Otoloka.id - Rekomendasi mobil pick up bekas ini wajib diketahui bagi para calon pebisnis. Mobil khusus seperti pick up ini memang secara spesifik digunakan untuk berniaga atau untuk kebutuhan komersial. 

Di saat banyak sekali berseliweran mobil-mobil yang fungsinya hanya untuk membawa penumpang, ternyata mobil-mobil untuk mengangkut barang juga penting peranannya.

Di Indonesia, mobil-mobil niaga seperti pick up sudah semakin banyak, terus mengalami perkembangan, dan produsennya pun semakin beragam. 

Melihat sejarahnya, masuknya mobil pick up di Indonesia sudah dimulai sejak awal tahun 1950-an yang didominasi oleh merk-merk seperti Chevrolet, Ford, Dodge, De Soto dan Fargo.

Di awal tahun 1970-an, kendaraan impor mulai diregulasi oleh pemerintah dengan mengharuskan para pemasok untuk mendirikan Agen Tunggal Pemegang Merk (APTM). 

Hal ini langsung direspon salah satunya oleh PT Astra Internasional yang memulai bisnis otomotif dengan menyuntikkan dana di eks pabrik General Motors yang diakuisisi pemerintah dengan mengganti nama Gaya Motor.

Baca juga: Daftar Mobil Pickup dan Harganya, Mau Pilih Yang Mana?

Rekomendasi Mobil Pick Up Bekas, Cocok Buat Yang Mau Bisnis!

Di tahun yang sama, Sjarnoebi Said juga menandatangai perjanjian dengan Mitsubishi Corporation untuk mendirikan industri kendaran bermotor di tanah air untuk menunjang pembangunan terutama dibidang ekonomi dan transportasi. 

Kemudian pada tahun 1971, Mitsubishi Colt T100 masuk ke tanah air di segmen kendaraan niaga ringan. Setahun setelahnya Colt T120 juga ikut dipasarkan sebagai kendaraan umum berdampingan oplet dan bemo.

PT Krama Yudha Tiga Berlian sebagai ATPM resmi Mitsubishi pada tahun 1973 akhirnya resmi memasarkan produk mereka yang akhirnya mengakhiri dominasi produsen oplet yang sebelumnya dirajai pabrikan Eropa.

Pada tahun 1976, PT SIS mulai memasok Suzuki Carry ST10 sebagai produk Carry pertama yang beredar di Indonesia. Di tahun berikutnya Carry ST20 mulai diproduksi secara lokal dan langsung mendapatkan tempat antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat Indonesia.

Kisah sukses Carry pick up sudah banyak melegenda terutama di kalangan petani dan pengusaha Indonesia timur. 

Sebagai mobil pengangkut barang dengan bentuk yang kompak, tenaga dari Carry pick up juga cukup bisa diperhitungkan. 

Saat di daerah tersebut lebih banyak beredar truk-truk besar yang hanya bisa melalui jalan-jalan besar, Carry pick up bisa menjangkau ke daerah terpencil dengan daya angkut yang cukup besar.

Baca juga: Ada Empat Model SUV Besutan Mitsubishi, Pilih Mana?

Bukan itu saja, Suzuki Carry juga sangat dikenal sebagai mobil pengangkut penumpang komersial alias angkot yang mungkin hingga kini masih banyak beredar terutama di daerah Jabodetabek.

Hingga saat ini Suzuki Carry dan Carry pick up masih jadi top of mind masyarakat jika membicarakan dan atau dalam memilih mobil niaga ringan sebagai opsi.

Pilihan yang semakin beragam ini juga mempermudah para pengguna dalam menentukan kendaraan mereka. 

Mobil pick up yang berfungsi untuk membawa barang, secara harga pastinya berbeda dengan mobil-mobil penumpang pada umumnya.

Untuk mendapatkan unit terbaru mobil pick up bisa didapatkan mulai dari harga Rp 80 jutaan sampai dengan Rp 200 jutaan. 

Tetapi jangan khawatir, mobil pick up sendiri saat ini masih bisa didapatkan unit bekasnya dengan harga yang lebih ekonomis. Mulai dari Rp 30 jutaan sampai Rp 50 jutaan, mobil pick up bekas bisa dimiliki dan siap untuk beroperasi.

Rekomendasi Mobil Pick Up Bekas

Daihatsu Gran Max

Per-bulan September 2021 harga mobil pick up bekas makin bersahabat yaitu sekitar Rp 50 jutaan. Kendati demikian, untuk mendapatkan mobil pick up bekas juga tidak bisa sembarangan.

