ZipCharge Go, Powerbank Kendaraan Listrik Seukuran Koper

Otoloka.id- Mengisi daya kendaraan listrik memang mudah jika kita memiliki garasi sendiri di rumah, bagi yang tidak punya garasi, pengecasan kendaraan listrik sudah pasti membingungkan.

Pasalnya kita harus mencari sumber listrik terdekat, dengan menggunakan sambungan kabel. Hal tersebut makin parah ketika kita tinggal di daerah yang masih minim stasiun pengisian kendaraan listrik.

Namun, saat ini ada stasiun pengisian kendaraan listrik portabel bernama ZipCharge Go, yang secara garis besar fungsinya mirip dengan powerbank. 

Hadirnya perangkat tersebut memberikan kenyamanan, karena dapat mengisi daya kendaraan listrik kapanpun dan dimanapun.

ZipCharge Go memberikan dua pilihan varian pengisi daya, yaitu 4 kWh dan 8 kWh. Perangkat baterai portabel tersebut, dikemas menyerupai sebuah koper, lengkap dengan roda dan handle penariknya.

Perangkat tersebut dengan kapasitas penuh, mampu mengisi daya ke kendaraan listrik dengan durasi 30-60 menit saja. 

Daya yang disalurkan tersebut, mampu dipakai mobil listrik untuk menjelajah sekitar 32-64 kilometer (tergantung kapasitas dan kendaraannya).

Baca juga: Intip Spesifikasi Mobil Listrik Mitsubishi Minicab MiEV yang Dikendarai Jokowi

Pakai Aplikasi Khusus

Untuk pengoperasiannya, pengguna perangkat tersebut harus mengunduh aplikasi bawaan ZipCharge. Karena dalam aplikasi tersebut, berisi paket pengisian daya yang tepat untuk tiap model kendaraan listrik. 

Pada perangkat seberat 21 kilogram tersebut, juga dilengkapi dengan kabel konektor level 2.

Seperti yang dikutip dari rideapart.com, perangkat ZipCharge Go dengan pengisi daya 4kWh, mampu digunakan untuk mengecas baterai skuter listrik dengan kapasitas kecil, yang biasanya dipakai untuk komuter di perkotaan.

Baca juga : Hadiri GIIAS 2021, Jokowi Dukung Ekosistem Mobil Listrik di Indonesia

Sementara untuk sepeda motor listrik dengan baterai berukuran besar memakai pengisi daya 8 kWh mampu mengisi penuh daya Motor Zero FXE. 

Namun untuk model lain seperti Zero SR, hanya mampu mengisi setengah kapasitas baterainya saja.

Tentunya, dengan adanya ZipCharge sangat membantu pemilik kendaraan listrik, terutama di indonesia yang saat ini fasilitas stasiun pengisian kendaraan listriknya masih terbatas.

Perangkat ‘powerbank’ untuk kendaraan bertenaga listrik tersebut, sudah tersedia secara global dan dibanderol sekitar Rp28 juta. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!