Operasi Patuh 2022 Dilakukan dengan Metode Tilang Elektronik

Otoloka.id- Lalu lintas merupakan ruang publik, yang di dalamnya berisi berbagai macam karakter pengendara. Supaya mereka bisa patuh dan disiplin dalam berkendara, Korlantas Polri selaku otoritas terkait lalu lintas akan melaksanakan Operasi Patuh 2022 pada tanggal 13 hingga 26 Juni 2022.

Namun sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, dilakukan latihan pra-Operasi Patuh di lantai 4 Gedung NTMC Polri supaya ketika dilaksanakan, kegiatan tersebut berjalan lancar. Latihan yang digelar pada 6 Juni kemarin, dipimpin langsung oleh Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi.

“Operasi Patuh 2022 mengedepankan tindakan prefentif (imbauan) dan preventif (pencegahan)  penegakan hukum dengan dua cara, yakni dengan tilang, baik itu dengan tilang elektronik (ETLE) statis dan mobile serta dengan penindakan teguran. Jadi tidak ada pelaksanaan penegakan hukum dengan tilang manual,” paparnya.

Eddy juga menambahkan, bahwa sasaran utama Operasi Patuh 2022 adalah untuk meningkatkan kesadaran dan ketertiban berlalu lintas tiap pengendara. Namun ada tujuan lain yang ingin dicapai oleh pihak Kepolisian, yaitu menurunkan angka pelanggaran dan jumlah korban kecelakaan lalu lintas, karena terjadinya kecelakaan salah satunya berasal dari pengendara tidak tertib.

Mengenai praktiknya sendiri, petugas di lapangan yang nanti bertugas, diharapkan sudah paham betul terkait sasaran Operasi Patuh 2022, sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan optimal. Kesungguhan petugas dalam menegakkan disiplin pada masyarakat juga diminta supaya kegiatan tersebut berjalan efektif.

Tiap petugas di lapangan yang bekerja, Eddy menekankan supaya melakukan tindakan melalui pendekatan humanis dalam melakukan sosialisasi, edukasi, dan imbauan ke masyarakat. Tak hanya lakukan tindakan langsung di lapangan, nantinya petugas juga menyebarkan informasi terkait disiplin berkendara melalui media sosial supaya lebih banyak masyarakat yang teredukasi.

“Kepada masyarakat juga, mari bersama-sama kita dengan petugas untuk lebih tertib berlalu lintas. Siapkan semuanya, kendaraan, fisik, surat-suratnya, taati aturan-aturan yang ada selama berlalu lintas, jadi kita bersama bisa menyelamatkan anak bangsa,” pungkas Eddy.

Hayo, apakah kamu dan kendaraan kamu sudah layak untuk berlalu lintas? 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!