Sewa Mobil Pasca Pandemi TRAC Kewalahan Penuhi Permintaan

Otoloka.id - Mulai dilonggarkannya masyarakat bepergian jauh, ternyata berdampak di bisnis sewa mobil yang digawangi PT Serasi Autoraya yang menjalankan TRAC Astra Rent A Car mulai marak. Diyakini hingga kini alami kekurangan untuk ketersediaan unit kendaraan.

Halomoan Fischer, selaku Chief Operating Officer TRAC di Sera Grup Media Gathering, Selasa, (31/5) menyatakan bahwa industri rental kendaraan sangat terkait dengan mobilitas masyarakat. “Ketika masyarakat mobilitasnya mulai meningkat, permintaan sewa mobil juga meningkat. Hal ini terlihat dari banyak pekerja yang sudah mulai Work from Office (WFO),” ujarnya.

Akibat pandemi, banyak pemain rental kendaraan tak bisa berbuat banyak karena adanya pembatasan masyarakat selama dua tahun. Bahkan TRAC juga melakukan seleksi penyewaan kendaraan saat mudik masih dilarang tahun 2020 dan 2021. Melihat peningkatan positif ketika tahun 2022 masyarakat diperbolehkan melakukan perjalanan jauh untuk mudik lebaran.

“Semua pemain menunggu kabar baik, termasuk TRAC. Ketika sudah fix boleh mudik, semua kendaraan yang ada di Jawa, Sumatera hingga Bali langsung habis tersewa. Padahal ada kenaikan harga sewa hingga 20%, tapi ternyata habis juga unit kendaraan tersewa,” beber pria murah senyum ini.


Dirinya menambahkan bahwa pada masa pendemik Covid-19, sewa paling tinggi hanya di angka 800 unit perbulan, tapi tahun 2022 bisa menyentuh di angka 1.200 unit sebulan. “Kebijakan mudik ini tentunya menjadi kabar baik bagi para pebisnis rental kendaraan. Bahkan kami sampai menambah stok unit agar bisa memenuhi pesanan,” yakinnya.

Halomoan Fischer juga mengingatkan lagi kepada masyarakat bahwa mereka punya teknologi yang memudahkan dalam penyewaan kendaraan, dapat diunduh melalui aplikasi Google Play atau Apple App Store. Aplikasi TRACtoGO, memungkinkan pelanggan bisa memilih tipe kendaraan yang ingin disewa, mulai dari kendaraan penumpang hingga Luxury Bus.

“Selama pembatasan sosial masyarakat, ternyata penyewaan kendaraan bus mewah cukup positif. Tidak bisanya mereka liburan ke luar negeri, akhirnya berwisata lokal bersama keluarga besar gunakan bus. Kami punya banyak pilihan bus sesuai kebutuhan,” jelas Fischer.

  • 0
  • Share
Kusnadi ChahyonoTerjun di media otomotif sejak tahun 2003, sebelumnya sudah terlibat dengan peliputan jurnalis dan fotografer lifestyle sejak tahun 2001. Senang membahas roda dua dan roda empat serta balap nasional dan internasional. Berbicang dan berbagi pengalaman dengan para penggemar otomotif akan selalu menyenangkan dan banyak pengetahuan baru.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!