• Home>
  • Berita>
  • Tesla Menambahkan Mode Track pada Model S Plaid yang Sesuai dengan Kebutuhan Balap

Tesla Menambahkan Mode Track pada Model S Plaid yang Sesuai dengan Kebutuhan Balap

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
13 Jan 2022, 16:54
  • Suka 0

Otoloka.id- Pada 7 Januari lalu, Tesla mengabarkan bahwa mereka telah meluncurkan mode Track untuk Model S Plaid. Mode tersebut dapat digunakan sesudah pemilik Model S Plaid mengupdate perangkat lunak terbaru, yang dapat dilakukan secara nirkabel dengan Over The Air (OTA).

Sebelumnya, mode Track sudah diperkenalkan terlebih dahulu pada lini produk Tesla lain, yaitu Model 3 Performance. Kelebihan dari mode ini adalah, memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan kontrol stabilitas, mengoptimalkan pendinginan powertrain, dan menampilkan info kendaraan berupa G meter.

Seperti yang dikutip dari caranddriver.com, dalam pengujian mereka terhadap mobil tersebut sebelum adanya mode Track, Tesla Model S Plaid dapat melaju dengan skala 1,08 g ketika berakselerasi di trek lurus.

Namun, tim caranddriver menemukan kendala ketika mobil listrik ini dibawa berbelok, yaitu minimnya kontrol pengemudi terhadap setir. Ternyata hal tersebut terjadi dikarenakan kontrol stabilitas mobil yang tak bisa dimatikan.

Setelah mode Track menjadi fitur tambahan, kontrol stabilitas terhadap mobil dapat dikuasai sepenuhnya oleh pengemudi, yang bisa diatur secara penuh atau dengan beberapa penyesuaian.

Ketika pengujian berlangsung namun mode Track belum ada, ketika berbelok juga dirasa kurang nyaman, pasalnya pengemudi tak menemukan vektor torsi yang tepat saat berbelok. Apalagi kalau bukan karen kontrol stabilitas yang selalu aktif pada saat itu.

Dengan adanya mode Track ini, vektor torsi yang diinginkan saat berbelok dapat ditemukan. Ini karena kontrol stabilitas yang ada, dapat dimatikan sehingga motor listrik yang ada di belakang sapat berbelok, dapat menyesuaikan dengan gaya gravitasi.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh mode Track pada TeslaModel S Plaid adalah mampu mendinginkan powertrain, yang dipakai di lintasan balap dalam waktu lama. Tak hanya itu, sistem pengereman regeneratif juga tetap ada, yang juga berfungsi memperpanjang umur sistem pengereman.

Dalam perangkat lunak terbaru untuk Tesla Model S Plaid, tak hanya indikator G meter saja yang ada. Indikator lain seperti suhu powertrain, pengatur waktu putaran, dan lainnya juga disematkan, yang dapat dilihat melalui kluster digital dan layar sentuh berukuran 17 inci mobil tersebut. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan