Toyota Turunkan Produksi Mobil Akibat Semikonduktor

Otoloka.id - Toyota mengabarkan akan memangkas rencana produksi kendaraan bulan Juli sebanyak 50.000 unit kendaraan. Hal ini ditengarai kekurangan pasokan semikonduktor dan gangguan pasokan suku cadang akibat dampak Covid-19 yang kini meluas kembali.

Melihat perencanaan produksi sepanjang Juli hingga September 2022, Toyota memperkirakan bisa memproduksi mobil hingga 850.000 unit perbulannya.

Produsen mobil terbesar asal Jepang ini bila berdasarkan volume target mencapai 800.000 unit kendaraan pada bulan Juli (250.000 unit di Jepang dan 550.000 unit di luar Jepang). “Masih sulit memastikan karena kekurangan pasokan semikonduktor dan penyebaran Covid-19, ada kemungkinan produksi akan dipangkas,” ujar nara sumber resmi dari rilis Toyota.

Adapun Toyota dan manufaktur lainya tengah berjuang dengan kendala rantai pasokan dan kekurangan komponen yang disebabkan oleh merebaknya kembali Covid-19, termasuk diterapkannya kembali lock-down di China.


Manufaktur saat ini tengah berebut mendapat pasokan terbatas semikonduktor dengan produsen lain, terutama dengan pembuat perangkat elektronik.

Toyota untuk tahun ini memiliki target untuk bisa melakukan produksi global hingga 9,7 juta kendaraan. Meskipun melihat data pada bulan Mei sudah mendapat gangguan pasokan yang pada akhirnya memaksa lebih rendah melakukan produksi.

Pada hari Rabu kemarin, (22/6), dipastikan sudah melakukan penghentian produksi di Jepang untuk bulan depan. Hal ini berdampak pada produksi Toyota GR Yaris dan Sport Utility Vehicle (SUV) bertenaga listrik Toyota bZ4X.

“Kami akan memeriksa pasokan suku cadang dengan teliti untuk meminimalisir penurunan produksi secara tiba-tiba. Dan, terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengirimkan sebanyak dan secepat mungkin kendaraan kepada pelanggan Toyota,” ujar perwakilan Toyota.

  • 0
  • Share
Kusnadi ChahyonoTerjun di media otomotif sejak tahun 2003, sebelumnya sudah terlibat dengan peliputan jurnalis dan fotografer lifestyle sejak tahun 2001. Senang membahas roda dua dan roda empat serta balap nasional dan internasional. Berbicang dan berbagi pengalaman dengan para penggemar otomotif akan selalu menyenangkan dan banyak pengetahuan baru.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!