MXGP Indonesia 2022 Siap Digelar Promosikan Wisata NTB

Otoloka.id- MXGP Indonesia kembali singgah ke Tanah Air dan siap digelar pada 24 hingga 26 Juni 2022 di Sumbawa, Samota, Nusa Tenggara Barat (NTB). Informasi ini diumumkan secara resmi oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Kamis sore di Jakarta (19/5/2022).

Disebutkan pula bahwa persiapan gelaran ajang balap garuk tanah tingkat internasional ini telah dilakukan sejak awal tahun 2022 oleh Sport Talenta Indonesia (STI) sebagai kontraktor MXGP of Indonesia. STI bekerja sama dengan Infront selaku pemegang hak pelaksanaan MXGP di dunia.

“Saya lihat keberhasilan di MotoGP Mandalika kemarin, kita ingin bawa event MXGP ini ke Sumbawa. Dahulu Sumbawa pernah mengguncang dunia lewat gunung Tambora," ujar Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, saat jumpa pers MXGP Of Indonesia 2022 di Jakarta, Kamis 19 Mei 2022.

Setelah sukses menyelenggarakan MotoGP pada 18-20 Maret 2022, dan World Superbike pada 11-13 November 2021, kini di bawah kepemimpinan Gubernur Zulkieflimansyah, mereka juga ingin buktikan kalau MXGP Indonesia bisa digelar di NTB.

"Mungkin masih banyak yang meragukan, tapi dengan komitmen pemerintah daerah provinsi NTB dan dukungan IMI yang luar biasa, kami yakin penonton bukan hanya disuguhkan persaingan yang hebat MXGP, tapi juga akan mendapatkan pengalaman spriritual yang luar biasa,” tambahnya.

Tahun ini MXGP Indonesia kembali digelar setelah 2 tahun absen selama pandemic Covid-19, dengan pelaksanaan terakhir tahun 2019 di Palembang dan Semarang.Perjalanan MXGP di Indonesia dimulai tahun 2017 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, dan menjadi tolok ukur olahraga motocross di Indonesia dengan animo pembalap yang semakin besar dan minat penonton yang terus bertambah setiap tahunnya.

“MXGP Indonesia ini akan semakin memperkuat destinasi wisata NTB yang tidak hanya terkenal dengan wisata alam berupa pantai dan pegunungan hingga wisata budaya. NTB kini juga memiliki kekuatan wisata dalam bentuk Sport Automotive Tourism,” tambah Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Bamsoet memaparkan bahwa hampir 1,6 miliar penonton dunia menyaksikan MotoGP Mandalika. Bukan hanya kegiatan ekonomi, tetapi promosi pariwisatanya menjangkau hampir seluruh dunia

Alasan pemilihan lokasi di wilayah Saleh, Moyo, Tambora (Samota) Sumbawa karena daerah ini merupakan integrasi dari 3 kawasan indah yang cukup populer di dunia. MXGP diharapkan menjadi entry point untuk Samota agar dapat lebih dikenal dunia, seperti yang dialami Mandalika dengan penyelenggaraan MotoGP.

Penyelenggara mentargetkan 75.000 orang penonton menghadiri perhelatan selama 3 hari di Samota dengan beragam acara pendukung MXGP of Indonesia 2022. Tiket akan dijual dengan berbagai platform yang akan diumumkan dalam waktu dekat.


  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!