Stellantis Ciptakan Mesin Hurricane Twin Turbo 3.0 Liter

Otoloka.id- Pekan lalu (25/3), Stellantis Amerika Utara merilis sebuah mesin pembakaran internal bernama Hurricane, yang berkubikasi 3.0 liter enam-silinder segaris twin turbo. Mesin tersebut diklaim memiliki kelebihan berupa efisien bahan bakar, lebih bertenaga, dan rendah emisi.

Dengan konfigurasi inline, tenaga yang dihasilkan mesin Hurricane setara dengan mesin konfigurasi V8 naturally aspirated maupun mesin enam-silinder boosted. Bahkan, terdapat peningkatan efisiensi 15 persen ketimbang dua model mesin tersebut.

Ada dua jenis yang disediakan, yaitu Standart Output dan High Output. Untuk mesin Hurricane Standart Output, dikhususkan untuk mengakomodir efisiensi bahan bakar sekaligus mengurangi emisi gas buang, karena dibenamkan komponen bernama cooled exhaust gas recirculation (EGR). Varian mesin ini memiliki tenaga puncak 400 daya kuda, dengan torsi sebesar 610 Nm.

Sementara varian High Output, diciptakan untuk kebutuhan performa maksimal, dengan tenaga sebesar 500 daya kuda, dan torsi yang mencapai 644 Nm. Hurricane High Output memang berguna untuk mengail performa, sekaligus menjaga efisiensi bahan bakar seperti saat melakukan penarikan beban alias towing.

Komponen mesin Stellantis Hurricane terbuat dari aluminium cor untuk blok dan penampung oli, sementara noken as dan setang piston dibuat dari baja tempa. Untuk meningkatkan efisiensi, plat blok mesin diasah untuk mengoptimalkan lubang silinder.

Sementara itu, setiap turbocharger di mesin Hurricane memasok tiga-silinder. Dari sudut pandang kinerja, dua turbocharger yang lebih kecil dengan inersia lebih sedikit berputar lebih cepat dan memberikan dorongan ke mesin pada rpm lebih rendah daripada satu turbo besar.

“Mesin Hurricane twin-turbo adalah mesin tanpa kompromi yang menghasilkan penghematan bahan bakar lebih baik dan pengurangan penting dalam gas rumah kaca tanpa meminta pelanggan kami untuk melepaskan kinerja,” kata Micky Bly, kepala sistem propulsi Stellantis.

Stellantis selaku induk produsen-produsen otomotif Eropa dan Amerika Serikat ini juga mengklaim, bahwa kelebihan mesin Hurricane dapat menjadi jembatan bagi kendaraan-kendaraan mereka di era elektrifikasi.

“Karena Stellantis bertujuan untuk menjadi pemimpin AS dalam elektrifikasi, dengan bauran penjualan kendaraan baterai-listrik (BEV) 50% pada tahun 2030, mesin pembakaran internal akan memainkan peran kunci dalam portofolio kami untuk tahun-tahun mendatang dan kami berutang kepada pelanggan kami. dan lingkungan untuk menyediakan propulsi terbersih dan seefisien mungkin,” tutupnya.

Stellantis menaungi brand Jeep, Chrysler, Peugeot, Citroen, Maserati dan lain-lain. <IDR>

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!