Toyota 2000GT ‘Shelby’, jadi Sports Car Jepang Berharga Paling Mahal di Amerika

Otoloka.id- Bicara mengenai sports car, Toyota pernah mengeluarkan satu model bernama 2000GT pada tahun 1967 sampai 1969. Model tersebut diproduksi dengan jumlah terbatas, dan saat ini menjadi barang langka yang diincar kolektor.

Salah satu badan lelang bernama Gooding and Company, melelang salah satu dari 351 unit Toyota 2000GT yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Yang menarik adalah, yang dilelang merupakan model dengan modifikasi untuk berlaga di pentas balap.

Jadi, Toyota 2000GT yang dilelang oleh Gooding and Company merupakan model yang dulunya disiapkan untuk ajang balap Sports Car Club of America (SCCA) kategori C-Production Racing. Shelby engineer memodifikasinya dengan perangkat yang dikhususkan untuk keperluan balap.

Contohnya seperti penyematan dua knalpot megafon, kaliper rem Girling, shockbreaker KONI yang dapat disesuaikan, tiga karburator kembar besutan Weber dan velg berbahan magnesium buatan Halibrand khusus, yang dibalut ban balap Goodyear.

Sports car tersebut, setelah dilakukan sedikit ubahan memiliki performa yang mumpuni. Dengan  mesin bawaan 1.988 cc DOHC enam silinder segaris, tenaga puncak yang dihasilkan sebesar 210 daya kuda. Untuk melaju dari 0 sampai 100 kilometer per jam, mobil tersebut membutuhkan waktu 10 detik.

Ketika berlaga di ajang SCCA pada 1968, 2000 GT yang disiapkan Shelby beberapa kali meraih podium. Dengan dikendarai oleh Scooter Patrick dan Dave Jordan, tim Toyota-Shelby sempat menempati posisi ke-4 klasemen Kejuaraan Nasional SCCA, dengan raihan empat kali posisi pertama, delapan kali posisi kedua, dan enam kali finis sebagai posisi ketiga.

Saat itu, Dave Jordan memuji kinerja Toyota dengan menyatakan, “Itu adalah mobil yang hebat… Penanganannya sangat fenomenal. Rem hebat, sangat kaku. Satu-satunya hal yang kurang adalah pada pertengahan musim kami tidak dapat menandingi tenaga kuda yang dikembangkan Porsche.”

Dengan latar belakang sejarah yang lumayan besar, tak heran kalau balai lelang membuka harga untuk Toyota 2000GT Shelby dengan bukaan harga 2,75 juta Dollar sampai 3,5 juta Dollar Amerika. Namun, pada kenyataannya, mobil bersejarah tersebut hanya laku terjual dengan harga 2,535 juta Dollar atau seharga 36,4 miliar Rupiah. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!