Tantang Yamaha Nmax dan Honda PCX, Piaggio Bikin Mesin 150cc 4-Katup

Otoloka.id- Pabrikan sepeda motor asal China, Zongshen, dikabarkan tengah mengembangkan mesin skutik 150cc. Menariknya, mesin 150cc ini dikembangkan kerja sama dengan Piaggio Group.

Dikutip dari Mega China Motor, mesin yang disebut dengan nama G150S ini memiliki konstruksi yang mirip dengan kompetitor seperti Yamaha Nmax, Honda ADV150 dan beberapa skutik lainnya yang bermain di segmen tersebut.

Mesin G150S memiliki kapasitas 150cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan, injeksi. Mampu menghasilkan tenaga 11,5 Kw atau 15,4 tk dan torsi 14,5 Nm.

Mesin baru G150S baru ini mengadopsi kepala silinder integral, crankshaft baru, piston ringan, filtrasi oli sekunder. Mesin juga kompatibel dengan fitur milenial seperti silent start dan auto start stop.

Baca juga : Tingkatkan Keselamatan, Piaggio dan Autoliv Ciptakan Airbag untuk Motor

Piaggio Group Tergiur Pasar Skutik 150cc?

Belum diketahui apakah kerjasama ini hanya sekadar mesin atau berlanjut ke unit motornya. Namun tak mustahil ini menjadi rencana panjang ke depan di antara keduanya.

Diprediksi Piaggio Group juga tergiur untuk bermain di kelas 150cc akan memakai basis G150S ini.

Baca juga : Rayakan 10 Tahun di Indonesia, Piaggio Rilis Vespa Sprint 150 Edisi Terbatas

Apalagi dari kerja sama tersebut juga dikabarkan mereka ingin menghadirkan mesin skuter berkapasitas 150 cc yang nantinya akan disematkan pada skuter yang akan diniagakan untuk pasar Asia dan Eropa.

Beberapa fitur tersebut antara lain adalah keyless ignition, silent starter, serta fitur idling stop system yang mana mesin tersebut akan berhenti beroperasi saat lalu lintas padat atau pada saat lampu merah. Dikabarkan skuter 150cc ini bakal meluncur dalam waktu dekat. Kita tunggu perkembangan selanjutnya.


  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!