Volkswagen dan Bosch Mengembangkan Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut

Otoloka.id- Saat ini, beberapa produsen otomotif besar sudah mengembangkan sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut. Sistem tersebut sudah bisa melepaskan tangan dari lingkar kemudi. Salah satu yang sedang menggarap teknologi tersebut adalah anak perusahaan Volkswagen Cariad bersama dengan Bosch.

Dalam pengerjaan tersebut, Volkswagen (VW) memiliki rencana agar sistem bantuan pengemudi tersebut tersedia lebih banyak untuk seluruh lini produk di bawah naungan grup Volkswagen.

"sistem hands-free Level 2 untuk mengemudi di perkotaan, ekstra-urban, dan jalan bebas hambatan, serta sistem yang mengambil alih semua fungsi mengemudi di jalan bebas hambatan (SAE Level 3)," seperti yang dikutip dari motortrend.com.

Untuk mengembangkan teknologi yang akan diproduksi pada 2023 mendatang, telah dikerahkan tim sebanyak 1.000 orang yang terdiri dari pakar dan insinyur dari Bosch dan Cariad. Mereka mengeksplorasi sistem bantuan pengemudi level 4.

Ketika mengembangkan teknologi ini, tim pengembang merekayasa perangkat lunak berbasis data, yang nantinya akan digunakan untuk mengolah informasi dari sistem penginderaan surround 360 derajat. Hal tersebut dimaksudkan untuk dipakai pada cruise control.

Tak hanya itu, kecerdasan buatan akan dimanfaatkan untuk memproses data yang dikumpulkan dari lalu lintas jalan. Ini untuk memastikan bahwa kinerja itu berfungsi secara maksimal. Sistem tersebut juga menggunakan peta resolusi tinggi dan GPS.

Banyaknya kasus kecelakaan, dijadikan studi kasus dalam pengembangan sistem tersebut. Kasus kecelakaan yang jarang terjadi, ternyata menjadi kasus yang sangat sulit untuk dipelajari oleh tim pengembang.

“Tempat pembuktian terbaik untuk pengembangan mengemudi otomatis adalah lalu lintas jalan raya. Dengan bantuan salah satu armada kendaraan terhubung terbesar di dunia, kami akan mendapatkan akses ke database besar. Ini akan memungkinkan kami untuk membawa sistem mengemudi otomatis ke tingkat yang baru," kata Dr. Mathias Pillin, presiden Bosch Cross-Domain Computing Solutions.

"Bersama-sama, kami dapat menguji fungsi mengemudi otomatis pada skala yang lebih luas di kendaraan yang sebenarnya dan menerapkannya lebih cepat. Pekerjaan teknik kami akan dilakukan bersama dengan Bosch dan Cariad sebagai satu tim. Tidak pernah ada aliansi seperti ini di industri otomotif ," kata Dr. Ingo Stürmer, direktur proyek aliansi di Cariad.

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!