Oppo Rilis Carlink, Platform Bantuan Multifungsi untuk Kendaraan

Otoloka.id- Tak puas dengan hanya dengan membuat ponsel dan beberapa perangkat pendukung, perusahaan teknologi Oppo juga melebarkan sayap lewat perangkat lunak yang dipasangkan pada kendaraan.

Yap, perangkat lunak tersebut mirip-mirip lah sama Apple CarPlay, atau Android Auto. Oppo menyebut platform tersebut dengan nama Carlink.

Dikutip dari autoevolution.com, Carlink besutan Oppo memang dihadirkan untuk mendigitalkan pengalaman dalam berkendara, dan itu akan menjadi satu platform satu atap yang akan menangani segala kebutuhan berkendara.

Platform tersebut sudah diterapkan pada Apple yang bukan hanya membantu navigasi, melakukan panggilan, atau menjadikan sistem pada aplikasi tersebut sebagai kunci mobil. platform tersebut sudah dapat tersedia pada mobil-mobil BMW keluaran terbaru yang saling kompatibel.

Selain Apple, perusahaan teknologi asal Korea Samsung juga menghadirkan fitur serupa pada ponsel keluaran terbaru mereka.

Selain sebagai kunci mobil, ponsel canggih tersebut juga dapat dipakai untuk mengatur posisi kursi pengemudi juga. Saat ini Samsung bekerja dengan perusahaan otomotif Genesis yang juga asal Korea.

Baca juga: Sekarang, Handphone Samsung bisa Menjadi Kunci Mobil

Oppo menyadari, bahwa sistem tersebut memang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi memang saat ini kendaraan dan ponsel merupakan dua barang yang sangat dibutuhkan.

Sistem kontrol kendaraan jarak jauh memang bukan hal yang baru dalam dunia teknologi. Apalagi beberapa perusahaan yang embuat kendaraan juga menghadirkan fitur serupa, melalui aplikasi besutan mereka sendiri.

Perusahaan China ini telah menjalin kerja sama dengan beberapa pabrikan kendaraan, untuk mempersiapkan platform tersebut.

Gayung bersambut, beberapa pembuat kendaraan tersebut banyak yang menyetujuinya untuk dijadikan platform gabungan, yang nantinya akan diproduksi secara massal.

Bisa dibilang, tiap-tiap raksasa teknologi di tiap negara memang ingin menjadi penguasa. Minimal itu dimulai dari negaranya sendiri, dan menjalin mitra dengan perusahaan otomotif besutan negara tersebut.

Ya, seperti Samsung dengan Genesis yang sesama perusahaan Korea, dan mungkin Oppo nantinya bekerja sama dengan WulingDFSK, dan beberapa perusahaan otomotif asal China lain.

Tapi bisa juga, Oppo ekspansi antar negara, seperti yang terjadi pada Apple dan BMW. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!