BMW M2 2022 jadi Model Pertama Perayaan Ulang Tahun ke-50 Divisi M

Otoloka.id- Tahun ini (2022) merupakan tahun spesial bagi M BMW lantaran menjadi perayaan ulang tahun ke-50 divisi spesialis meracik BMW performa tinggi. BMW M2 menjadi salah satu model debut yang diluncurkan sebagai bagian dari perayaannya.

Meski perayaan ulang tahun ke-50 divisi M berada di era elektrifikasi, nampaknya mereka memiliki rencana lain yang tetap menghadirkan lini produk bermesin pembakaran internal di tahun ini. Walau sub-merek tersebut sudah menghadirkan model performa tinggi yang bertenaga listrik.

BMW M2 2022 yang kemungkinan akan dirilis pada akhir tahun ini, akan menggunakan kode bodi G87 yang berarti mengadopsi model coupe. Model tersebut akan diracik untuk memiliki performa mumpuni, yang terinspirasi dari model awal, yaitu M2 Mk1.

Divisi M yang berarti ‘Motorsport’ ini, nantinya akan mengambil basis BMW M2 2022 dari model standar BMW seri 2, yaitu M240i. Lalu, M2 terbaru ini akan dicangkok mesin yang lebih besar berkode S58 enam silinder segaris twin turbo milik M3 dan M4.

Hasilnya adalah, BMW M2 2022 akan memiliki tenaga puncak sebesar 435 daya kuda. Dilansir dari autocar.co.uk, keluaran tenaga BMW M2 2022 akan lebih besar 20 daya kuda ketimbang M2 Mk1. Untuk berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam, hanya membutuhkan waktu sekitar 4 detik.

BMW M menghadirkan BMW M2 2022 dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman murni dalam berkendara. Makanya model tersebut juga dibekali dengan sistem transmisi manual 6 percepatan, meski tak menutup kemungkinan untuk menghadirkan transmisi steptronik 8-percepatan.

Selain itu, model tersebut bagian kerangka body-nya dibuat lebih kaku, suspensi yang disetting ulang, dan telah diatur mengenai distribusi bobot dengan perbandingan 50:50. Distribusi bobot tersebut juga ditemui pada BMW M240i.

Semenjak diluncurkan, generasi pertama dari BMW M2 menjadi salah satu pemimpin pasar mobil berjenis sport coupe. Model tersebut menjadi salah satu yang diminati, sehingga BMW M mencatatkan rekor penjualan sebanyak 160 ribu unit di tahun 2021. <IDR>

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!