Stellantis akan Pasok Toyota Lengkapi Pilihan LCV Berukuran Besar

Otoloka.id - Bisnis jasa antar barang di Eropa yang sangat menjanjikan, sudah dipersiapkan dengan matang oleh Stellantis N.V. dan Toyota Motor Europe N.V. (TME) melakukan kesepakatan. Sedianya akan menghadirkan mobil van komersial berukuran besar.

Adapun untuk mobil van komersial berukuran besar tersebut akan melengkapi yang sebelumnya sudah ditawarkan oleh TME di kelas compact dan mid-sized. Bekerjasama dengan Stellantis di Light Commercial Vehicle (LCV) di Eropa sejalan dengan target nyata Dare Forward 2030.

Keuntungan para konsumen TME akan menerapkan teknologi dari Stellantis berupa kendaraan komersial tanpa emisi gas buang yang memang dipasok oleh Stellantis. Kendaraan untuk Toyota tesebut akan diproduksi di fasilitas Stellantis di Gliwice, Polandia dan Atessa, Italia.

Bila sesuai dengan rencana untuk pertengahan tahun 2024, kendaran komersial berukuran besar tersebut akan menjadi produk pertama bagi TME masuk ke segmennya. “Keunggulan dalam operasional secara definisi diakui dalam kesepakatan yang telah disepakati bersama,” ujar Carlos Tavares, Stellantis CEO.


Melalui keterlibatan melanjutkan produk untuk ketiga kalinya hal ini membuat Stellantis semakin menunjukkan keahliannya di segmen kendaraan komersial. Dan, dalam mengembangkan teknologi baterai listrik yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan.

“Kesepakatan kali ini semakin memperkuat kemampuan kami di EU30 untuk LCV dan kendaraan rendah emisi. Serta selangkah lebih dekat merealisasikan tujuan Dare Forward 2030, menjadi pemimpin produsen LCV global dalam hal teknologi, manufaktur, pangsa pasar, dan profitabilitas,” beber Tavares.

Kolaborasi antar Stellantis dan TME sebelumnya sudah berlangsung sejak tahun 2012, saat itu memperoduksi mid-size LCV untuk Toyota di fasilitas Hordain di Prancis. Dilanjutkan pada tahun 2019 memproduksi compact-size LCV, dibuat di fasilitas Stellantis di Vigo, Spanyol.


Adapun untuk large-size LCV yang diumumkan hari ini, untuk melengkapi kolaborasi memungkinkan Toyota melengkapi jajaran LCV di Eropa. Melalui kerjasama memberikan keuntungan dalam hal pengembangan dan optimalisasi biaya produksi.

Matt Harrison, President and CEO di Toyota Motor Europe mengatakan bahwa kelanjutan kerjasama ini sangat penting bagi Toyota berkembang di pasar Eropa. “LCV terbaru ini menjadi kunci mewakili Toyota berkontribusi meningkatkan pasar LCV secara keseluruhan, bersama pickup Hilux, Proace dan Proace City, menjadikan Toyota sebagai solusi di segmen LCV,” yakin Matt.

  • 0
  • Share
Kusnadi ChahyonoTerjun di media otomotif sejak tahun 2003, sebelumnya sudah terlibat dengan peliputan jurnalis dan fotografer lifestyle sejak tahun 2001. Senang membahas roda dua dan roda empat serta balap nasional dan internasional. Berbicang dan berbagi pengalaman dengan para penggemar otomotif akan selalu menyenangkan dan banyak pengetahuan baru.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!