• Home>
  • Berita>
  • xEV Center Jadi Fasilitas Pembelajaran Elektrifikasi di Indonesia
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

xEV Center Jadi Fasilitas Pembelajaran Elektrifikasi di Indonesia

EKO
2022-05-20 10:45:45
loading...

Otoloka.id- Indonesia merupakan negara yang mulai melakukan transisi kendaraan konvensional menuju elektrifikasi. Oleh karena itu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membangun fasilitas pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi bernama “xEV Center” di Karawang, Jawa Barat. Pusat pembelajaran tersebut, hari ini, 19 Mei 2022 resmi dibuka oleh jajaran Kementrian Perindustrian RI.

“Di tengah upaya Pemerintah mewujudkan kendaraan ramah lingkungan, pembangunan xEV Center oleh TMMIN berperan penting dalam mendidik dan menginspirasi masyarakat, termasuk generasi berikutnya, untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi kendaraan elektrifikasi di Tanah Air. Kami berharap Toyota xEV Center dapat menjadi katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” pesan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam sambutan tertulisnya.

Dalam gelaran konferensi terkait iklim Cop 26 yang digelar tahun lalu di Glasgow, Skotlandia, Indonesia menjadi negara yang berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon. Di dalam negeri, komitmen tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK), yang akan menurunkan emisi karbon sebesar 41% pada tahun 2030.

Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, pemangku kepentingan, dan industri terkait demi kehidupan berkelanjutan di masa depan. Industri otomotif yang sangat erat dengan emisi karbon, memiliki andil dalam menyebarkan pemahaman dan pengetahuan kepada publik secara mendalam akan pentingnya transformasi Indonesia menuju era elektrifikasi.

“xEV Center merupakan wujud nyata kolaborasi dan sinergi positif triple helix antara Pemerintah, Akademisi, dan Industri Otomotif. Kami mendukung penuh pemerintah dalam upaya berkelanjutan dalam mencapai target netralitas karbon, karenanya xEV Center kami kembangkan sebagai bagian dari ekosistem era elektrifikasi melalui advokasi publik mengenai ragam pilihan dan teknologi elektrifikasi,” ungkap Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT TMMIN.

Warih juga menambahkan, bahwa untuk mencapai netralitas karbon, harus ada solusi praktis dan berkelanjutan melalui ragam teknologi pilihan, seperti kendaraan efisiensi bahan bakar tinggi, flex-fuel, hybrid murniplug-in hybrid, kendaraan listrik berbasis baterai, dan kendaraan berbahan bakar hidrogen yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan kondisi Indonesia.

Sebagai info, xEV Center merupakan fasilitas edukasi yang dapat diakses oleh publik. Di dalam fasilitas tersebut, berisi empat zona. Pertama berisi tentang upaya-upaya pemerintah maupun industri untuk mengurangi emisi karbon, lalu di zona selanjutnya berisi tentang berbagai macam kendaraan elektrifikasi berikut komponennya.

Di zona ketiga xEV Center, berisi tentang ekosistem hijau, yang berisi tentang emisi yang digunakan dalam rantai proses produksi kendaraan. Sementara zona terakhir berisi tentang masyarakat dan akademisi dalam perwujudan elektrifikasi. Yuk datang! [KCH]

Ikuti media sosial kita:
  • loading...
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset