OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Mobil Sejenis
  • Video

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra
1/22
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Sigra
Angsuran mulai dari:2,19 Jt/Bln
Rp 120,65 Jt - 163,40 Jt
Get Offer
  • LCGC 100 - 200 Juta
  • 6Mobil Terlaris
  • 9Mobil Irit BBM (24 Km/L - 17 Km/L)
Otomatis/ Manual
Bensin
998 - 1197cc
7 seat
  • Kelebihan
  • lumayan lengkap
  • Kabin lapang
  • Konsumsi bahan bakar efisien
  • Sistem hiburan cukup baik
  • Kekurangan
  • Tidak dilengkapi double blower
  • Kualitas material biasa saja
  • Tidak tersedia adjustable head rest
Semua Model
  • 1.0 D MT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,19 Jt/Bln
    Harga: Rp 120,65 Jt
    Manual
    Bensin
    998cc
    7 seat
  • 1.0 M MT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,38 Jt/Bln
    Harga: Rp 131,05 Jt
    Manual
    Bensin
    998cc
    7 seat
  • 1.2 X MT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,55 Jt/Bln
    Harga: Rp 140,40 Jt
    Manual
    Bensin
    1197cc
    7 seat
  • 1.2 X DLX MT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,64 Jt/Bln
    Harga: Rp 145,90 Jt
    Manual
    Bensin
    1197cc
    7 seat
  • 1.2 R MT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,66 Jt/Bln
    Harga: Rp 146,80 Jt
    Manual
    Bensin
    1197cc
    7 seat
  • 1.2 R DLX MT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,73 Jt/Bln
    Harga: Rp 150,60 Jt
    Manual
    Bensin
    1197cc
    7 seat
  • 1.2 X AT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,78 Jt/Bln
    Harga: Rp 153,20 Jt
    Otomatis
    Bensin
    1197cc
    7 seat
  • 1.2 X DLX AT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,88 Jt/Bln
    Harga: Rp 158,70 Jt
    Otomatis
    Bensin
    1197cc
    7 seat
  • 1.2 R AT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,89 Jt/Bln
    Harga: Rp 159,60 Jt
    Otomatis
    Bensin
    1197cc
    7 seat
  • 1.2 R DLX AT
    Angsuran mulai dari: Rp 2,96 Jt/Bln
    Harga: Rp 163,40 Jt
    Otomatis
    Bensin
    1197cc
    7 seat
Review
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra, jadi pilihan baru mobil keluarga di Indonesia. Berbekal harga terjangkau, mesin efisien dan varian yang beragam. Jadi alasan banyak masyarakat memilih Sigra sebagai mobil andalan keluarga.

Terlebih Daihatsu Sigra Facelift kini punya tampilan yang lebih segar, banderolnya pun masih terjangkau, mulai dari Rp 119 jutaan untuk varian 1.0 D MT. Keunggulannya punya konsumsi bahan yang begitu efisien.

Jika konsumen ingin mendapatkan performa lebih, serta fitur yang lebih lengkap mungkin bisa memilih varian 1.2 R DLX AT yang merupakan varian termahal Sigra, yang ditawarkan dengan banderol Rp 162 jutaan.

Sedikit menyegarkan ingatan Anda, Daihatsu Sigra pertama kali dirilis pada tahun 2016. Lalu sempat mendapatkan penyegaran di akhir tahun 2019 lalu.

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) Karawang, Jawa Barat. Bedanya MPV LCGC andalan Daihatsu itu ditawarkan dengan banderol cenderung lebih terjangkau dibanding saudara kembarnya, Toyota Calya.

Pun begitu, varian yang ditawarkan untuk Sigra jauh lebih beragam. Setidaknya dengan varian yang lebih lengkap, konsumen bisa mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan dan juga bujet yang dipunya.

Saat ini, Daihatsu Sigra dijajakan dalam dua pilihan mesin, yakni 1KR-VE 1.0L 3-silinder DOHC dan juga 3NR-VE 1.2L 4-silinder DOHC Dual VVT-i.

Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra


Sejarah Singkat Daihatsu Sigra

Perjalanan Daihatsu Sigra di Indonesia berawal dari ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Kehadiran Daihatsu Sigra diklaim pabrikan sebagai alternatif bagi konsumen yang mendambakan mobil keluarga, selain Xenia.

Harga jauh lebih terjangkau, dan juga memiliki daya tampung hingga 7-penumpang, jadi daya Tarik Sigra bagi konsumen di Indonesia. Dalam waktu singkat MPV LCGC itu jadi ‘tulang punggung’ penjualan Daihatsu di Tanah Air.

