MPV Mewah Audi Urbansphere Calon Pesaing Toyota Alphard

Otoloka.id – Audi mengabarkan MPV premium masa depannya dengan mengenalkan mobil konsep Audi urbansphere, beberapa waktu lalu. Awalnya, para desainer dan insinyur Audi merancang mobil ini untuk membelah kota-kota besar di China yang sangat padat lalu lintasnya.

Namun, sebenarnya Audi urbansphere pun cocok untuk metropolitan-metropolitan lainnya di dunia. Di daerah-daerah perkotaan, di mana ruang pribadi sangat terbatas, mobil konsep ini menawarkan ruang interior terbesar dari model Audi mana pun hingga saat ini.

“Untuk memenuhi permintaan para pelanggan kami di China, studio desain Audi di Beijing dan Ingolstadt bekerjasama secara erat untuk bersama-sama mengembangkan mobil konsep Audi urbansphere,” kata Markus Duesmann, Chairman of the Board Management di AUDI AG dan bertanggung jawab untuk pasar China.

Untuk pertama kalinya, menurut Markus, calon-calon pelanggan di China juga dapat mengambil bagian dalam proses pengembangan, menyumbangkan keinginan dan perspektif mereka sendiri sebagai bagian dari proses yang dikenal sebagai “co-creation”.

Hasilnya dapat dilihat pada konsep Audi urbansphere dan interiornya yang sangat mencolok. Mobil yang luas berfungsi sebagai ruang duduk di atas roda dan kantor bergerak, yang berfungsi sebagai ruang hidup ketiga selama waktu yang dihabiskan dalam lalu lintas. Untuk tujuan ini, Audi urbansphere menggabungkan kemewahan privasi lengkap dengan rangkaian lengkap fitur berteknologi tinggi, bahkan selama jam-jam sibuk harian.

Teknologi mengemudi otomatis mengubah interior, di mana roda kemudi, pedal, atau layar tidak ada, menjadi ruang interaktif seluler yang menyediakan pintu gerbang ke ekosistem digital yang lebih luas.

Ukuran Interior

Dimensi Audi urbansphere merupakan terbesar di antara semua mobil konsep Audi selama ini. Dimensi besarnya – panjang 5,51 meter (18 kaki), lebar 2,01 meter (6,6 kaki), dan tinggi 1,78 meter (5,8 kaki) – menempatkannya di eselon atas dunia otomotif. Headroom berlimpah 1,78 meter (5,8 kaki).

Dimensi yang paling penting adalah jarak sumbu roda (wheelbase) yang tak tertandingi 3,40 meter (11,2 kaki). Interior Audi urbansphere tidak tunduk pada pepatah konvensional yang memeras sebanyak mungkin kursi, kompartemen penyimpanan, dan elemen fungsional ke dalam ruang yang dibatasi oleh fisika mengemudi. Sebaliknya, dia memprioritaskan kebutuhan para penghuni untuk merasakan ruang yang cukup sebagai faktor kenyamanan khas.

Pintu-pintu Audi urbansphere berengsel di bagian depan dan belakang; tidak ada pilar B. Hasilnya, seluruh dunia interior mobil terbuka, para penumpang bisa dengan cepat naik. Kursi-kursi dapat diputar ke luar dan karpet merah berupa cahaya diproyeksikan ke tanah di sebelah kendaraan mengubah pengalaman.

Kursi-kursinya juga memenuhi kebutuhan sosial para penumpang yang berubah dalam berbagai cara. Saat berbicara, mereka bisa saling berhadapan di kursi putar mereka. Di sisi lain, mereka yang ingin menyendiri dapat menyembunyikan area kepala mereka dari orang yang duduk di sebelahnya menggunakan layar privasi yang dipasang di belakang sandaran kepala. Selain itu, setiap kursi memiliki zona suaranya sendiri dengan speaker di area sandaran kepala. Monitor individu juga dipasang di bagian belakang kursi depan.

Ketika penumpang ingin menggunakan sistem infotainment bersama-sama, di sisi lain, ada layar OLED format besar dan transparan yang berputar secara vertikal dari area atap ke zona di antara deretan kursi.

Audi urbansphere juga memenuhi syarat sebagai zona kesehatan berkat opsi digital inovatif yang muncul tidak sedikit melalui masukan-masukan dari proses kreasi bersama dengan para pelanggan China. Deteksi stress adalah contoh utama – program adaptif ini menggunakan pemindaian wajah dan analisis suara untuk menentukan perasaan penumpang dan menawarkan saran relaksasi yang dipersonalisasi, misalnya dengan aplikasi meditasi yang dapat digunakan melalui layar pribadi dan zona suara pribadi di sandaran kepala.

Drive Sytem

Platform teknologi Audi urbansphere – Premium Platform Electric atau PPE – dirancang khusus untuk sistem penggerak baterai-listrik. Elemen kunci dari PPE adalah modul baterai di antara gandar (as roda), yang – seperti di Audi grandsphere – menampung sekitar 120 kwh energi. Audi telah berhasil mencapai tata letak baterai yang rata dengan menggunakan hampir seluruh alas kendaraan di antara as-as roda.

Dua motor listrik konsep Audi urbansphere mampu menghasilkan total output 295 kilowatt dan torsi sistem 690 newton meter. Audi urbansphere dilengkapi dengan penggerak empat-roda quattro permanen.

Mobil konsep ini memiliki satu motor listrik di masing-masing gandar depan dan belakang yang, melalui koordinasi elektronik, mengimplementasikan penggerak semua-roda yang tersedia secara permanen sesuai kebutuhan, menyeimbangkannya secara sempurna dengan persyaratan ekonomi dan jangkauan.

Salah satu fitur inovatif adalah bahwa motor listrik di gandar depan dapat dinonaktifkan sesuai kebutuhan untuk mengurangi gesekan dan konsumsi energi saat meluncur.

Hanya sepuluh menit sudah cukup untuk mengisi baterai ke tingkat yang cukup untuk menggerakkan mobil lebih dari 300 kilometer (186 mil). Selain itu, baterai 120 kwh ini dapat diisi dari 5 hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 25 menit, untuk menjelajah hingga 750 kilometer (466 mil).

Audi urbansphere, seperti kerabat terdekatnya dengan Audi grandsphere, memiliki fitur suspensi udara adaptif Audi – sistem suspensi udara ruang tunggal dengan kontrol peredam semi-aktif. Sistem ini menawarkan kenyamanan luar biasa. 

Kapankah Audi urbansphere akan diproduksi dan dijual? Kita tunggu saja. Ini akan menjadi alternatif Toyota Alphard. ##

  • 0
  • Share
Indra PrabowoTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!