Peugeot Hadirkan Aksesoris yang dicetak Pakai Mesin 3 Dimensi

Otoloka.id- Peugeot melalui sub brand Peugeot Lifestyle menghadirkan aksesoris yang dibuat dengan pencetakan 3 dimensi, di mana proses tersebut pertama kali diaplikasikan pada aksesoris otomotif. Tak hanya inovatif karena dicetak dengan mesin 3 dimensi saja, tetapi aksesoris tersebut juga menggunakan bahan polimer yang fleksibel.

Aksesoris tersebut, khusus dibuat untuk lini produk Peugeot 308 dengan hasil kerja sama antara tim desain, produk, serta tim penelitian dan pengembangan Peugeot bersama perusahaan teknologi Hewlett Packard (HP) Inc, Mader, dan ERPRO.

Untuk membuat aksesoris yang saat ini berupa tempat kaca mata, botol minum, dan ponsel, Peugeot Lifestyle menggunakan mesin cetakan 3D HP Multi Jet Fusion. Peugeot mengatakan, dengan pencetakan 3D diharapkan pabrikan asal Perancis tersebut dapat menghadirkan produk-produk yang inovatif.

Dalam proses pengerjaannya, aksesori yang dibuat telah analisis secara terperinci. Salah satunya seperti tentang bagaimana pelanggan menggunakan penyimpanan di dalam mobil. Karena bahan tradisional tidak memenuhi spesifikasi, akhirnya tim desain Peugeot menemukan spesifikasi yang sesuai standar melalu cetakan 3D.

Peugeot mengklaim, bahwa aksesoris yang dicetak melalu mesin 3D, sangat fleksibel dan ramah lingkungan. Ini lantaran pencetakan 3D menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, tanpa perlu membuat cetakan dan alat manufaktur seperti injection moulding yang harganya mahal.

Selain fleksibel dan ramah lingkungan, teknik cetakan melalui mesin 3D memiliki kelebihan lain berupa kebebasan desain. Tim pengembang mampu membuat aksesoris dengan kompleksitas yang tak bisa dihasilkan dari mesin cetak injeksi.

Sementara itu, Peugeot juga mengklaim bahwa tim desain dan pengembang telah menemukan campuran bahan yang tepat untuk aksesoris 3D mereka, yaitu Ultrasint Thermoplastic Polyurethane (TPU) dengan campuran aditif lain.

Mereka juga mengatakan, bahwa bahan tersebut sangat sempurna untuk aksesoris lantaran selain fleksibel, tetapi juga tahan lama, dan kuat. Hal tersebut penting karena bahan yang fleksibel mampu menyerap benturan dengan baik.

Tak heran, kalau Peugeot memiliki rencana lain, yaitu akan menggunakan bahan TPU untuk interior mobil mereka. Anak perusahaan dari Stellantis tersebut bahkan sudah mengajukan paten terkait bahan TPU untuk interior atau bagian lain yang bersifat teknis. <IDR>

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!