Nissan Qashqai Sabet Rating “Very Good” dari Euro NCAP

Otoloka.id- Lembaga non-profit untuk keselamatan Euro NCAP, telah menerbitkan penilaian terbarunya soal bantuan pengemudi (assisted driving), dan salah satu kendaraan yang dinilai adalah Nissan Qashqai dengan mendapat rating “Very Good” setelah menguji di dua bidang, yaitu “Competence Assistance” dan “Safety Backup”.

"Peringkat Very Good mencerminkan tujuan kami untuk mengembangkan teknologi yang mendukung, intuitif, dan efektif dalam mengurangi stres dan risiko mengemudi setiap hari," ungkap David Moss, selaku Senior Vice President, Regional Research & Development, Nissan Technical Center Europe.

Pada bidang Competence Assistance atau kompetensi bantuan, Qashqai mencapai skor 74% secara keseluruhan, dengan 20 dari 25 poin mengenai kejelasan informasi bagi konsumen di fitur ProPilot dengan sistem Navi-Link. Sementara visibilitas status sistem pada mobil tersebut mencetak 20,9 dari 25 poin.

Dalam kategori kolaborasi mengemudi, Nissan Qashqai mendapat 25 poin. Nilai maksimal itu diberikan ketika sistem memberikan respon pengemudi dalam melakukan intervensi, seperti saat menghindari rintangan.

Sementara pada kategori bantuan kemudi, Nissan Qashqai juga mendapat skor 30 dari 35 poin, ini lantaran mobil tersebut memiliki fitur adaptive cruise control dan mampu mengemudi melewati tikungan “S” dengan kecepatan hingga 100 km/jam.

Fitur ProPilot dengan sistem Navi-Link ketika mengalami kegagalan, akan memberi tahu pengemudi bahwa sistem tidak dapat berfungsi melalui peringatan tepat waktu. Hal ini mendapat penilaian tertinggi 25 poin.

Faktor kelalaian berupa menyerahkan sepenuhnya pada sistem bantuan, ternyata tidak ditemukan pada Nissan Qashqai. Jika mencoba melepas tangan dari kemudi, peringatan visual dan aural akan aktif, dan akan melambatkaan kendaraan sampai berhenti total apabila tangan masih tak terdeteksi di setir. Fitur ini mendapat 20 dari 25 poin.

Dalam penilaian untuk menghindari tabrakan, Euro NCAP memberikan nilai 48,4 dari 50, karena Qashqai yang dilengkapi dengan ProPilot dengan Navi-Link. Oleh karena itu, pada fitur cadangan kemanan atau Safety Backup mendapat skor 93%.

"Dalam mengembangkan Qashqai, kami mengadopsi pendekatan untuk mempertimbangkan bagaimana teknologi dapat mendukung pengemudi dengan lebih baik dalam situasi di mana ada beban kerja pengemudi yang tinggi. Intervensi dilakukan secara bertahap, dengan langkah pertama adalah informasi, kemudian peringatan dan akhirnya intervensi, dalam hal pengemudi tidak mengambil tindakan korektif," tambah Moss.

Dengan mendapat penilaian Very Good, Nissan Qashqai memiliki tambahan penghargaan setelah pada Januari lalu, didapuk sebagai Best In Class pada kategori small off-road oleh Euro NCAP. ##

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!