• Home>
  • Berita>
  • Mobil Balap McLaren Artura GT4 Sudah Bisa Dipesan
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Mobil Balap McLaren Artura GT4 Sudah Bisa Dipesan

Kusnadi Chahyono
2022-06-22 08:04:46


Otoloka.id - McLaren Motorsport sudah memamerkan mobil balap McLaren Artura GT4. Sedianya akan tampil perdana di depan publik di gelaran akbar Goodwood Festival of Speed 2022, di Sussex, Inggris, pada 23-26 Juni.

Diyakini all-new McLaren Artura GT4 ini dibangun atas kesuksesan di dunia balap yang dipersembahkan oleh mobil kompetisi 570S GT4 and 720S GT3. Namun untuk Artura GT4 lebih banyak teknologi dijejalkan, termasuk konstruksi serat karbon monokok, McLaren Carbon Lightweight Architecture (MCLA).

Para ahli di Woking, Inggris memerlukan teknologi MCLA sebagai penjamin bahwa mobil balap yang disiapkan McLaren memiliki perlindungan terbaik saat kompetisi. Karena memang, standarnya Artura sudah terinspirasi dari dunia balap dengan sasis desain dan konstruksi yang sangat ideal sebagai mobil balap.

Bobot yang minimal memang menjadi perhatian di Artura untuk di jalan raya, kemudian filosofinya berlanjut sebagai mobil balap. Didukung mesin ringkas V6 menggunakan sistem pembuangan yang berbobot ringan, mobil balap McLaren Artura GT4 terbaru ini dikabarkan 100 kg lebih ringan berbanding 570S GT4.


Oh iya, Artura standar menggunakan sumber tenaga hybrid dengan turbo ganda, dipadukan Axial Flux E-Motor dialokasikan di transmisi. Mesin V6 nya sendiri sudah cukup untuk bersaing di balap GT4, meskipun regulasinya belum diizinkan gunakan motor listrik.

Transmisi tujuh percepatan telah disempurnakan untuk menghasilkan performa terbaik saat berakselerasi berkat dioptimalisasi rasio gear. Nyatanya sangat beda dengan Artura versi standar, memakai transmisi delapan percepatan seamless dan memakai E-motor untuk mundur. Regulasi GT4 mengharuskan adanya transmisi untuk mundur.

Akibat tak lagi gunakan komponen motor listrik, bobot bisa dipangkas 130 kg, sehingga membuatnya menjadi super-lightweight car. Tempat penyimpanan yang seharusnya sebagai baterai dimanfaatkan sebagai tempat bahan bakar dan sistem penggerak, membuat bobot tetap terpusat dan terdistribusi dengan baik.

Ternyata, mesin V6 tak dibiarkan standar, kinerja turbo dibuat lebih responsif ketika gas mulai dimainkan. Konsumsi bahan bakar juga lebih baik berbanding mesin V8 tipe M838 yang digunakan 570S GT4, meski tanpa sokongan elektrik. Dimensi V6 yang lebih ringkas menjadikan power-to-weight, hingga distribusi bobot lebih rendah. Bosch Motorsport ECU dipercaya membuat setelan tepat untuk bisa berkompetisi di GT4. mobil balap McLaren Artura GT4 juga dipastikan lebih mudah dalam melakukan perbaikan dan juga biaya.


Pengendalian didukung oleh penyempurnaan suspensi dari 570S GT4 dengan pijak roda depan lebih lebar untuk mendapatkan cengkeraman dan ban lekas terkikis. Pengembangan dilakukan bersama dengan Pirelli. Di bagian penggerak belakang disematkan Limited Slip Differential meningkatkan cengkeraman dan performa ditambah pula sistem rem belakang yang ditingkatkan. Hal tersebut berdampak pula pada konsumsi bahan bakar lebih irit berbanding 570S GT4 Electronic Stability Program. 

Pengendara juga didukung spesifikasi khusus balap yakni Anti-lock Braking and Traction Control yang memungkinkan untuk disetel secara mudah, untuk mendapatkan kondisi cengkeraman. Sudah tak diragukan lagi bahwa mobil balap McLaren Artura GT4 disematkan komponen peningkat performa, daya tahan, dan mudah dalam perawatan meski di kondisi kompetisi.

Adapun mudahnya perawatan berupa kap mesin yang gampang dilepas dan pasang. Kemudian tangki bahan bakar 110 liter dengan dua pompa, untuk pompa utama meningkatkan pasokan dan performa. Sayap bagian belakang dipasangkan langsung ke sasis menggunakan desain ‘G-Pylon’, yang artinya bodi belakang bisa dicopot tanpa harus repot bongkar sayap.

Saat balapan, temperatur mesin pastinya akan memuncak. Nah, agar tidak terjadi kendala tersebut dipasangkan radiator yang membuat temperatur dapur pacu tetap dalam kondisi optimal. Sistem knalpot high-level sudah dipasangkan dengan suara statis 105 dB.


McLaren Motorsport juga menyiapkan pesanan khusus bagi pembalap yang ingin lebih beda dan lengkap mendapat informasi langsung selama kompetisi. Jok dan sabuk pengaman bisa dipesan dan juga ukurannya. Bantuan pengendara secara langsung adalah Tyre Pressure Monitoring System, telemetery V-Box dan radar Collision Avoidance System.

Data pack juga disediakan dengan laser ride height sensor, damper potentiometer dan pengereman bersensor Infra-Red. Bila ingin balap ketahanan, ada pilihan sistem penerangan dan sistem untuk minum. Sedangkan sistem pengisian bahan bakar sebelah kiri dan dongkrak bersistem udara juga siap dipasangkan.


Bagi konsumen yang berminat melakukan pemesanan, sudah bisa menghubungi McLaren Motorsport Retailers untuk mengetahui harga dan komponen apa saja yang ingin dipasangkan.

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 288
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset