logo
#
#

Punya Uneg-uneg dan Pertanyaan Tentang Masalah Mobilmu?

Dalam topik ini om en tans bisa bahas permasalahan dan pemecahan yang dihadapi dalam perawatan mobilnya.
  • avator
  • avator
  • avator
  • avator
  • avator
27 Balasan
  • Oscar May
    28 Sep 2020, 11:28
    Bug fuel economy meter di 2020 Toyota Corolla Hybrid Sebenernya, Toyota Corolla Hybrid gak punya kerusakan yang signifikan. Soalnya yah kalo dipikir-pikir ini masih Toyota, dan bukan Toyota asli kalau nangisan dikit-dikit rusak. Tapi ada saja satu-dua masalah kecil yang gak signifikan, tapi lucu. Salah satunya adalah bug fuel economy meter. Fuel economy meter adalah menu di head unit dan speedometer Toyota Corolla Hybrid, yang sesuai namanya dia mengukur konsumsi bbm kamu dalam satuan km per liter. Tapi Corolla Hybrid kan punya motor listrik, yang membantu menjalankan mobil di kecepatan rendah, saat macet misalnya. Ketika mobil ini jalan pakai listrik, mobil ini tidak memakai bensin sedikitpun. Sepertinya mereka tidak mengantisipasi kemungkinan ini. Karena ketika kamu terlalu lama berada di kemacetan, 30 menit misalnya, maka semua angka konsumsi bbm kamu jadi 199.99km per liter di head unit, 99.99 km per liter di speedometer. Namun tidak hanya itu, kadang pas lagi dipanasin aja bisa error karena yah mobil ini gak terlalu butuh dipanasin. Ketika mesinnya sudah sampai di temperatur optimum untuk bekerja, mesinnya mati. Dan ketika kamu berjalan pelan seperti keluar garasi misal, mobilnya jalan pakai tenaga listrik. Jadi error lagi. Solusinya? Ada dua. Yang pertama yah, dibiarkan saja. Kalau kamu matikan mobilnya terus nyalakan lagi juga tidak berubah angkanya. Nanti juga kamu pasti jalan normal dan membuat mesin bensinnya bekerja. Baru nanti dia kembali normal. Setidaknya selama sedang error bisa kamu foto buat pamer di sosial media, terutama ketika sedang adu irit-iritan sama teman kamu. Yang kedua kamu bisa mereset meter ini via head unit maupun via speedometer. Tapi jujur saja, karena error ini sangat tidak signifikan saya tidak pernah mereset meternya. Dibiarkan saja kembali normal saat jalan. Keren juga menurut saya, membuat saya kesannya irit banget ketika bawa mobil. Padahal mah nggak.
    • 2
    • 0
    • 23
  • Rangga Samudra
    19 Okt 2020, 20:43
    CAR OWNER - Corona Irit Hati Adem Kebandelan & ketangguhan mesin seri R pd jamannya lambat laun mulai berganti dg penilaian sebagian orang sbg mesin yang boros, tentunya karena dibandingkan dg mesin-mesin canggih era terkini. Tapi jangan kuatir, tips utk mengoptimalkan lagi kinerja mesin Corona kesayangan kita adalah : 1. Cek Rem Pastikan rem dalam kondisi berfungsi dg baik & kampas dalam posisi bebas tidak menyentuh disc / tromol apa bila pedal rem tidak diinjak. Rem yg 'nggandoli' tentunya menjadikan beban mesin juga. 2. Cek laker2 roda Seperti halnya Rem, laker roda yg kering/rusak/aus jg akan menjadi beban 3. Pengapian Pastikan platina, kabel busi, busi, distributor dll dalam kondisi baik. Cek bersihkan platina, rotor distributor, cek juga kondisi api dari koil. Percikan api yg kecil menjadi salah satu penyebab mobil susah dihidupkan kala pagi hari, busi cepat mati dan pembakaran tidak sempurna 4. Karburator Karbu ori kadang menjadi kurang optimal karena faktor usia. Bongkar bersihkan dengan Carbu Cleaner agar kerak menahun rontok. Gunakan Carbu Cleaner yg berkualitas.karbu kijang 3K atau 4K menjadi substitusi yg murmer. 5. Ban & tekanan angin Ban Ini yg wajib dicek berkala atau setiap akan melakukan perjalanan jauh. Dg memperhatikan ukuran ban masing2. Perlu diketahui dalam posisi berjalan jauh dan ban panas, tekanan ban bisa bertambah skitar 5 -10 psi 6. Mengurangi beban kinerja mesin dg pastikan kondisi laker-laker dimesin prima. 7. Cek celah klep & kondisi ring/piston Minta kpd mekanik terpercaya utk sekur klep dan cek kondisi ring piston/piston 8. Knalpot Knalpot yg bocor menjadikan mesin cenderung boros dan kehilangan tenaga. 9. Kampas Kopling Kampas yang mulai habis dan selip mengakibatkan tenaga terbuang percuma. 10. Style Driver Style driver yg berkarakter Stop 'n Go dg gemar bejek gas akan membuat fc boros. Style driver smooth sangat disarankan. Selamat berkendara keep safety
    • 0
    • 0
    • 2
  • Jimmy S
    17 Okt 2020, 09:38
    Yang namanya mobil sudah berumur lebih dari 20 tahun tentunya memiliki beberapa part yang sudah tidak prima lagi kinerjanya. Ada beberapa bagian part pada Corona Absolute Ex Saloon G 2.0 1993 yang membutuhkan perhatian khusus. PENGAPIAN Corona absolute ini sudah menganut sistem injecsi yang tentunya mempunyai sederet perangkat elektronik berupa ECU dan beberapa sensor-sensor. Perangkat ini membutuhkan teknisi khusus dan tidak bisa dikerjakan oleh sembarang teknisi. Pastikan teknisi mengerti perangkat ECU untuk perawatannya. KAKI-KAKI umur 20 tahun tentunya membutuhkan penyegaran disektor kaki-kaki. Untuk sokbreker belakang yang aslinya sistem oli bisa disubstitusi PnP dengan milik Camry sipit ( 1999 - 2002). Bantingan akan menjadi sedikit lebih keras tetapi lebih stabil. untuk kaki-kaki depan masih banyak terdapat dipasaran dan banyak bengkel yang bisa mengerjakannya. RADIATOR & KIPAS Radiator dan kipas wajib diperhatikan karena mesin 2000cc membutuhkan panas yang ideal untuk mencapai kinerja optimal. Pastikan radiator sehat, kipas beserta swicth termostat bekerja normal. Mengambil ekstra fan milik Suzuki Karimun bisa menjadi pilihan yang tepat. Bilah kipas yang banyak dan ukurannya yang tipis sangat sesuai untuk dipasang. Selain ketiga hal utama diatas, hal-hal yang perlu diperhatikan sama dengan perawatan mobil-mobil pada umumnya. jumlah baut roda 5 dengan pcd 100 agak menyulitkan untuk mencari velg custom dipasaran. Karena jarang mobil yang menggunakan ukuran pcd tersebut. Beberapa mobil yang menggunakan baut 5 pcd 100 diantara : all new Altis, Camry, VW new bettle, Audi.
    • 0
    • 0
    • 2
  • Budi Gunawan
    15 Okt 2020, 15:38
    CAR OWNER - PIJAT KAKI-KAKI COROLLA BETAWI KE20 Untuk kendaraan yang berumur lebih dari 45 tahun sudah wajib untuk dilakukan penyegaran kembali part-part yang 'sudah lelah'. untuk unit KE20 yagng terawat baik, mungkin tetap perlu dicek selain mesin tentunya kaki-kaki. Sektor peredam kejut adalah hal pertama yang harus dicek. Dipasaran banyak terdapat sok breker aftermaket. Karena sudah berumur, biasanya gardan sudah aus dan berdengung saat berjalan. Substitusinya bisa mengambil milik kijang 'Buaya' atau kijang 'kotak'. mounting persneling / transmisi juga perlu dicek, karena posisinya dibawah yang rawan terhadap air dan karat. Yang agak sulit ditemukan part orinya adalah piston kaliper rem depan. Apabila sudah berkarat atau baret mau tidak mau harus diganti. Apabila ternyata tidak mendapatkan part piston ini dipasaran jangan kuatir. Orderkan saja kepada bengkel bubut untuk dibuatkan dari besi stainless. Jangan lupa bawa piston kaliper yang lama agar dibuatkan sesuai ukuran akuratnya. Sebenarnya bisa juga piston lama yang baret dikrom lagi. Tetapi daya tahannya tergantung dari kualitas krom nya yang kadang berbeda-beda ketebalannya. untuk kaki-kaki depan, banyak bengkel yang bisa menangani. Apabila kaki-kaki sehat dan mesin fit, mobil ini sangat nyaman dikendarai. Selain lincah, irit dan murah perawatannya. selamat berkendara keep safety
    • 0
    • 0
    • 1
  • Ferry Hendrawan
    15 Okt 2020, 13:08
    CAR OWNER - BADAK PAHE NEGERI SAKURA Suzuki Jimny SJ 410 ini dibekali dengan mesin F10A 1000cc yang banyak juga dipakai oleh varian Suzuki lainnya. Misal nya oleh Suzuki Carry 1000. Oleh karena itu suku cadang banyak melimpah dipasaran umum. Bengkel-bengkelpun rasanya tidak kesulitan untuk menangani mesin ini. dalam konsidi standar mobil ini memang terasa sekali gejala limbung dan guncangan keras di posisi penumpang belakang. hal ini bisa diatas dengan penggantian suspensi dengan yang lebih keras. Memang akan terasa lebih keras tetapi akan cenderung stabil di jalan aspal. untuk dipakai offroad tentunya dibutuhkan penggantian suspensi yang berspesifikasi hight duty. untuk pemakaian harian, dalam menambah kenyamanan saat ini tersedia aftermarket kaki-kaki suspensi independen untuk jimny. Pemasangannya yang mudah ( PnP ) menjadikannya sebagai alternatif pilihan. untuk solusi apabila menghendaki power yang lebih besar, swap engine Suzuki Futura atau Baleno bisa menjadi pilihan. Mesinnya yang 1500cc injection akan terasa powerfull pada jimny.
    • 0
    • 0
    • 1
  • Derry Sulaiman
    15 Okt 2020, 12:54
    CAR OWNER - SIKOMPAK NISSAN MARCH Untuk kekurangan pada mobil Nissan March pertama yang saya rasakan yaitu adalah fitur safety atau kesalamatan yang kurang lengkap. Perlu diketahui bahwa fitur safety yang ada pada mobil hatcback ini masih sangat standard tidak ada sesuatu yang lebih untuk diunggulkan. Kabin yang sederhana dan minimnya tempat penyimpanan interior juga pada mobil ini cukup banyak disayangkan, padahal jika melihat para kompetitornya memanjakan para penghuni soal tempat penyimpanan interior yang banyak. Kelemahan Mobil Nissan March yang selanjutnya yakni penggunaan material interior yang masih plastik, padahal jika melihat mobil nissan lainnya di hadirkan dengan balutan material interior yang berkualitas namun tidak mobil ini. Tentunya ada alasan yang membuat mobil ini menggunakan material plastik untuk membungkus interiornya, mungkin ini karena pengaruh Harga Nissan March yang dibandrol cukup terjangkau. Bahkan ada sebagian orang yang mengatakan bahwa posisi kemudi yang kurang nyaman juga termasuk kekurangan pada mobil ini. Well...mungkin karena mobil ini didesain untuk para pemula dan female driver. Dibagian kaki kakinya, kekurangan yang sering dikeluhkan oleh para pengguna mobil ini yaitu handling yang kurang mumpuni. Mungkin hal ini dikarenakan penggunaan suspensi belakang yang berjenis semi independent torsion ale beam. Dan kurang responsifnya performa pada mobil ini diputaran atas juga hal yang sering dibanyak dikeluhkan. Tapi itu sebenarnya adalah karakter atau cirikhas mesin 3 silinder yang memang sangat unggul pada torsi diputaran bawah. Pada saat melahap tanjakan dipastikan dibandingkan mesin 4 silinder dengan kubikasi sama, mesin 3 silinder lebih unggul.
