Toyota Fortuner Hybrid Siap Meluncur Tahun Depan

Otoloka.id- Toyota Fortuner Hybrid dikabarkan siap meluncur tahun depan. Model SUV Toyota tersebut sudah sangat lama bertengger menguasai di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dan kali ini siap beradaptasi di era elektrifikasi.

Seperti dilansir media Thailand, Headlightmag, Toyota Fortuner dilaporkan akan mengusung mesin diesel dengan teknologi mild-hybrid.

Informasi yang didapat juga menyebutkan bahwa mesin yang akan digunakan adalah mesin diesel 1GD 4 silinder DOHC 16 katup 2.800c dengan turbo. Itu berarti sama dengan mesin Fortuner 2.8 yang dijual di Indonesia saat ini. Bedanya, Fortuner masa depan ini akan menggendong mesin diesel bersistem mild-hybrid yang menggunakan alternator.

Toyota Fortuner generasi ketiga ini juga akan dibangun di atas platform TNGA-F dan dikabarkan siap meluncur pada tahun depan. Mobil ini dijadwalkan siap meluncur pada tahun 2023 dan akan dijual lebih murah dari Fortuner Legender saat ini agar tetap bersaing di pasar SUV.

Teknologi mild-hybrid yang dibenamkan di Toyota Fortuner ini memiliki sistem kinerja yang diklaim yang membuat kinerja mesin lebih efisien dan ramah lingkungan. Sistem hybrid ringan Fortuner terbaru ini membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Mesin akan mati saat mobil berhenti. Sistem ini juga mengurangi polusi saat akselerasi dan AC pun menggunakan daya baterai. Sistem mild-hybrid juga diklaim meningkatkan torsi pada rpm rendah.

Jika Toyota benar mempersiapkan Fortuner berteknologi mild hybrid, maka akan menjadikannya sebagai model SUV pertama di keluarga Toyota  menggunakan teknologi tersebut.

Elektrifikasi Toyota Semakin Gencar

Usai pamer Innova EV di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 lalu, Toyota juga kedapatan telah mendaftarkan Toyota Innova Hycross atau Toyota Innova Hybrid untuk pasar India. Hal ini terungkap melalui pengajuan merek di negara tersebut.

Dikutip Otoloka dari Rushlane.com (25/4), ada nama baru yang didaftarkan oleh Toyota Motor Corporation, yakni Toyota Innova Hycross. Dan diperkirakan dari nama Hycross disinyalir merupakan kependekan dari Hybrid Cross.

Informasi lainnya, model ini juga kedapatan menggunakan kode 560B yang kabarnya akan dirilis dalam dua varian, yakni versi hybrid bensin dan bensin murni. Kabar ini tentunya melengkapi informasi di mana model tersebut telah beberapa kali tertangkap kamera tengah melakukan uji jalan di India.

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!