Harga Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary

Otoloka.id- PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP terbaru untuk pasar big bike Indonesia. Istimewanya lagi, model supersport terbaru ini hadir dengan edisi khusus 30 tahun.

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP terinspirasi Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S namun disajikan untuk versi jalan raya. Namun dengan edisi 30th Anniversary dari Honda CBR1000RR-R Fireblade SP ini terasa lebih istimewa lagi berkat tampilan livery tricolor khas Honda, yakni kombinasi warna putih, merah dan biru.

”Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun siap berikan pengalaman berkendara tertinggi. Motor super kencang ini didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda,” kata Thomas Wijaya sebagai Marketing Director AHM.

Edisi Spesial 30 Tahun

Bukti penanda khusus Fireblade 30 tahun ini dibuktikan pada beberapa ciri khusus pada detail bodi motor. Warna dasar body putih, diberi aksen grafis warna biru pada sepatbor depan serta bagian belakang.

Lalu, teradapat kombinasi merah-biru terdapat pada bagian tangki, bodi samping dan depan, serta fairing. Identitas Honda Tricolor kian melekat dan sudah ada sejak pertama kali Fireblade dilahirkan.

Tak hanya itu, saat memutar kunci kontak sebelum menyalakan mesin, pengendara akan disapa di layar panel dengan tulisan khusus edisi 30 tahun. Bukti otentik lainnya, pada bagian setang juga terdapat penanda berupa serial number yang digoreskan menggunakan laser. Ciri lain, smart key sepeda motor ini juga sudah mendapatkan tulisan khusus edisi 30 tahun, termasuk juga pada bagian atas penutup tangki bahan bakar, serta goresan laser pada silencer (knalpot) Akrapovic-nya.

Performa Mumpuni Honda CBR1000RR-R Fireblade SP

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary mengusung mesin 4 silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Kehebatan dari sebuah motor istimewa ini pun memang serupa karena memiliki fitur yang sama pada mesin dan teknologi sasis yang mendukung sensasi berkendara di sirkuit.

Dibekali mesin berkapasitas 999,9cc DOHC 4-silinder inline, secara detailnya mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Secara spesifikasi, struktur mesin yang digendong sama persis dengan RC213V (bore x stroke : 81 mm x 48,5 mm).

Tenaganya maksimal tercatat 160 kW (215 hp) @14.500 rpm, dan torsi maksimal mencapai 112 Nm @12.500 rpm. Dengan piston terbuat dari bahan aluminium tempa (Forged Aluminium).

Keempat komponen tersebut (terdapat 4 buah) berbobot lebih ringan 5 persen dibandingkan model sebelumnya, sekaligus menaikkan kekuatan dan ketahanannya. Detail lain, bagian camshaft mempunyai lapisan khusus yang disebut Diamond Like Carbon (DLC) untuk mengurangi friksi hingga 35 persen jika dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC. Connecting rods (konrod). Dengan bahan titanium, bagian ini bobotnya berkurang 50 persen.

Fitur Canggih Honda CBR1000RR-R Fireblade SP

Perangkat canggih yang dibenamkan pada motor ini pun sangat lengkap untuk sebuah motor super kencang. Dengan begitu, performa tinggi sektor dapurpacu ini bakal diimbangi dengan hadirnya peranti elektronik paket lengkap. Honda membekali CBR1000RR-R Fireblade SP dengan sistem bukaan gas (throttle) via electrical wire yang presisi, akrab disebut Throttle by Wire. Terdapat Sensor advance Inertia Measurment Unit (IMU) 6-Axis juga yang mampu mengukur posisi sepeda motor dalam enam axis (sumbu).

Komponen peranti canggih ini mempunyai kinerja dengan Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

Untuk memberikan pengalaman berkendara yang seru dan mengesankan, motor ini dibekali dengan Riding Mode yang mempunyai tiga mode. Ketiga mode mampu mengatur untuk besaran tenaga (1-5), kontrol torsi HSTC (1-9), engine brake (1-3), wheelie control (1-3), dan suspensi (1-3). 

Paket tersebut semakin lengkap dengan hadirnya fitur Wheelie Control yang mencegah CBR1000RR-R Fireblade SP terangkat ban depannya karena berakselerasi terlalu cepat. Hal ini masih ditambah lagi dengan Rear Lift Control yang meniadakan potensi ban belakang terangkat karena mengerem terlalu dalam.

Honda CBR1000RR-R SP Fireblade 30th Anniversary (Edisi Spesial 30 Tahun) ini diniagakan dengan banderol Rp1,058 miliar on-the-road wilayah DKI Jakarta. Harga tersebut lebih murah sekitar Rp 75 juta dari Toyota Alphard. ##


  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!