    • 0
    • 0
    • 1
  • Oscar May
    6 Okt 2020, 00:42
    Car Owner Troubleshooting: Menyalakan dan mematikan adaptive cruise control di Toyota Corolla Hybrid Salah satu fitur yang paling canggih di Toyota Corolla Hybrid adalah adaptive cruise control. Fitur ini adalah salah satu fitur favorit saya, yang cara kerjanya sangat simpel. Jadi, di dalam logo Toyota Corolla Hybrid bagian depan, ada sebuah sensor radar yang bisa diaktifkan. Nantinya sensor radar ini akan memindai jalanan di depannya, untuk mencari mobil mana yang bisa dijadikan patokan kecepatan oleh cruise control. Kalau dia nemu mobil di depannya, kecepatan si Corolla akan mengikuti mobil depannya. Kalau mobilnya ngebut, kamu ikut ngebut. Kalau mobilnya ngerem, kamu ikut ngerem. Kaki kamu gak usah ngapa-ngapain, dan enak banget buat perjalanan jauh. Cara mengatifkannya ada 2 cara. Yang pertama bisa menggunakan tuas kontrol di balik kemudi mobil. Tuas ini cukup ditekan, lalu kamu bisa gas mobilnya sampai kecepatan yang kamu mau, lalu tekan tombol set. Atau bisa juga via submenu di MId, namun jujur via submenu agak berbahaya karena kamu harus melihat speedometer cukup lama sampai menemukan menu untuk menyalakan cruise control. Menu ini logonya bergambar mobil, dengan speedometer di sampingnya. Namun enaknya di menu ini, kamu juga bisa menyalakan lane departure assist sekaligus. Apa itu LDA? LDA adalah sebuah fitur yang membantu kamu menjaga setir mobilnya tetap lurus mengikuti marka jalan. Jujur saya kurang suka fitur ini, makannya saya matikan. Ini karena kadang fitur ini agak menyulitkan untuk menyalip, dengan memaksa kamu berjalan di jalur kamu. Tapi saya suka menyalakan Cruise control. Dan oh iya, Cruise Control hanya bisa dinyalakan pada kecepatan 30km/h keatas. Dibawah itu tidak bisa. Dan untuk mematikannya, cukup injak pedal rem, tar juga mati sendiri.
    • 0
    • 0
    • 1
  • Herdi
    5 Okt 2020, 23:04
    Car Owner Troubleshoot: Daihatsu Sigra 1.0L Baru berumur 2 tahun, Daihatsu Sigra yang saya miliki ini belum menimbulkan masalah yang serius dari berbagai aspek. Hanya saja bagi saya mobil ini sangat tidak nyaman jika digunakan berpergian keluar kota. Ketika mobil dipacu dikecepatan 60 km/h, mobil ini sudah menimbulkan suara gesekan ban dengan aspal yang mencoba merangsek ke dalam kabin. Jelas suara ini membuat tidak nyaman setiap orang yang berada di dalam kabin. Ketika hujan datang, mobil ini juga terdengar berisik dari bagian atap yang terkesan tipis dan minim peredam. Masalah yang paling tidak bisa dihindari dari mobil ini adalah getaran mesin. Ciri khas dari mesin 3-silinder menghasilkan getaran yang lebih hebat dibanding mesin 4-silinder.
    • 0
    • 0
    • 2
  • barnabas harjunanto
    5 Okt 2020, 22:27
    CAR OWNER - OBAT NYAMAN BANTINGAN KERAS ( PAKET TRD TOYOTA RUSH ) Sejak diluncurkan pertama kali pada 2006, Toyota Rush langsung mendapat respons positif konsumen. Sebagai LOW SUV TOYOTA, desain dan kinerja mobil ini telah membuktikan performanya sebagai SUV sebenarnya. Salah satu yang menjadi catatan evaluasi adalah suspensinya yang cenderung limbung. Maka kemudian toyota membuat paket suspensi TRD. Paket tersebut meliputi sokbreker dan per. Dengan paket tersebut, pabrikan asal Jepang ini memberikan harga khusus sebesar Rp 3,99 juta. Untuk biaya pemasangan, dikenakan banderol Rp 800 ribu per panel. Selain paket suspensi, paket TRD lain juga ditawarkan adalah spoiler bumper depan TRD, spoiler bumper belakang TRD dan roof spoiler belakang TRD untuk Toyota Rush yang dibanderol Rp 5an juta. Sementara paket velg TRD Toyota Rush dibanderol Rp 6 juta. Peningkatan pada sistem suspensi dengan teknologi yang menghadirkan TRD Suspension serta penggunaan velg TRD Alloy Wheel pada new grade TRD Sportivo Ultimo yang semakin menegaskan ketangguhan Rush sebagai LOW SUV sejati yang nyaman dan aman. Sebelumnya, varian TRD Sportivo lebih dulu hadir pada beberapa kendaraan Toyota. Toyota Rush merupakan model yang kelima yang disematkan varian TRD Sportivo setelah Toyota Vios, Yaris, Fortuner, dan 86. TRD Sportivo yang merupakan varian TRD di Indonesia selama ini juga dikenal telah memiliki reputasi akan sebuah kualitas sporty desain berstandar tinggi.
