Toyota Hilux GR Sport, Varian Tertinggi Siap Meluncur Akhir Bulan Ini

Otoloka.id- Toyota Hilux pernah mengikuti ajang Rally Dakar pada 1980-an, dan itu yang menginspirasi divisi balap Toyota Gazoo Racing untuk menghadirkan Toyota Hilux GR Sport, dengan balutan desain lebih agresif serta kemewahan di dalam kabinnya.

Hilux GR Sport yang terinsirasi dari reli Dakar ini memang diplot sebagai varian flagship, makanya banyak komponen dan aksesoris yang diupgrade menjadi lebih mumpuni ketimbang varian Hilux standar.

Contohnya terletak pada suspensi yang diatur ulang agar handlingnya lebih mantap. Dalam suspensi tersebut, pick up tersebut dibekali peredam kejut monotube yang lebih cepat melakukan peredaman. Sementara suspensi depannya dibuat lebih keras untuk mempertajam respon kemudi.

Kalau dari tampilannya, serba hitam menghiasi sekujur bodi. Mulai dari fender, spion, side step, dan pastinya grill yang dibubuhi emblem Toyota dan GR Sport. Sementara velgnya mengadopsi dua warna, hitam dan polished berukuran 17 inci.

Baca juga: Simak Spesfikasi MPV dari BYD, Calon Pesaing Toyota Innova

Masuk ke dalam kabinnya, aksen GR sport sudah pasti menyelimuti yang terletak di kursi balap, karpet lantai, dan tombol start/stop. Pedal aluminum juga menjadi pembeda dengan varian Hilux lain. Satu lagi, di bagian setir sudah disiapkan paddle shift biar pick up tersebut makin sporty.

Mengenai dapur pacunya, khusus GR Sport telah dibenamkan mesin diesel 2.8 liter empat silinder segaris, yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 200 daya kuda, dengan torsi yang mencapai 500 Nm. Mesin tersebut, disandingkan dengan sistem transmisi otomatis enam percepatan.

Karena fungsi awalnya sebagai mobil niaga yang punya penggerak empat roda, Hilux GR Sport punya daya angkut seberat satu ton di balik pilarnya. Lalu, mobil ini mampu menarik beban seberat 3,5 ton.

Baca juga: Toyota Bocorkan Tanda Kehadiran GR Corolla, Kapan Meluncur?

"Toyota Hilux memiliki reputasi legendaris untuk ketangguhan dan keandalan. Model baru ini, yang terinspirasi oleh mobil balap Dakar kami yang ikonik, menghadirkan pengalaman berkendara tingkat baru baik di jalan raya maupun saat di jalan off-road,” kata pebalap Toyota Gazoo Racing, Nasser Al-Attiyah yang dikutip dari autocar.co.uk.

Nasser juga menambahkan, bahwa “Ini benar-benar merangkum semangat mobil balap kami, membawa sebagian dari Dakar ke pembeli di seluruh dunia."

Toyota Hilux GR Sport, dibanderol sekitar 726 juta Rupiah, dan akan siap dipasarkan pada akhir bulan ini. Namun, itu baru di Inggris ya, kalau di Indonesia tergantung dari Toyota Astra Motor. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!