• Home>
  • Berita>
  • Teknologi SCR Quester Euro 5 Bikin Pemilik dan Sopir Truk Untung
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Teknologi SCR Quester Euro 5 Bikin Pemilik dan Sopir Truk Untung

Indra Prabowo
2022-04-12 18:24:46


OTOLOKA.ID – Memasuki era Euro 4 kendaraan diesel yang dijual di Indonesia, dealer Astra UD Trucks mengenalkan Quester Euro 5. Hebatnya truk Quester Euro 4 berbahan bakar Biosolar.

Agar emisi gas buang kendaraan diesel lebih ramah lingkungan sesuai regulasi Pemerintah, terdapat 2 teknologi yang bisa diaplikasi yakni Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Penggunaan Teknlogi Exhaust Gas Recirculation (EGR) membuat para pemilik kendaraan membeli bahan bakar bersulfur maksimal 50 ppm dan memiliki angka Cetane minimal 51 atau setara dengan Pertamina Dex.

UD Trucks Memilih SCR

Namun, UD Trucks memutuskan menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) yang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar BioSolar atau B30 atau Solar Subsidi dan tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5.

“Langkah kami ini merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia, ungkap Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks, kepada para wartawan, hari ini (12/4), di Jakarta.

Menurut Arie, Development UD Trucks, di banyak daerah di Indonesia masih banyak Solar dengan kadar sulfur lebih tinggi. Oleh sebab itu SCR akan lebih sesuai dipakai di Indonesia karena lebih tidak sensitive terhadap Solar bersulfur tinggi.

Quester Euro 5 tetap menggunakan mesin yang sama dengan mesin commonrail Quester yang diluncurkan pada 2015 dengan teknologi SCR.

SCR sendiri membutuhkan cairan urea (AdBlue) untuk disemprotkan ke gas buang untuk mengurangi kandungan NOx pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin, sehingga sesuai standar Euro 5.

Penggunaan Ad Blue sekitar 3-5% dari bahan bakar yang digunakan. Jika 1 liter Solar digunakan 3 Km, maka 1 Liter Ad Blue dapat digunakan untuk 75 Km.

Teknologi SCR beroperasi pada suhu ruang bakar mesin optimal (suhu tinggi), sehingga memberi para pemilik kendaraan keuntungan, di mana konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.

Dengan tidak adanya pergantian mesin maka seluruh suku cadang atau komponen relatif sama, sehingga mempermudah para pengusaha truk di dalam pengadaan part, edukasi mekanik dan pengemudi.

Lebih Hemat Biaya dengan SCR

“Kami telah membandingkan tambahan biaya truk yang menggunakan SCR dan EGR. Jika sebuah truk beroperasi dalam sebulan menempuh jarak 6.000 kilometer, dengan konsumsi BioSolar 1 liter per 3 kilometer, maka total BBM yang dibutuhkan 2.000 liter. Dan,dibutuhkan  AdBlue sebanyak 80 liter atau setara Rp 800.000,00,” ungkap Arif Nurrosyidi, Product & Development Astra UD Trucks.

Sementara truk EGR yang harus meminum Pertamina Dex membutuhkan biaya tujuh belasan juta rupiah lebih mahal dalam sebulan. Hitungannya seperti ini (harga Pertamina Dex Rp 13.700,00 – harga BioSolar Rp 5.150,00) x 2.000 liter = Rp 17.100.000,00 per bulan.

Lalu bisakah truk-truk SCR beroperasi tanpa AdBlue? Bisa, namun performanya akan turun sebesar 40%. Penurunan performa bisa dirasakan setelah sopir mengerem atau berhenti atau menyalakan dan menjalankan kendaraan kembali.

“Tanpa AdBlue, kendaraan masih bisa melaju, emisinya akan setara Euro 3 dan tidak menimbulkan kerusakan mesin,” terang Arif.

Kondisi ketersediaan AdBlue bisa dipantau oleh pengemudi via indicator di dashboard. Bahkan, pemilik truk atau manajer operasional dapat memantau penggunaan Ad Blue melalui fitur di UD Telematics.

Penyegaran Quester Euro 5

UD Trucks Quuester Euro 5 sebenarnya mendapat beberapa penyegaran yakni bagian instrument panel baru, terdapat system panduan bahan bakar, setir baru dan grille chrome. ##

 

  

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 1837
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Simulasi KreditSimulasi Asuransi
      *Tipe mobil
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan(Tahun)
      Silahkan pilih masa cicilan
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Hitung
      Reset