    • 0
    • 0
    • 0
  • eginamakoe
    5 Okt 2020, 16:49
    Car Owner Review: Kebayang Tanpa Suara-Suara Saat Berkendara Saya sebagai pengemudi solo yang bukan penyanyi Solo sangat terasa kalau berkendara sendirian tidak ada suara radio. Kenapa radio, karena ada perbincangan bukan sekedar suara musik. Satu waktu cukup jengkel karena daya tangkap radio yang kurang bagus dan ternyata dudukan sudah patah. Mungkin karena antena yang berada diatas dan resiko tersangkut pohon cukup besar. Apalagi antena fixed berbahan karet yang material karetnya mudah getas dan retak-retak akibat sering kena panas dan hujan dalam jangka waktu yang panjang. Secara mobil kita mah standar abis tanpa modifikasi apapun harus terima resiko apabila ada sesuatu ya harus ganti.
    • 0
    • 0
    • 0
  • Herdi
    4 Okt 2020, 23:22
    Car Owner Troubleshoot: Bunyi geluduk dan Over Head pada Honda Jazz Honda Jazz seri pertama atau GD, memang sudah tidak muda lagi. Mobil ini tercatat sudah memiliki umur di atas 10 tahun. Overall ketika bicara mesin, Honda Jazz GD jarang mengalami masalah. Dalam arti mobil ini tidak pernah mogok. Karena secara durabilitas, mesin yang digunakan bisa diandalkan. Hanya saja pernah sewaktu-waktu Over Head akibat relay Extra Fan tidak mampu berkerja secara maksimal. Hal tersebut diakibatkan relay yang sudah tidak berfungsi. Namun untungnya tidak sampai mengakibatkan mesin mati akibat Over Head tersebut. Permasalahan juga kerap kali datang di sektor kaki-kaki. Bushing arm mobil yang pernah saya miliki ini karetnya sudah getas. Sehingga ketika mobil melewati jalan yang berbatu, suara ‘geluduk’ kerap kali timbul tidak hanya sesekali atau dua kali. Mika Head Lamp Honda Jazz generasi pertama itu mudah menguning. Hal tersebut juga menimpa pada mobil saya. Dengan begitu, berkendara pada malam hari mengurangi visibilitas pandangan saya ke depan. Oiya, saat saya pertama kali mendapatkan mobil ini, modul EPS sudah tidak ada. Kehilangan modul EPS Ini kerap kali terjadi pada Honda Jazz generasi pertama. Selain mudah diambil, untuk menjualnya sangat mudah dan terbilang mahal. Kenapa modul EPS saya bisa hilang? Karena waktu itu saya mendapatkan mobil ini dari lelang.
    • 0
    • 0
    • 0
  • eginamakoe
    4 Okt 2020, 22:14
    Owner Review : Kebayang Pas Nanjak Setiap kendaraan memiliki kekurangan dan pada akhirnya menjadi catatan penting. Pas tanjakan, baru berasa banget disaat beban penuh. Baik penumpang maupun beban bawaan, mesin 1.4 SOHC dengan torsi 95 Nm memang membutuhkan kemampuan pengemudi untuk menaklukan tanjakan. Seperti kemarin saat kami jalan ke curug Ciampea, Tenjolaya, Bogor. Jalan terjal dan sempit menjadi pertimbangan, benar-benar kemampuan pengemudi. Terlepas dari kekurangan, berasa iritnya kalau dipake harian. Setiap harinya tidak lebih dari kisatam lima puluh ribu rupiah, lumayan untuk berkeliling Jakarta hingga tiga titik destinasi. Berbanding terbalik ketika menggunakan kendaraan umum.
    • 0
    • 0
    • 0
HOME
Join
TOP
Beranda
TOP
Brand
TOP
Forum