Pinkie, Adaptor OBD2 Portable yang Dapat Mendiagnosa Kerusakan Mobil

Otoloka.id- Ketika terjadi masalah pada mobil, banyak mekanik yang menggunakan alat untuk mendiagnosa kerusakan. Namun alat tersebut punya ukuran besar dan harus dicolok ke sumber daya. Indiegogo membuat terobosan berupa alat diagnosa yang dapat dibawa-bawa.

Penemuan tersebut tentu saja memiliki pengaruh yang lumayan besar, apalagi populasi kendaraan di dunia semakin banyak. Alat diagnosa kerusakan yang dibuat oleh Indiegogo tersebut dinamakan Pinkie.

Seperti yang dikutip dari autoevolution.com, Pinkie bekerja dengan menggunakan kecerdasan buatan alias artificial intelligent untuk mengecek status kesehatan mobil. Tak hanya itu, alat tersebut juga dapat memprediksi kapan kerusakan tertentu pada mobil dapat muncul.

Sejatinya, Pinkie merupakan OBD2 atau On Board Diagnostic II yang menjadi generasi kedua dari On Board Self Diagnostic yang diperuntukkan kendaraan ringan dan menengah. Untuk bekerja, Pinkie harus selalu dicolokkan ke kendaraan.

Baca juga: Hyundai Stop Pengembangan Mesin Internal, Fokus ke Elektrifikasi

Penemu dari alat tersebut mengungkapkan bahwa Pinkie mengintegrasikan mikroprosessor berdaya ultra rendah, yang membaca setiap data kendaraan secara real time. Tak heran, perangkat tersebut mampu melakukan analisis secara instan.

Setelah melakukan pembacaan data, lalu data tersebut akan ditransfer melalui cloud. Nah, kecerdasan buatan memainkan peran untuk menganalisis apakah ada potensi kerusakan atau tidak. Pinkie memberikan kemudahan dalam pembacaan diagnosis agar mudah dipahami oleh pemilik kendaraan.

Selain perangkat yang berupa adaptor, Pinkie juga harus dipasangkan dengan aplikasi yang harus dipasang di ponsel. Nantinya, hasil diagnosa yang ditampilkan berupa model 3 dimensi, dan mampu diperbesar maupun diperkecil, diputar secara 360 derajat.

Hal ini ditujukan agar pemilik kendaraan menjadi lebih mudah untuk mencari di mana letak kerusakan atau potensi kerusakan yang terjadi, sehingga lebih mudah untuk menghubungi mekanik, dan menceritakan keluhannya.

Baca juga: Waduh, SUV Hyundai Seharga Satu Miliar ini Kena Recall di Indonesia 

Meski ide dari pembuatan perangkat tersebut keren, namun masih perlu digali lebih lanjut, apakah benar-benar berguna bagi pemilik kendaraan. Karena, Pinkie merupakan perangkat yang statusnya masih konsep dan masih dalam tahap pengembangan.

Untuk menjadikan perangkat tersebut bisa diproduksi secara massal, Indiegogo bakal melakukan kampanye crowdfunding, yang saat ini belum diberi tahu kapan dimulainya. Pasalnya, inovasi tersebut juga baru diluncurkan beberapa hari belakangan ini. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!