini kepada publik. Pihak TAM juga akan melihat untuk beberapa hari ke depan apakah memang masih ada kesempatan untuk mobil ini dipajang atau tidak.

“Tapi untuk saat ini bisa kita confirm, memang di hari pertama saja dipamerkannya,” kata Anton.

Kapan Innova Listrik Diproduksi?

Segala kemungkinan masih bisa terjadi pada Toyota Kijang Innova EV. Hingga saat ini pun Anton belum mengetahui secara pasti kapan rencana itu (produksi Innova listrik).

“Mobil listrik ini baru sekedar konsep dan menggunakan powertrain listrik yang sama sekali berbeda dengan powertrain mesin konvensional. Ini masih banyak hal yang harus dilakukan. Saya sendiri pun masih harus menunggu dari principal kira-kira seperti apa detailnya dan kapan kira-kira produk ini akan bisa diluncurkan di Indonesia” kata Anton.

Masih banyak faktor yang dipertimbangkan Toyota untuk proses develop produk mobil listrik, termasuk Kijang Innova listrik. “Jadi, akan sulit untuk ngomong sekarang, apakah itu satu tahun apakah itu dua tahun, atau lebih,” tandasnya. <IDR>


  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!