Standar Pelayanan Bengkel Resmi Yamaha, Apa Saja Kelebihannya?

Otoloka.id- Kepuasan konsumen menjadi salah satu unsur penting untuk bisa tetap eksis diterima pasar. Yamaha Indonesia dengan berbagai produknya, memiliki strategi untuk meningkatkan pelayanan di setiap dealer dan bengkel resminya.

“Kami menerapkan Standar Operational Procedure (SOP) pada setiap dealer serta bengkel resmi Yamaha. Untuk itu, kami menerima masukan yang membangun dari para konsumen untuk meningkatkan kualitas pelayanan, dengan menyediakan kotak kritik dan saran di dealer dan bengkel resmi Yamaha,” ungkap Frengky Rusli selaku Chief Coordinator Yamaha FSS Jakarta.

Yamaha memiliki SOP unggulan yang ditawarkan kepada konsumen. Saat anda datang ke bengkel Yamaha untuk melakukan perawatan motor, inilah beberapa langkah mudahnya:

1. Konsumen dapat melakukan booking servis via telepon atau on the spot
2. Mengambil nomor antrian
3. Diberikan estimasi waktu tunggu
4. Setelah motor masuk dicek oleh mekanik menggunakan Yamaha Diagnostics Tools (YDT), masalah pada motor dijelaskan kepada service advisor (SA)
5. Kemudian SA memberikan penjelasan kepada konsumen mengenai kerusakan menggunakan hasil YDT
6. SA akan konfirmasi terlebih dahulu terkait part yang perlu diganti, biaya, dan estimasi waktu pada konsumen
7. Konsumen memutuskan
8. Setelah selesai, motor di uji coba kembali bersama konsumen sebelum dibawa pulang konsumen.

Yamaha Sediakan Servis Kunjung ke Rumah

Tak hanya bisa dilakukan di bengkel resmi Yamaha, konsumen juga bisa melakukan perawatan motor di rumah dengan memanfaatkan fasilitas Servis Kunjung Yamaha (SKY). Cara booking SKY bisa melalui whatsapp ke nomor 081314740914 untuk Jabodetabek atau melalui aplikasi MY Yamaha App dan teknisi Yamaha akan datang kerumah anda.

Saat melakukan perawatan sepeda motor, Yamaha mengikuti standar operasional prosedur dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada konsumen mengenai kerusakan, hingga menawarkan perbaikan, estimasi biaya dan waktu perbaikan.

“Hal ini maksudnya agar konsumen mendapatkan informasi yang jelas sebelum service dilakukan. Dan jika ada pergantian part, part lama yang rusak akan dikembalikan kepada konsumen, sebagai bukti bahwa part memang betul sudah diganti dengan yang baru,” tutur Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta.

Buku petunjuk manual servis dari Yamaha juga bisa dijadikan acuan. Tak hanya itu, aplikasi My Yamaha juga bisa digunakan untuk mengetahui history service motor termasuk pergantian part dapat terlihat rinci.

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!