Para konsumen perlu memperhatikan beberapa hal untuk memastikan kondisi mobil aman untuk digunakan. Salah satu rekomendasi mobil pick up bekas Rp 50 jutaan yang pertama adalah Daihatsu Gran Max.

Daihatsu Gran Max terutama keluaran tahun 2006 menjadi rekomendasi mobil pick up bekas di angka Rp50 jutaan yang sudah terbukti selama 15 tahun terakhir untuk menjadi opsi mobil niaga.

Mobil pick up bekas Daihatsu Gran Max ini dibekali dua varian mesin, 3SZ-VE, DOHC VVTi 1.500 cc dan K3-DE 1.300 cc. 

Mesin pick up 1.500 cc mampu melaju dengan tenaga 88 hp dengan torsi 114 Nm. Sedangkan mesin 1.300 cc melaju dengan tenaga 97 hp dan torsi 140 Nm.

Suzuki Mega Carry Pick Up

Rekomendasi mobil pick up bekas berikutnya adalah Suzuki Mega Carry Pick up tahun 2010 yang merupakan upgrade dari Carry seri lama. Mobil pick up ini dibekali mesin bertenaga 1.500 cc yang bisa menghasilkan tenaga 91 hp dan torsi mencapai 126 Nm. 

Suzuki Mega Carry Pick up memiliki daya tampung kotor 1.900 kg dan memiliki sistem transmisi 5 percepatan. Untuk unit bekasnya, Suzuki Mega Carry Pick up dibanderol dengan kisaran harga Rp50 jutaan.

Model lainnya, yaitu Suzuki Carry pick up adalah salah satu merk produsen Jepang ternama yang sudah tidak diragukan lagi performanya. 

Dengan mesin berkapasitas 1493 cc berkekuatan 75 hp dengan torsi mencapai 120 Nm, pada tahun 2019 tercatat penjualan di kelas ini didominasi hingga 50% oleh Suzuki pick up Carry.

Isuzu Panther Pick Up

Mobil pick up bekas berikutnya yang direkomendasikan adalah Isuzu Panther Pick up yang juga cukup melegenda dan banyak wara-wiri di kelasnya. 

Dengan bekal mesin yang cukup besar yaitu 2.599 cc, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 86 hp dan torsi mencapai 175 Nm. 

Tidak heran jika hingga saat ini Isuzu masih terus merilis varian Pick up nya. Untuk unit bekasnya, Isuzu Panther Pick Up mulai ditawarkan dengan banderol harga Rp60 jutaan.

Daihatsu Hi Max Pick Up

Daihatsu Hi Max Pick Up jadi rekomendasi berikutnya bagi konsumen yang berminat untuk meminang unit bekasnya. Dengan desain yang ringkas, mobil yang satu ini jadi pilihan pick up murah dan hemat tempat. 

Daihatsu Hi Max Pick up mulai ditawarkan dengan harga Rp55 jutaan dengan bekal mesin 1000 cc 3 silinder. 

Dengan mesin tersebut, mobil ini bisa melaju dengan tenaga 56 hp dan mencapai torsi hingga 85 Nm. Daya angkut Daihatsu Hi Max juga cukup besar, yaitu mencapai 1 ton.

Baca juga: Apapun Kelebihan dan Kekurangannya, Mitsubishi L300 Tetap Ikonik

Daihatsu Zebra Pick Up

Pada bulan Oktober tercatat juga beberapa rekomendasi unit pick bekas lain. Salah satunya adalah Daihatsu Zebra Pick up keluaran tahun 2007 yang sekarang unit bekasnya mulai ditawarkan dengan kisaran harga Rp27 jutaan. 

Generasi terakhir dari mobil yang mulai dipasarkan sejak tahun 1986 ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah mesinnya yang bandel, bodinya yang cukup besar dan tentunya irit bahan bakar.

Secara penampilan Daihatsu Zebra Pick up masih terbilang menawan mengingat usianya yang tak lagi muda.

Menurut beberapa informasi, kekurangan yang ada pada mobil ini adalah mesinnya yang cepat panas, suspensi agak keras, dan seringkali mogok, terutama pada varian Daihatsu Zebra yang masih menggunakan pengapian platina.

Itulah tadi beberapa rekomendasi mobil pick up bekas yang bisa dijadikan pertimbangan. Semoga penjelasan tentang mobil-mobil pick up diatas bisa berguna.

Ingat, jangan hanya melihat merk tapi perhatikan juga kondisi mesin, kaki-kaki dan pendukung lainnya demi kenyamanan dan keamanan.


  • 0
  • Share
Yunita EfendiTidak ada Biodata penulis
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!