• Home>
  • Berita>
  • Spesifikasi Bus Listrik Garapan UI, Mampu Menempuh Jarak 300 Km
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Spesifikasi Bus Listrik Garapan UI, Mampu Menempuh Jarak 300 Km

Ismet
2022-06-13 14:16:49
loading...

Otoloka.id- Universitas Indonesia (UI) melakukan penyerahan secara sombolik bus listrik kepada pemerintah, Jumat lalu (10/6/2022). Bus listrik ini merupakan hasil riset dan rancangan UI untuk mendukung penyelenggaraan Presidensi G20.

Prosesi penyerahan bus listrik dilakukan oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, Ph. D. kepada pemerintah melalui Menteri Perhubungan, Dr. (HC)., Ir. Budi Karya Sumadi di Balai Sidang, Kampus UI Depok.

Bus listrik tersebut mulai dari platform chassis, sistem penggerak, sistem rem, sistem kendali, inverter, dashboard, dan sistem pendinginnya (air conditioning) dirancang oleh para ahli UI dan dibangun oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri.

Dengan demikian, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) bus ini adalah yang tertinggi di Indonesia untuk kelas bus berukuran besar, yaitu ukuran panjang 12 meter dan bobot maksimal 16 ton.

Bus listrik tersebut dapat terwujud berkat dukungan Pemerintah melalui Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP) yang menginvestasikan dana pengembangan sebesar Rp12,65 miliar untuk pengembangan platform bus listrik dan Rp5 miliar untuk pengembangan sistem penggerak (motor listrik) oleh UI. Saat ini, kegiatan pengembangan telah sepenuhnya selesai dan UI melalui mitra PT Mobil Anak Bangsa (MAB) telah siap mengkomersialkan hasil penelitian berupa bus listrik.

Bus yang diserahkan juga telah siap melalui uji tipe sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan. Saat ini, bus listrik UI adalah satu-satunya prototipe bus berukuran besar hasil penelitian universitas di Indonesia yang siap disertifikasi uji tipe, dan setelahnya siap digunakan di jalan raya.

“Dengan ini, UI menyerahkan Bus Listrik kepada pemerintah sebagai salah satu sarana transportasi penyelenggaraan Presidensi G20,” ungkap Profesor Ari Kuncoro selaku Rektor UI.

Melalui Bidang Riset dan Inovasi, UI terus memberikan dukungan baik berupa pendanaan, fasilitasi kerja sama dengan mitra industri, dukungan infrastruktur dan fasilitasi compliance terhadap regulasi untuk produk inovasi kepada para peneliti. Bus listrik yang dihasilkan UI contohnya, dapat dibeli dengan harga sangat bersaing (sekitar 5 miliar Rupiah) dan sudah sesuai dengan regulasi pemerintah terkait kendaraan yang beroperasi di jalan raya berkat dukungan tersebut. 

Penelitian kendaraan listrik UI juga telah melahirkan perusahaan pemula (startup) teknologi, yaitu PT NSAD yang sangat mumpuni dalam bidang perancangan sistem elektronika dan kendali di tingkat nasional.

Dalam sambutannya, Direktur LPDP Andin Hadiyanto menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi setinggi - tingginya kepada Tim UI yang telah berhasil menyelesaikan prototipe Bus Listrik siap uji tipe. 

“Hasil tersebut bukanlah sesuatu yang instan karena telah melalui jalan panjang penelitian selama kurang lebih 10 tahun proses yang telah dijalani dan telah menghasilkan output yang tidak hanya berupa produk fisik (tangible), tetapi juga output dan outcome yang tak ternilai (intangible) di antaranya adalah talenta periset kendaraan listrik (dosen/mahasiswa/ alumni), kekayaan intelektual (KI), peningkatan kapasitas lembaga dan lain–lain,” kata Andin menjelaskan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyinggung Instruksi Bapak Presiden tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang diarahkan untuk mengarusutamakan belanja APBN maupun APBD untuk produk dalam negeri. Hal ini dikaitkan dengan potensi pasar bus yang sifatnya captive. Misalnya, potensi pasar untuk bus trans kota. Banyak Pemerintah Daerah yang sudah memiliki armada bus trans kotanya (seperti Transjakarta, Trans Solo, Trans JogJa, Trans Deli, Bus Kita).

Spesifikasi Bus Listrik UI

Bus listrik ini merupakan bus perkotaan dengan low entrance deck. Dengan dimensi panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,7 meter. Untuk konfigurasi tempat duduk atau kursinya ditempatkan secara berhadap-hadapan layaknya bus kota, bus UI ini diklaim mampu menampung hingga 64 penumpang.

Pihak UI mengklaim bahwa bus listrik ini mampu menempuh jarak sejauh 300 kilometer dalam sekali pengisian baterai penuh dan memiliki kecepatan maksimum hingga 130 Km/jam dengan transmisi semi otomatik atau AMT.

Sayangnya belum ada informasi jelas terkait spesifikasi tenaga dan torsi dari motor listrik yang digunakan, termasuk kapasitas baterainya.

Ikuti media sosial kita:
  • loading...
  • Suka 1
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset