• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Simak Cara Kerja Mesin Rotary

Dilihat 4495
EKO
15 Sep 2021, 23:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

rotary engine

Otoloka.id- Bicara mengenai mesin, yang akrab di telinga kita bahwa mesin mempunyai piston. Tetapi, ada satu jenis mesin yang sama sekali tidak memakai piston untuk bekerja. Jenis mesin ini dikembangkan oleh Felix Wankel pada tahun 1924, tidak heran kalau mesin rotary juga akrab disebut mesin wankel, atau mesin putar wankel.

Secara garis besar, mesin rotary memiliki kesamaan dengan mesin berpiston, karena sama-sama menggunakan sistem pembakaran internal. Yaitu terjadi proses pengkabutan, kompresi, lalu pembakaran untuk menghasilkan tenaga, dan pembilasan yang diteruskan ke jalur pembuangan. Bedanya, kerja piston yang naik turun diganti dengan rotor berbentuk segitiga yang berputar mengorbit di rumah rotor yang berbentuk oval.

 rotary engine

Kelebihan Mesin Rotary

Bekerja dengan rotor yang berputar, membuat mesin rotary memiliki kelebihan dari segi efisiensi pekerjaan. Ini karena dalam mesin rotary bagian mesin yang bergerak sedikit, bayangkan saja, dalam satu proses menciptakan tenaga, rotor hanya butuh satu kali putaran. Belum lagi, tidak ada part lain seperti camshaft dan pelatuk yang membuat efisien terhadap komponen.

Selain itu, mesin rotor juga lebih halus atau minim getaran. Karena kinerja mesin yang berputar searah, sangat berbeda dengan mesin berpiston karena harus bergerak melawan gravitasi yang pastinya lebih banyak menimbulkan getaran. Mesin rotary juga terbilang irit perawatan, karena tidak banyak part yang bekerja.

 

Kelemahan Mesin Rotary

Karena rotor berputar di medan yang berbentuk oval, ini menyebabkan banyaknya campuran uap bahan bakar dan udara yang masuk, membuat mesin ini dikenal boros.belum lagi, penyebab borosnya bahan bakar ini berasal dari kompresi yang rendah yang juga berpengaruh pada jeleknya emisi gas buang.

Memiliki ruang bakar berbentuk oval, membuat mesin rotary tidak bisa disematkan teknologi pendinginan mesin. Makanya panas mesin menjadi keluhan bagi pemilik kendaraan bermesin rotary.

Selain itu, mesin ini kurang familiar di mata masyarakat, membuat mesin rotary diproduksi terbatas, dan membuat biaya produksi lebih tinggi. Jadi paham, kan kenapa Mazda tidak lagi memproduksi RX8 dan menghentikan pengembangan mesin rotary mereka.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya