• Home>
  • Berita>
  • Tiga Mobil Mungil ini Mendapat Skor Tinggi oleh Green NCAP

Tiga Mobil Mungil ini Mendapat Skor Tinggi oleh Green NCAP

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
5 Okt 2021, 23:49
  • Suka 0

green ncap

Otoloka.id- Pada Jumat, 30 September 2021, Green NCAP menerbitkan hasil uji mereka terkait hasil emisi gas buang terhadap 3 mobil yang laris di Inggris, yaitu Mazda 2, Ford Puma, dan DS 3 Crossback.

Green NCAP merupakan format penilaian independen terhadap kinerja mobil dalam hal emisi gas buang, dan efisiensi energi. Program ini merupakan pengembangan yang dilakukan oleh New Car Assesment Programme (NCAP), dan sudah meluncur sejak Februari 2019 silam.

Dalam Green NCAP, ada tiga hal yang menjadi indeks penilaian, yaitu Indeks Udara Bersih, Indeks Efisien Energi, dan Emisi Gas Rumah Kaca. Dalam penilaiannya, Green NCAP memberikan skala berupa bintang 0 sampai bintang lima.

Seperti yang dilansir dari thenewsmarket.com, hasil uji mereka terhadap ketiga mobil tersebut punya nilai yang cukup besar, walaupun semua mobil tesebut berukuran kecil.

Dalam penilaian tersebut, Mazda 2 meraih sebanyak tiga setengah bintang (3,5) karena mesin bensin 1.5 liter Skyactiv-G bagus dalam efisiensi energi yang mendapat indeks total 6,9/10. Selain efisien, Mazda 2 juga mendapat nilai baik dalah kontrol emisi polutan yang dihasilkan dari ruang bakar.

Di belakang Mazda 2, ada Ford Puma. Mobil crossover kecil ini meraih bintang tiga karena sangat baik dalam hal efisiensi energi dan pengendalian emisi gas berbahaya. Tipe yang dinilai pada Ford Puma adalah tipe yang bermesin bensin 1.0 liter hybrid.

Salah satu anak perusahaan dari Peugeot, DS melalui tipe 3 Crossback mendapat nilai dua setengah (2,5) bintang dalam hal efisiensi energi dan pengendalian emisi gas buang. Meskipun bermesin diesel 1.5 turbo, nyatanya mobil tersebut dengan baik mampu mereduksi gas buang berbahaya.

Aleksandar Damyanov dari Green NCAP mengatakan, “tes ini membuktikan bahwa mobil bermesin pembakaran modern dapat bekerja dengan baik. Pengujian Green NCAP kami harap akan mendorong produsen untuk berusaha keras mencapai tingkat pengendalian emisi terbaik, dan ini berarti menggunakan semua alat yang mereka miliki.”

Memang, ada beberapa penilaian yang mempengaruhi skor Green NCAP, namun tidak terdapat dalam regulasi emisi gas buang. Contohnya seperti polutan, amonia, dan NH3 yang penting namun tidak dibatasi oleh produsen mobil.

“Emisi amonia perlu dipertimbangkan dengan lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Filter partikulat melakukan pekerjaan yang baik dalam mengendalikan partikel yang sangat halus dan Mazda 2 akan bekerja lebih baik jika dilengkapi dengan filter partikel. Tapi bagaimanapun juga, selamat kepada Mazda atas performa yang impresif, terutama dalam hal konsumsi bahan bakar,” tambah Aleksandar. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

  • Mazda 2
    Mazda 2
    Mazda 2
    DP Mulai Dari:Rp 5,59 Jt/Bln

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan