Penjualan di Januari 2022 Turun, Daihatsu Malah Cetak Sejarah Market Share Tertinggi

Otoloka.id- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil mencatatkan penjualan retail sebanyak 17.506 unit dan market share sebesar 22,3 persen di januari 2022 lalu. Raihan ini juga membuat market share Daihatsu cetak rekor tertinggi di Indonesia sepanjang sejarah.

Padahal, jika dibandingkan pencapaian Daihatsu Desember 2021 lalu, terjadi penurunan sebesar empat persen dengan membukukan penjualan retail sebanyak 18.200 unit.
Pihak menjelaskan bahwa penurunan ini masih lebih rendah kalau dibandingkan market otomotif Tanah Air secara keseluruhan.

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan awal tahun 2022 dengan mencetak rekor market share tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT ADM.

Dalam hal kontribusi model, penjualan Daihatsu pada Januari 2022 terbagi menjadi 2 komposisi dengan jenis kendaraan penumpang sebesar 71%, dan jenis kendaraan niaga 29%.

Untuk mobil penumpang, Daihatsu Sigra secara berturut-turut berhasil mendominasi sebanyak 4,9 ribu unit, atau berkontribusi 28%; disusul Ayla 2,4 ribu unit (14%); All New Xenia 1,9 ribu unit (11%); Terios 1,3 ribu unit (8%); dan Rocky 1,2 ribu (7%). Sedangkan untuk jenis kendaraan niaga, ada Gran Max PU (Pick Up) berkontribusi 3,8 ribu unit (22%); disusul GM MB (termasuk Blind Van) 1,4 ribu unit (8%).

Mobil Daihatsu Terkena Insentif PPnBM DTP

Kabar baik pun berlanjut di awal tahun 2022, dimana pemerintah juga melanjutkan pemberian insentif PPnBM DTP untuk jenis kendaraan LCGC (Low Cost Green Car), dan non LCGC.

Insentif pada model LCGC diberikan pada kuartal I dengan tariff PPnBM 0%; kuartal II sebesar 1%; kuartal III (2%); dan pada kuartal IV tariff PPnBM yang dikenakan akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 3%. Khusus segmen ini, Daihatsu mengajukan kedua modelnya untuk Sigra, dan Ayla dengan keseluruhan total 22 variannya agar dapat menikmati fasilitas ini.

Sedangkan untuk model non LCGC, insentif diberikan pada kuartal I dengan tariff PPnBM sebesar 7,5%; serta kuartal II hingga kuartal IV yang akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 15%. Beberapa model Daihatsu lainnya yang telah didaftarkan dengan memenuhi persyaratan ini seperti, All New Xenia, Rocky, dan Terios dengan total 29 varian.

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!