Pasar Bertumbuh, Daihatsu Xenia Catat Kenaikan Penjualan Dua Kali Lipat

Otoloka.id- Dari Januari sampai November 2021, penjualan di pasar otomotif Indonesia mengalami kenaikan, dengan penjualan sebesar 790 ribu unit secara total, dan 761 ribu unit disumbang dari penjualan ritel. Kenaikan tersebut juga dirasakan oleh Daihatsu dengan raihan penjualan sebanyak 149.113 unit secara total.

Hal tersebut, berarti Daihatsu memberikan sumbangsih sebanyak 18,9 persen di pasar nasional, dengan 17,5 persennya atau sebanyak 132.950 unit yang bersumber dari penjualan unit mobil Daihatsu secara ritel.

Dari data yang dirilis Daihatsu hari ini (16/12), di bulan November ini saja, lini produk mereka mengalami peningkatan penjualan sebesar 4 persen dari bulan lalu dengan jumlah 14.861 unit, yang pada Oktober meraih penjualan sebanyak 14.301 unit. Kenaikan penjualan tersebut, sekaligus menjadi penjualan tertinggi Daihatsu selama 2021.

Baca juga: Ini Dia Harga Toyota Agya Bekas, Bisa Jadi Alternatif Mobil Pilihan!

Dari total penjualan yang didapat Daihatsu, disumbang oleh tiga lini produk mereka yang paling laris, yaitu Xenia dengan raihan sebanyak 1.555 unit yang naik sebesar 210% dibandingkan bulan sebelumnya, yang kedua adalah Terios sebanyak 1.746 unit, dan Rocky dengan jumlah 1.080 unit.

MPV Xenia yang menjadi penyumbang persentase terbesar penjualan Daihatsu, berasal dari Grand New Xenia sebanyak 1.087 unit dengan presentase 70 persen, dan All New Xenia 468 unit dengan presentase 30 persen.

Untuk model All New Xenia yang terjual pada November 2021, menurut Daihatsu varian mesin 1.3 liter menjadi yang paling banyak dibeli dengan presentase 73 persen. Sementara mesin 1.5 liter dipesan pelanggan dengan presentase 27 persen.

Baca juga: Beli Mobil Suzuki di Akhir Tahun 2021 Banyak Untungnya, Apa Saja?

Sementara untuk varian tipenya, Daihatsu juga mencatat bahwa All New Xenia 1.3R M/T merupakan yang paling banyak dipesan dengan presentase 33 persen, disusul oleh tipe 1.3R CVT dengan presentase 25 persen, dan yang terakhir adalah 1.5R CVT dengan presentase 13 persen.

Sedangkan untuk pilihan warna, dari tujuh warna yang disediakan pada All New Xenia, lima warna yang paling banyak dipesan pelanggan adalah Silver dengan presentase 46 persen, Abu-abu sebanyak 13 persen, disusul hitam 12 persen, warna Putih 11 persen, dan Hijau Gunmetal dengan presentase sebanyak 9 persen.

“Kami bersyukur, melihat capaian Xenia yang terjual 2 kali lipat dari rata-rata per-bulannya, membuktikan bahwa Xenia terus mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia, baik untuk All New Xenia, maupun Xenia model sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!