Volkswagen ID.4 GTX dan ID.5 GTX Kini Punya Identitas

Otoloka.id - Mobil listrik yang biasanya terpikir sebagai kendaraan efisiensi dalam penggunaan energi, ternyata Volkswagen mempersilakan pemilik bisa mengeksplorasi kemampuan mobilnya. Disuguhkan di Volkswagen ID.4 GTX dan ID.5 GTX.

Yup, memang sejak tahun lalu Volkswagen ID.4 GTX dan ID.5 GTX diperkenalkan. Tapi pertengahan tahun ini ada penyempurnaan di kedua mobil listrik tersebut berupa motor ganda penggerak empat roda sebagai perangkat standar. Kini perlengkapannya juga lebih banyak yang membuatnya punya nilai lebih dalam kepemilikan.


Volkswagen memilih untuk melakukan penyempurnaan di model GTX menjadi lebih sporty. Adapun paket Design dan Comfort kini sudah menjadi standar di Volkswagen ID.4 GTX dan ID.5 GTX. Kaca depan sudah ramah terhadap perubahan cuaca, kaca samping lebih gelap begitu juga dengan kaca belakang. Jok depan sudah berpemanas, sudah ada koneksi dua buah colokan USB-C, variable centre console, kemudian Air Care Climatronic air-conditioning system dengan saringan udara kombinasi, penyejuk kabin juga sudah ada dua zona kontrol.

Setiap Volkswagen GTX akan membawa identitas sendiri untuk detailnya, berupa hitam dan merah. Seperti di bagian kabin akan dijumpai warna hitam melapisi panel dasbor dan trim pintu. Dekorasi kelir merah akan memberikan aksen sporty di tiap detail seperti di jok utamanya di jahitan, piping, dan logo.


Sementara itu untuk dominasi hitam mengilap dijumpai di frame atap, pilar C, rumah spion luar dan juga diffuser. Pelek hitam berukuran 21 inci untuk desainnya bisa dipilih sesuai keinginan konsumen. Atap berkelir hitam dan jendela gelap menghasilkan tampilan mobil kian keren.

“Kesuksesan Volkswagen ID.4 GTX dan ID.5 GTX menunjukkan posisi strategi independen brand GTX. Kedua model mendapat permintaan lebih dari 40%,” ujar Silke Bagschik, Head of Sales and Marketing for the ID. family. Dirinya juga menambahkan bahwa varian GTX akan merambah ke semua model ID. di masa depan mulai dari ID.3 hingga ID.Buzz.


Adanya motor ganda penggerak empat roda 4Motion yang menjadi andalan Volkswagen, jajaran GTX menempatkan satu motor untuk penggerak depan dan motor lainnya sebagai penggerak roda belakang. Keduanya total memiliki tenaga 295 hp dan torsinya 460 Nm. Adanya sistem Permanent Synchronous Motor (PSM) akan menyiapkan performa untuk roda belakang berupa tenaga 201 hp dan torsi 310 Nm. Sementara Asynchronous Motor (ASM) kerahkan tenaga 107 hp dan torsi 162 Nm untuk menggerakkan roda depan. Kemampuan mobil listrik ini ditahan lajunya 180 kpj.

Bagi yang ingin membawa trailer, disarankan bobotnya tak lebih dari 1.400 kg. Bisa membawa lebih dari 200 kg berbanding versi gerak roda belakang saja.


Perihal kemampuan tempuh ID.4 GTX dikabarkan bisa menjelajah hingga 500 km, sedangkan untuk ID.5 GTX bisa menempuh 512 km. Kapasitas pengisian untuk kedua mobil diperkenankan 135 kW. Baterai berkekuatan tinggi 77 kWh bisa dilakukan pengisian ulang dari 5-80% hanya perlu waktu 36 menit. Sudah cukup untuk melaju hingga 337 km untuk ID.4 GTX, dan 376 km untuk ID.5 GTX.

  • 0
  • Share
Kusnadi ChahyonoTerjun di media otomotif sejak tahun 2003, sebelumnya sudah terlibat dengan peliputan jurnalis dan fotografer lifestyle sejak tahun 2001. Senang membahas roda dua dan roda empat serta balap nasional dan internasional. Berbicang dan berbagi pengalaman dengan para penggemar otomotif akan selalu menyenangkan dan banyak pengetahuan baru.
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!