Toyota Patenkan Transmisi Manual pada Mobil Listrik

Otoloka.id- Salah satu produsen otomotif terkemuka dunia, Toyota baru-baru ini mematenkan sistem transmisi manual pada lini produk mereka yang menggunakan powertrain listrik. Alasan diajukannya paten transmisi manual tersebut adalah untuk menciptakan pengalaman mengendarai mobil manual bagi para penggemarnya.

Teknologi transmisi memang berkembang dengan cepat, dari manual ke otomatis yang saat ini makin akrab bagi konsumen kendaraan karena menawarkan kepraktisan. Pun dengan mobil listrik yang sudah pasti berjalan tanpa transmisi.

Indonesia sendiri membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk menerapkan sistem transmisi otomatis agar akrab bagi konsumen, dan sampai saat ini masih saja ada lini produk yang ditawarkan dengan transmisi manual.

Mobil listrik yang saat ini ada, lebih banyak menggunakan sistem satu pedal saja. Dan ternyata hal tersebut masih banyak butuh penyesuaian bagi pengemudi. Tiga pedal menawarkan pengalaman yang berbeda, dimana perasaan kita dibuat menyatu dengan kendaraan.

Dalam dokumen pengajuan paten yang dilansir dari drive.com.au, menjelaskan keterangan bahwa "[Ini adalah] teknik untuk menghasilkan perubahan pergeseran semu dalam kendaraan yang mentransmisikan torsi ke roda dari motor penggerak,"

"Torsi dapat dikontrol dengan mengontrol tegangan dan medan magnet yang diterapkan... Dengan demikian, perasaan tidak nyaman yang diberikan kepada pengemudi yang terbiasa dengan kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi bertahap dapat ditekan."

Adanya pengajuan kekayaan intelektual dan paten tidak menjamin desain atau teknologi belum tentu akan masuk ke jalur produksi. Namun, dokumen tersebut menunjukkan Toyota sedang menjajaki kemungkinan aplikasi yang lebih luas.

Apalagi, beberapa jumlah kecil mobil listrik sebelumnya telah dilengkapi dengan transmisi manual. Ini termasuk Opel Manta GSe Elektromod, konsep Ford Mustang Lithium, dan Jeep Wrangler Magneto.

Tak hanya mobil yang berstatus konsep saja, ada juga perusahaan jasa restomod dengan elektrifikasi yang menggunakan transmisi manual, meski mobil sudah sepenuhnya mendapat asupan tenaga dari baterai dan motor listrik. Contohnya itu adalah Porsche 356 besutan Electrogenic, rumah modifikasi asal Inggris.

Penggunaan transmisi tiga pedal di mobil listrik bisa jadi digunakan untuk lini produk dengan kebutuhan balap, atau lini produk massal yang hadir khusus untuk performa tinggi. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!