T-Mate, Generasi Lanjutan dari Toyota Safety Sense

Otoloka.id- Setiap pabrikan otomotif, saat ini memiliki nama pada teknologi sistem bantuan pengemudi di tiap lini produknya. Untuk Toyota, yang sekarang dikenal adalah Toyota Safety Sense.

Penyematan sistem keselamatan aktif tersebut sudah dilakukan pada lini produk Toyota di Indonesia, mulai dari MPV kelas bawah All New Avanza, sampai MPV kelas premium mereka, yaitu Alphard.

Namun, saat ini Toyota telah menghadirkan pembaharuan sistem tersebut, yang hasilnya menjadi lebih canggih dan lengkap lagi. Pabrikan asal Jepang tersebut menamainya T-Mate.

Seperti yang dikutip dari autodeal.com.ph, kehadiran sistem T-Mate bukan hanya soal penggantian nama saja, tetapi lebih jauh lagi yang berupa komitmen Toyota untuk masa depan yang lebih aman bagi pelanggan mereka.

Baca juga : 6 Mobil yang Pakai Sunroof di bawah Rp 500 juta, Apa Saja?

Sama seperti sistem Safety Sense, T-Mate juga berisi beberapa fitur bantuan pengemudi, seperti Pre-Collision System yang menghindari dari tabrakan depan pada pejalan kaki, maupun kendaraan lain. 

Ada juga fitur Road Sign Assist yang membantu pengemudi untuk membaca dan mengidentifikasi rambu-rambu di jalan seperti batas kecepatan.

Fitur lain yang ada pada T-Mate adalah Adaptive Cruise Control yang mengatur jarak dengan kendaraan di depan, jarak tersebut dapat diatur oleh pengemudi. Fitur Lane Trace Assist yang juga jadi bagian dari sistem T-Mate menjaga kendaraan untuk tetap berada di jalur.

Dalam T-Mate, ada juga fitur yang membantu untuk visibilitas pengemudi, yang bernama Automatic High Beam yang mampu menyesuaikan lampu depan secara otomatis, yang dikawinkan dengan fitur Adaptive High-Beam System.

Baca juga: Nuro Jalin Kerjasama dengan 7-Eleven sebagai Unit Pengiriman Barang Otonom

Sistem T-Mate juga dilengkapi dengan fitur bantuan parkir, yang akan memberi tahu mengenai tempat parkir kosong, lalu akan memarkirkan sendiri mobil. 

Selain itu, fitur Blind Spot Monitoring yang akan memperingatkan pengemudi terhadap kendaraan yang luput dari spion.

Untuk saat ini, lini produk Toyota yang disematkan sistem T-Mate akan sampai ke Filipina. Namun belum tahu pastinya kapan. 

Sementara di Indonesia, yang saat ini masih booming adalah sistem Toyota Safety Sense, semoga cepat menyusul juga. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!