Ukir Sejarah di Mandalika, Toprak Razgatlıoğlu Jadi Juara Dunia WSBK 2021

Otoloka.id- Kemeriahan ajang balap WorldSuperbike (WSBK) masih terasa usai berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pembalap dari Pata Yamaha, Toprak Razgatlıoğlu berhasil menjadi juara dunia.

Toprak meraih gelar juara dunia WSBK 2021 dalam pertarungan seri pamungkas yang dramatis di Indonesia. Titel ini juga merupakan bagian dari pesta kemenangan Yamaha yang juga menjuarai kategori konstruktor dan Pata Yamaha with Brixx WorldSBK di kategori tim.


Baca juga : Motor X-tra, Program Khusus Beli Motor Yamaha Tanpa DP dan Jaminan

Bertandang ke Indonesia dengan keunggulan 30 poin dalam perebutan titel, Toprak memastikan trofinya dari hasil race pertama di Mandalika International Street Circuit, Minggu (21 November 2021). Finish kedua dalam persaingan sengit itu sudah cukup untuk memberikan gelar bagi Toprak, meskipun pesaing terdekatnya Jonathan Rea memenangi race pertama.

Toprak pun membukukan sejarah sebagai pembalap Turki pertama yang menjadi juara WorldSBK dan ini gelar pertama bagi Yamaha setelah 2009 bersama Ben Spies.

Pembalap berusia 25 tahun itu juga mencatatkan dirinya sebagai pembalap pertama yang menjuarai WorldSBK dan ajang support WorldSBK yaitu European Superstock Championship. Toprak memenangi European Superstock Championship di tahun 2015.

Seri Mandalika menutup WordSBK tahun ini yang merupakan salah satu musim paling menarik sepanjang sejarah penyelenggaraannya. 

Toprak mengakhirinya dengan 13 kemenangan, 29 podium, dan 3 pole position. Rider #54 itu mengawali balapan di Mandalika dalam pertarungan ketat di grid depan pada race pertama lalu finis ke-4 di race kedua dalam kondisi lintasan basah.

“Gelar ini untuk ayah saya, ini hari yang luar biasa, dia selalu berkata suatu hari nanti kami akan melihatmu sebagai juara dunia, jadi saya mengatakannya lagi untuknya. Saya menginginkan lagi di musim depan, bertarung kembali dan mencoba menang di setiap balapan,”ujar Toprak.

Baca juga : Petualangan Couple Ride dari Bandung ke Bali Kendarai XSR 155

Sedangkan rekan setimnya Andrea Locatelli yang sudah mengklaim status Rookie of The Year 2021, memperlihatkan penampilan mengesankan di Lombok. 

Pembalap Italia itu finis ke-4 dari grid 5 di race pertama, lalu menempati posisi ke-8 di race kedua. Hasil ini mengantarkannya ke urutan 4 klasemen akhir. Dia pun menjadi pembalap rookie WorldSBK Yamaha dengan peringkat terbaik di kompetisi itu sejak musim 2011, yang merupakan bukti performa cemerlangnya.

Hasil di Mandalika menandai akhir kejuaraan WorldSBK 2021, namun Yamaha dan tim Pata Yamaha with Brixx WorldSBK telah fokus sepenuhnya ke tahun 2022 untuk memberikan kesempatan terbaik bagi Razgatlıoğlu dan Locatelli bertempur kembali di lintasan sirkuit.

  • 0
  • Share
IsmetIsmet bekerja sebagai jurnalis sejak tahun 2012 dan dimulai di Tabloid Motorplus (Kompas Gramedia). Senang dengan dunia otomotif roda dua dan sempat bekerja di beberapa media otomotif lainnya, menjadikan Ismet menggemari juga dunia otomotif roda empat, hingga akhirnya sekarang bergabung di Otoloka.id dan dinamika dunia otomotif selalu menjadi hal yang menarik baginya.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!