OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Berita>
  • Rifat Sungkar Ungkap Rahasia Mitsubishi Xpander AP4 Jadi Buas
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Rifat Sungkar Ungkap Rahasia Mitsubishi Xpander AP4 Jadi Buas

Dilihat 842
Deni Ferlindungan
14 Apr 2021, 13:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Mitsubishi Xpander AP4 menuai hasil positif di ajang Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021, yang berlangsung di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten pada 10-11 April 2021 lalu. Di ajang itu, Rifat Sungkar sang joki Xpander AP4 didampingi M. Redwan sebagai navigator sukses meraih juara grup M.

"Alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara dengan mengandalkan Xpander AP4 yang berbasis dari model Mitsubishi Xpander. Event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya," ungkap Rifat dalam keterangan resminya kepada Otoloka.

Lebih dalam membahas Mitsubishi Xpander AP4, Rifat bersama Xpander Rally Team (XRT) harus melalui perjalanan panjang dalam memodifikasi Xpander standar ke Xpander AP4. Ada sejumlah faktor yang membuat Xpander AP4 jadi begitu buas dilintasan Rally.

Menurut Rifat, bobot dan handling begitu menentukan kesuksesannya bersama XRT merancang Xpander AP4. "Xpander punya weight balance sangat baik, antara depan dan belakang. Basis ini membuatnya punya pengendalian yang bagus," papar Rifat.

Bobot Mempengaruhi Performa Mitsubishi Xpander AP4

Dalam merancang Mitsubishi Xpander AP4, Rifat bersama XRT tentunya melakukan sejumlah ubahan dan adaptasi lain yang disesuaikan dengan regulasi AP4. Segala usaha yang dilakukan pun menuai hasil positif.

Untuk diketahui, Mitsubishi Xpander AP4 dibangun dari basis Xpander Cross. Mobil ini harus diet bobot sekira 1.230 kg (bermesin 1.600 cc) dan 1.300 kg (bermesin 1.800 cc). Proses modifikasi Xpander AP4 diketahui turut melepas dan mengganti parts bawaan pabrikan.

Contohnya seperti melepas kaca jendela, yang seluruhya diganti plexiglass atau kaca akrilik. Ternyata ubahan itu saja sudah mampu memangkas bobot bodi hingga 8 kilogram.

Tak sebatas itu saja, MPV itu juga kini dibekali dengan bahan serat karbon di sejumlah bagian. Sisi interior juga dilepas untuk dapat menghasilkan bobot yang lebih ringan.

Baca juga: Mitsubishi Xpander AP4 Kembali Berjaya di Arena Rally Nasional

"Karena di dunia motorsport, menghemat berat adalah segalanya. Semakin enteng mobilnya, semakin bagus handlingnya," jelas Rifat dalam pesan singkat kepada Otoloka, Selasa (13/4/2021).

Rifat turut menerangkan bahwa dimensi dan bobot Xpander yang besar dari kebanyakan mobil lain dipakai dalam AP4 jadi tantangan tersendiri. Xpander AP4 masih overweight atau kelebihan bobot.

Pun begitu, tak mematahkan semangat Rifat dan XRT untuk menggarap MPV berlogo tiga berlian itu. Rifat bersama tim sukses menyusutkan bobot Xpander AP4 hingga menyentuh 1.350 kg dengan mesin 1.6 liter plus turbocharger.

Mengandalkan Mesin Evo Series

Sekadar informasi, untuk memenuhi regulasi mesin yang dipilih jatuh kepada 1.600 cc turbocharged. Mesin bawaan Xpander dirombak dengan blok milik keluarga Evo (4B11).

Jangan anggap enteng tenaga yang dihasilkan, mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 340 daya kuda, sudah sejalan dengan batasan regulasi AP4. Posisi di ruang mesin pun berbeda dari versi Xpander standar. Sudah diatur sedemikian rupa, supaya dapat memberi distribusi bobot dan aerodinamika sesuai prefensi balap.

Adapun pemilihan mesin Evo untuk Xpander AP4 bukan tanpa alasan. Rifat mengklaim untuk memenuhi aturan AP4, terlebih tidak ada larangan untuk menggunakan seri mesin yang dimiliki oleh satu pabrikan.

"Engine series mobil ini banyak dan mesin 1.600 cc Mitsubishi itu banyak. Pakai 2.000 cc diturunin, tidak haram!" jelas Rifat.

Baca juga: Pajero Sport Tak Dapat Diskon PPnBM, Mitsubishi Siapkan Strategi Baru

Dari sejumlah ubahan di atas, maka jangan heran kalau Xpander AP4 mampu meraih podium balap reli nasional. Pencapaian positif Rifat bersama XRT layak mendapat sorotan.

"Selamat dan apresiasi tertinggi untuk Rifat Sungkar dan Xpander Rally Team yang telah berhasil menjuarai Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 dengan Xpander AP4. Ini kembali membuktikan beragam keunggulan Mitsubishi Xpander, yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga favorit, namun juara di kompetisi motor sport," tukas Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Orang Lain Juga Melihat

    Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya