Paris Makin Ketat Berlakukan Regulasi Rendah Emisi

Otoloka.id- Untuk mengurangi emisi karbon, Prancis telah membuat beberapa regulasi dalam beberapa tahun terakhir. Di Paris misalnya, sudah menerapkan Zona Rendah Emisi yang makin ketat dari sejak pertama dibuat.

Pada September 2001, pemerintah setempat telah melaukan pembatasan pada kendaraan komersial seperti bus dan truk dengan berat 3,5 ton lebih, yang diproduksi sebelum tahun 2001 untuk melintasi jalanan kota Paris.

Seperti yang dikutip dari rideapart.com, setahun berselang, peraturannya diperluas lagi pada mobil penumpang yang diproduksi sebelum tahun 1997, dan sepeda motor yang diproduksi sebelum tahun 2000.

Pada 1 juni 2021 lalu, Paris menaikkan standar regulasinya, yaitu membatasi sepeda motor dan skuter yang diproduksi sebelum tahun 2004 tidak bisa melewati kota Paris antara pukul delapan pagi sampai delapan malam.

Sementara itu, Paris dijadwalkan pada 1 Juli 2022 akan kembali melakukan pembatasan yang lebih ketat, dengan membatasi sepeda motor dan skuter yang diproduksi sebelum tahun 2007 untuk melintasi jalanan kota Paris.

Untuk bisa melintasi jalanan kota Paris, kendaraan harus dipasangi sticker Crit’Air atau Certificat Qualite de L’air, yang berarti kendaraan tersebut telah lulus uji emisi sesuai dengan yang berlaku di Perancis. Saat ini, standar emisi yang berlaku masih Crit’Air 2, atau Euro 3.

Sebagai bagian untuk pengetatan kendaraan, Paris akan memasang kamera yang dipasang untuk mengatur jalan Prancis. Kamera tersebut akan memantau stiker kendaraan yang ditampilkan oleh sepeda motor dan skuter yang bepergian melalui ibu kota negara.

Saat ini kamera tersebut hanya berguna untuk menangkap sticker Crit’Air yang terpasang di mobil saja, namun kamera baru yang dalam waktu dekat akan dipasang, akan mudah untuk melihat sticker yang dipasang di sepeda motor. Jika terbukti tidak sesuai dengan standar yang berlaku, maka akan secara otomatis kena tilang.

Cara lain yang ditempuh untuk membuat City of Lights makin hijau adalah dengan moratorium berupa program insentif, dengan tujuan untuk meyakinkan penduduk kota untuk beralih ke mobilitas listrik.

Hal tersebut dilakukan lantaran Prancis merupakan salah satu negara yang sepakat untuk melarang kendaraan bermesin internal untuk dijual pada tahun 2030 mendatang. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!