Porsche Taycan Cetak Rekor sebagai Mobil Listrik Pertama yang Menjelajahi Ketinggian

Otoloka.id- Salah satu cara untuk memasarkan kendaraan adalah dengan mencetak rekor tertentu. Dan hal itu yang dilakukan Porsche, yang telah mencetak rekor penjelajahan ketinggian dengan model listrik mereka, yaitu Taycan 4 Cross Turismo.

Rekor yang telah dicetak tersebut, merupakan rekor pertama untuk penjelajahan di ketinggian yang dilakukan oleh mobil listrik. Dan itu dikeluarkan oleh Guniness World of Records dengan penganugerahan ‘the greatest altitude change ever achieved by an electric car – 4.842,967 metres’.

Untuk melakukan penjelajahan tersebut, Porsche memulainya dari titik terendah yang dapat diakses di Amerika Serikat, yaitu pertambangan tembaga yang terletak di daerah Michigan, seperti yang dikutip dari drive.com.au.

Saat itu, Porsche bekerja sama dengan operator tambang untuk menentukan titik perjalanan, yaitu di titik terendah penggalian tambang tersebut dengan kedalaman 540,8 meter di bawah permukaan laut.

Dalam melakukan penjelajahan, Porsche Taycan 4 Cross Turismo dikendarai oleh empat awak, yang di antaranya berisi seorang drifter dan pemanjat tebing asal Jepang Dai Yoshihara. Penjelajahan tersebut dilakukan dengan melintasi enam negara bagian Amerika.

Titik puncak yang menjadi tujuan dari pecahnya rekor adalah di gunung Pikes Peak, yang berada di wilayah Colorado. Gunung tersebut berada di ketinggian sekitar 4.302 meter di atas permukaan laut.

Dari titik awal keberangkatan di pertambangan tembaga, melintasi enam negara bagian, dan sampai pada puncak tertinggi, Porsche Taycan 4 Cross Turismo berhasil menjelajahi dengan ketinggian 4.842 meter lebih di atas permukaan laut.

Untuk memecahkan rekor menjelajah ketinggian, Taycan 4 Cross Turismo yang memecahkan rekor ditenagai oleh motor listrik ganda yang menghasilkan 420 kW  'overboost', dipasangkan dengan baterai 93,4 kWh yang berteknologi 800-volt dengan menawarkan jangkauan 436 kilometer.

Model tersebut memang berbeda dengan Taycan biasanya, yang mengadopsi desain coupe murni. Kalau Cross Turismo bagian buritannya lebih tinggi, yang berfungsi untuk membawa muatan lebih. Bagian fendernya pun dikelir dengan warna hitam, khas mobil cross country. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!