Suzuki Catat Penjualan Tahun 2021, Produk Lokal Jadi Andalan

Otoloka.id- Meski tahun lalu menjadi tahun yang berat, namun di tahun yang sama juga menjadi masa yang menggembirakan bagi produsen otomotif di Indonesia. Salah satunya adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang membukukan penjualannya pada (22/2).

Dari rilisan yang diterima, Suzuki pada tahun lalu mencatat kenaikan penjualan wholesales sebesar 38,8 persen, sementara untuk ritel mendapat kenaikan sebesar 23,8 persen. Dari prestasi yang diterima tersebut, tiga produk buatan lokal Suzuki menjadi penyumbang yang paling besar.

Contohnya dari lini produk komersial, yaitu New Suzuki Carry yang menjadi tulang punggung penjualan selama tahun 2021, menyumbang penjualan sebesar 58 persen untuk wholesales maupun ritel. Lalu, diikuti oleh lini produk penumpang mereka, yaitu Suzuki XL7 dan All New Ertiga.

Suzuki XL7 sendiri telah menyumbangkan penjualan dengan peningkatan 18 persen untuk wholesales, dan ritel dengan pencapaian sebesar 16 persen. Selain itu, lini produk penumpang yang lain All New Ertiga menoreh catatan penjualan sebesar 12 persen untuk wholesales, dan 13 persen untuk ritel.

“Kami mengapresiasi para pelanggan setia Suzuki hingga kami berhasil mencatatkan peningkatan pada pembukuan penjualan nasional kami. Peningkatan ini merupakan salah satu dampak positif dari upaya Suzuki dalam menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan, meningkatkan kualitas produk, purna jual dan pelayanan, serta kesetiaan pelanggan terhadap kendaraan penumpang maupun komersil yang dimiliki Suzuki Indonesia,” papar Donny Saputra, selaku 4W Marketing Director PT SIS.

Meningkatnya penjualan tahun lalu yang diraih oleh XL7 dan All New Ertiga, tak lepas dari peran pemerintah melalui program relaksasi PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) pada tahun lalu. Kedua model tersebut memenuhi spesifikasi yang ditetapkan, lantaran memiliki kandungan lokal 60 persen, dan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc.

“Suzuki sudah lebih dari 50 tahun hadir bersama masyarakat Indonesia. Kepercayaan masyarakat akan produk Suzuki tentu memotivasi kami untuk terus menghadirkan kendaraan produksi dalam negeri yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan dengan kualitas berstandar global. Selain fokus pada pengembangan produk, kami juga akan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang Suzuki berikan. Kami berterima kasih kepada pelanggan Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia atas kepercayaan mereka terhadap Suzuki Indonesia,” tutup Donny.

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!