Setelah 12 Tahun Berkiprah, VW Polo Produksi India Akan Stop Produksi

Otoloka.id- Setiap negara memang tak selalu update mengenai generasi sebuah lini produk. Salah satunya adalah Volkswagen (VW) India yang belum lama ini masih memproduksi Polo generasi ke-lima untuk pasar dalam negeri.

Padahal, di belahan negara lain, VW saat ini sudah memasarkan Polo generasi enam yang sudah dipasarkan sejak 2018 silam.

VW India memproduksi Polo gen 5 dalam kurun waktu sekitar 12 tahun, yang memulai debutnya pada 2009 di pabrik VW yang berada di wilayah Chakan, Maharashtra. Model tersebut menjadi hatchback entry level yang paling laris di India, dengan penjualan lebih dari 250 ribu unit.

Dilansir dari autocarindia.com, 12 tahun rasanya cukup untuk VW India menjual Polo gen 5. Apalagi di pasar dalam negeri terdapat penurunan penjualan karena sudah usang. Lebih jauh adalah masalah memperkecil produksi di dalam pabrik.

Selain Polo, model lain yang tak lagi diproduksi adalah Vento, produk turunan Polo yang berbodi sedan untuk digantikan oleh VW Virtus sebagai model dengan platform VW New Global Sedan yang belum lama ini dikenalkan.

Polo dan Vento memang berbagi platform. Keduanya mengadopsi arsitektur PQ yang diproduksi di pabrik Chakan, dengan penjualan sekitar 1.000 unit dalam sebulan. Kapasitas produksi tersebut, nantinya akan dipindah untuk memproduksi Taigun.

Kiprahnya mengaspal selama 12 tahun, tentunya VW India tetap memberikan penyegaran untuk Polo gen 5 agar selalu bisa update dengan teknologi terkini dan memenuhi kebutuhan pasar. Salah satunya adalah dengan ditenagai oleh 10 jenis mesin yang berbeda.

Meski terbilang lawas, konsumen India tetap menikmati Polo generasi ke-lima lantaran hatchback tersebut memiliki daya tarik berupa tampilannya yang khas. Kualitas eksterior dan interior yang kokoh juga menjadikannya tetap disenangi.

Saat ini, VW India lagi fokus untuk memproduksi produk dengan basis MQB-A0-IN, yaitu Taigun dan Virtus. Platform tersebut ternyata juga dipakai sebagai dasar untuk Polo generasi Enam yang dipasarkan di negara berkembang.

Menanggapi hal itu, Ashish Gupta selaku Direktur VW India akan mengevaluasi kehadiran Polo generasi enam di India.

Ia juga menambahkan, bahwa akan memerlukan beberapa rekayasa ulang untuk menghadirkan Polo generasi ke-enam di bawah platform global yang memiliki panjang empat meter untuk mengakali pajak yang dikenakan pemerintah terkait.

Tapi, rencana jangka pendek mereka saat ini adalah menjadikan Taigun dan Virtus model yang sukses mendongkrak penjualan VW di India. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!