Volvo Sedang Menguji Coba Mobil Otonom Pertamanya

Otoloka.id- Tiap pabrikan otomotif memiliki sebutan bagi sistem bantuan pengemudinya masing-masing. Volvo yang merupakan pabrikan asal Swedia sedang mengembangkan teknologi tersebut, yang dinamakan Ride Pilot. Teknologi tersebut akan dimulai pertengahan tahun ini di California, Amerika Serikat.

Dilansir dari autocar.co.uk, teknologi yang sedang diuji coba tersebut, jika sudah mendapatkan ijin dari pihak terkait, maka akan dipasangkan pada lini produk Volvo yang bertenaga listrik, yaitu XC90. Setelah itu, baru, deh disematkan pada lini produk mereka yang lain.

Menurut Volvo, dikembangkannya teknologi Ride Pilot dengan tujuan memberi kebebebasan waktu lebih banyak untuk pelanggan, serta menjadikan Volvo lebih nyaman dan menyenangkan saat dikemudikan.

Sekadar info, Volvo merupakan pabrikan otomotif yang menjadi pionir dari sistem bantuan pengemudi dan sistem mobil self-driving. Untuk menjalankan sistem tersebut, Volvo menggunakan perangkat lunak over-the-air yang dipadukan dengan beberapa sensor.

Untuk membuat teknologi canggih tersebut, Volvo tak sendirian. Perusahaan tersebut menggandeng perusahaan perangkat lunak Zenseact untuk sistem mengemudi otonom, yang bekerja sama juga dengan perusahaan pengembang Luminar.

Sistem Ride Pilot terdiri dari beberapa fitur, yang didalamnya terdapat sensor sebanyak 24 buah, yang dipasangkan di setiap sisi mobil. Sensor tersebut akan digabungkan dengan perangkat lunak yang sedang dikembangkan bersama Zenseact.

Ternyata, untuk menggunakan teknologi tersebut oleh pelanggan, diperlukan beberapa syarat berupa protokol verifikasi dan pengujian yang ketat, yang didalamnya termasuk validasi, apakah teknologi tersebut aman digunakan di jalan raya dengan kondisi lalu lintas yang variatif.

Teknologi tersebut sebelumnya sudah diuji coba di Swedia, negara asal Volvo. Namun pabrikan tersebut masih melakukan verifikasi data di negara-negara Eropa dan Amerika, sebelum dilakukan pengujian lagi di California.

California dipilih menjadi tempat pengujian teknologi ride Pilot lantaran menurut Volvo, "iklim, kondisi lalu lintas dan kerangka peraturan [di California] menyediakan lingkungan yang menguntungkan untuk pengenalan mengemudi otonom". Nantinya, teknologi tersebut akan diluncurkan juga untuk pasar global.

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!