Toyota Kembangkan Bahan Bakar Alternatif dengan Produsen Otomotif Jepang Lainnya

Otoloka.id- Selaku salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia, Toyota Motor Corp mengajak beberapa produsen otomotif Jepang lain untuk mengembangkan bahan bakar alternatif untuk mesin pembakaran internal.

Seperti yang dikutip dari reuters.com, bahwa perusahaan tersebut pada Sabtu (13/11) lalu mengatakan, bahwa pengembangan bahan bakar alternatifnya juga meliputi hidrogen dan bahan bakar sintetis yang terbuat dari biomassa.

Beberapa produsen otomotif Jepang lain yang turut terlibat adalah Mazda Motor Corp, Subaru Corp, Yamaha Motors, dan Kawasaki Heavy Industries. Mereka sepakat untuk mengembangkan bahan bakar alternatif untuk keperluan balapan.

Pengungkapan itu juga dilakukan di sirkuit Okayama, tempat Toyota balapan dengan mobil berbahan bakar hidrogen mereka, yang dikemudikan sendiri oleh CEO Toyota, Akio Toyoda.

Untuk membangun teknologi supaya mesin pembakaran internal mampu disuplai bahan bakar alternatif seperti hidrogen, memang bukan hal yang mudah. Namun, hal itu dapat menjaga rantai pasokan komponen dan suku cadang yang sudah ada sejak lama.

Baca juga: Review Toyota All New Avanza dan All New Veloz, Bukan Avanza yang Dulu Kita Kenal!


Jika semua kendaraan sudah beralih ke tenaga listrik, pasokan tersebut akan hilang karena jelas, komponen yang dipakai berbeda, dan beda pula pasokannya.

Namun, memang sudah seharusnya kendaraan bertenaga listrik harus ada. Apalagi beberapa negara telah memperketat peraturan mengenai emisi karbon. Di Jepang sendiri, telah sepakat untuk menghilangkan karbon kendaraan pada 2050.

Toyota pun, saat ini sedang gencar dengan pengembangan mobil listrik mereka, dan meningkatkan produksinya. Di tahun 2025, produsen tersebut menginvestasikan dana sebesar Rp191 triliun untuk membangun 15 model mobil listrik.

Investasi tersebut dipakai untuk memperluas kapasitas produksi baterai selama sepuluh tahun. Namun, di saat yang bersamaan pabrikan ini juga mengembangkan mobil dengan bahan bakar hidrogen.

Baca juga: Toyota Avanza dan Veloz Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan


Hal yang sama juga dilakukan pabrikan otomotif lain, yaitu Porsche dan BMW juga sedang mengembangkan bahan bakar sintetis. Bahkan, Porsche akan produksi bahan bakar tersebut pada tahun depan.

Semua itu dilakukan Porsche dan BMW agar mobil-mobil lama mereka, dapat menjelajah lebih lama di jalanan Eropa. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!