Perusahaan Amerika Kembangkan Pengisi Daya Listrik Tenaga Angin dan Matahari

Otoloka.id- Saat ini, dunia memang mendapat tantangan untuk menghadirkna teknologi yang lebih ramah lingkungan dan lebih bersih. Salah satunya adalah stasiun pengisi daya kendaraan listrik yang berasal dari tenaga angin dan matahari.

Ide cemerlang tersebut digagas oleh perusahaan Amerika Change Wind Corporation, yang menghadirkan merek dagang bernama Wind & Solar Tower. Unit tersebut, akan mampu mengisi daya kendaraan listrik secara cepat.

Seperti dikutip dari autoevolution.com, hanya membutuhkan lahan seluas dua meter persegi, dengan penambahan tower setinggi 24,9 meter untuk menangkap cahaya matahari dan angin.

Di bawahnya terdapat baterai dengan kapasitas megawatt. Dalam sistem tersebut ada enam titik pengisian daya yang terpasang. Tiap titik pengisi daya, memiliki kapasitas daya sebesar 20 kW.

Ide ini sebenarnya dibuat untuk tujuan pertanian, dengan sistem turbin tradisional. Di tengah jalan, mereka mendapatkan ide untuk masalah yang berbeda, yang saat ini lebi dibutuhkan, yaitu pengisi daya kendaraan listrik.

Menurut penemunya, dalam menara angin dan matahari tersebut dipasangkan magnet permanen, dengan begitu maka teknologi akan menghilangkan kontak antra bagian yang bergerak, serta mengurangi gesekan yang membuat keluaran listrik lebih besar.

Girboks sekuensial yang dioperasikan melalui komputer, dapat menghasilkan dari kecepatan angin 8 km/jam sampai 121 km/jam. Sementara untuk panel tenaga surya membantu untuk meraih lebih banyak daya listrik untuk baterai dengan kapasitas 1 megawatt.

Meski penemuan itu merupakan ide cemerlang, namun pengisi daya yang berbasis energi terbarunya sudah banyak yang membuatnya, tetapi mereka membuat sistem secara terpisah, belum ada yang menggabungkan antara tenaga angin dan matahari dalam satu kesatuan seperti yang ada pada Wind & Solar Tower.

Klaim dari pencipta sistem tersebut, Wind & Solar Tower dapat menghasilkan daya listrik 169.000 kWh setiap tahunnya, dan sumber daya listrik yang dihasilkan dapat digunakan berkendara sejauh 965.606 kilometer, di mana hingga 8.400 kendaraan listrik diisi ulang setiap tahun, yang memungkinkan hingga enam kendaraan untuk diisi secara bersamaan.

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!