UD Trucks Quester Euro 5 Lebih Irit dan Lebih Ramah Lingkungan

Otoloka.id- PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI), meluncurkan secara resmi line up terbaru UD Trucks Quester Euro 5, pada hari ini (24/3/2022).

Momen peluncuran ini pun sekaligus untuk memperkenalkan Odawara Toshihiko sebagai Presiden Direktur UD AMI yang baru, sejak November 2021 lalu.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan peraturan emisi gas buang Euro 4 yang akan diimplementasikan pada April 2022 mendatang. Untuk mendukung program pemerintah tersebut, UD Trucks memperkenalkan slogan terbaru, ā€œBetter Life for Logistic, Planet and People".

ā€œKami bertekad menghadirkan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi, ramah lingkungan, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam menuju Indonesia Hijau," kata Aloysius Chrisnoadhi sebagai Direktur Marketing dan Aftersales Service UD AMI.

UD Trucks Quester Euro 5 memiliki teknologi pengendalian emisi yang diklaim lebih maju, yaitu Selective Catalytic Reductionatau (SCR) yang mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu, lebih hemat bahan bakar dan aman.

Teknologi Euro 5 dari UD Trucks ini memiliki dua cara. Pertama menurunkan NOx gas buang yang keluar dari mesin dengan cara menyemprotkan cairan urea (AdBlueĀ®) ke gas buang di sebuah sistem yang terpisah dari mesin utamanya sebelum dibuang ke atmosfer, sistem ini dikenal dengan Selective Catalytic Reduction (SCR).

Kedua dengan memasukkan kembali gas buang ke dalam mesin agar temperatur ruang bakar menurun yang selanjutnya akan menurunkan kadar NOx. Sistem ini dikenal dengan istilah Exhaust Gas Recirculation (EGR).

UD Trucks pun menjadi merek pertama di dunia yang menggunakan teknologi SCR dengan AdBlueĀ®, yang diaplikasikan pada truk Quon 2004. Teknologi ini mampu mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu mesin utamanya.

Konsumsi AdBlueĀ® adalah 3-5% dari pemakaian Solar, yang mana pengisian AdBlueĀ® sekali setara dengan4 kali pengisian Solar full. Dengan perhitungan bahwa kapasitas tangki bahan bakar Questeradalah315 liter, sementara tangki AdBlueĀ®berisi 50 liter;dan jika asumsi 1 liter Solar untuk 3 km, maka 1 liter AdBlueĀ® bisa untuk menempuh 75 km. Selain itu Quester Euro5, juga dilengkapi dengan jerigen cadangan AdBlueĀ® berisi 10 liter atau cukup untuk 750 km sehingga tidak merepotkan pengemudi, aman dan lebih efisien.

Keunggulan Quester Euro 5

Selain itu, UD Trucks Quester Euro 5 juga menawarkan keunggulan pada perawatan suku cadang dan garansinya. Untuk pembelian model ini, UD Trucks menyediakan fasilitas gratis AdBlueĀ® sebanyak 800 liter, UD Telematics 1 tahun dan freeservice 120.000 km atau 3 tahun dengan opsi dapat diperpanjang sampai dengan 5 tahun.

UD Trucks juga memiliki aplikasi mobile UD Trucks Ownerā€™s Manual yang dapat diunduh pada App Store atau Google Play, sebagai panduan pemilik truk yang berisi informasi penting tentang pengoperasian, pemeliharaan dan keselamatan terkait dengan kendaraan UD Trucks sehingga mudah di akses dari mana saja jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Fitur Quester Euro 5

UD Quester Euro 5 yang diluncurkan UD Trucks ini sebelumnya sudah diluncurkan secara global pada September tahun lalu. UD Quester Euro 5 merupakan produk terbaru UD Trucks yang telah disempurnakan untuk mencapai efisiensi logistik.

UD Trucks Quester Euro 5 ini tersedia dengan kapasitas tenaga mesin yang lebih besar dan efisien sampai dengan 410 hp dengan torsi maksimum 1990 Nm serta dilengkapi dengan beberapa fitur terbaru, mulai dari fitur panel instrumen terbaru yang memudahkan pengemudi untuk membaca informasi dan data, fitur sistem panduan penting untuk pengemudi dan mudah diakses, roda kemudi dengan desain baru yang ditingkatkan untuk pengendaraan yang lebih mudah dan lebih stabil, chrome grille yang memperkuat tampilan hexagon truk,serta tersedia warna kabin terbaru Luxury Blue metallic.

Selain itu, dukungan purna jual yang reliable dan responsive dari distributor kami, seperti UD Trust, UD Ultimate, UD Telematics, yang didukung dengan Mobile Workshopdan seluruh jaringan bengkelnya, membantu efisiensi biaya operasional pelanggan UD Trucks seoptimal mungkin. <Idr>

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik ā€œAkses Cepatā€ ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!