Masyarakat di Indonesia dihadapkan dengan dua pilihan mesin Daihatsu Sigra, yaitu 1.0L dan 1.2L. Kedua mesin itu terbelah menjadi enam varian, 1.0 D, 1.0 M, 1.2 X, 1.2 X Deluxe, 1.2 R dan 1.2 R Deluxe.

Khusus untuk varian 1.2 liter tersedia dalam pilihan transmisi otomatis. Pada mesin 1.0 liter hanya memiliki pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Seiring dengan tingginya animo masyarakat pada Daihatsu Sigra, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penyegaran pada Sigra pada September 2019 lalu. Tampilan Sigra terbaru kini jauh lebih modern.

Penggunaan bumper dengan desain baru, garnish plat belakang yang dirancang lebih panjang, dan telah dilengkapi lampu LED setidaknya mampu membuat tampilan jadi lebih menarik.

Selain itu, kabin pun punya tambahan tempat penyimpanan yang berada di bawah persneling gigi. Menariknya saat ini Sigra facelift sudah pakai kaca spion elektrik pada varian menengah ke atas.

Eksterior Daihatsu Sigra

Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, model pre-facelift Daihatsu Sigra punya desain yang lebih baik. Mengingat sentuhan kosmetik setidaknya membuat tampilannya jadi lebih berkesan.

Bagian depan kini terlihat mengusung gril berbentuk trapezium yang diberi sentuhan finishing hitam, fofg lamp juga disematkan panel black gross berdesian vertical asimetris.

Terlihat bagian depan dilengkapi aksen garnish krom yang dihiasi dengan emblem logo yang berada di upper gril, serta sudah didukung dengan lampu LED dengan desain menyipit, yang menyiratkan desainnya yang modern.

Buritan tak mengalami sentuhan yang berarti, hanya saja pabrikan memberikan sentuhan baru pada bagian pelek. Khusunya pada varian teratas 1.2 R Deluxe AT yang sudah dibekali pelek baru berukuran 14 inci dengan desain dwi warna.

Tak hanya itu saja, terlihat bagian samping dilengkapi mudflap dan side body moulding sewarna body. Ada juga sentuhan krom di bagian atap yang memanjang di beltline, dengan pilar B dan C dibalut finishing blackout.

Di varian X, kaca spion sudah dibekali dengan turn lamp, yang bisa diatur secara elektrik dan retractable. Pada bagian belakang, sentuhan paling terasa terletak di back door garnish yang dilengkapi aksen krom.

Lampu belakang diberi sentuhan smoke lamp & lens garnish yang setidaknya mendongrak tampilan terasa mewah. Dalam menunjang tampilan terasa sportif, muffler ditambahkan muffler cutter, serta ada juga spoiler belakang dan sudah tersedia auto rear wiper untuk varian termahal.

Interior Daihatsu Sigra

Menyoal sisi interior, sejatinya tidak banyak sentuhan baru pada Daihatsu Sigra facelift. Karena sebagian besar desainnya masih dipertahankan, layaknya model sebelumnya.

Dasbor, lingkar kemudi terlihat masih sama saja. Namun terlihat pabrikan hanya memainkan sentuhan warna saja, yang kini mengusung kelir dual tone, dark & light grey.

Pun begitu, untuk urusan peranti hiburan sejatinya sudah cukup mumpuni untuk sekelas mobil murah. Pada varian R dan R Deluxe juga sudah disematkan head unit layar sentuh yang terintegrasi dengan Bluetooth, Radio, dan USB.

Kenop pengaturan AC terlihat lebih segar, dan menarik. Tak lupa dasbor juga sudah dibekali dengan slot penyimpanan smartphone yang berada di bawah kenop AC, dan shift lever denagn iluminasi teranyar.

Jok dirancang masih serupa dengan model lawasnya, yang membedakan hanya material jok yang kini mengusung kelir grey. Khusus di varian R dan R Deluxe, jok baris kedua dan ketiga dilengkapi dengan headrest adjustable. Buat penumpang yang ingin menuju baris ketiga, masih menggunakan model one-touch tumble.

Sangat disayangkan, Daihatsu Sigra facelift belum dilengkapi dengan AC double blower. Hingga kini Daihatsu Indonesia masih mempertahankan sistem pendingin rear air circulation.

Fitur Daihatsu Sigra

Mobil keluarga 7-penumpang satu ini punya fitur yang sudah cukup baik. Terlebih harganya memang sangat terjangkau, jadi jangan harga punya fitur yang ‘wah’.

Namun, Daihatsu Sigra sudah menggunakan basis Total Advance Function. Jadi rangka bodi Sigra sejatinya sudah cukup kuat untuk menahan tumbukan dari depan dan samping (side impact beam).

Tidak hanya itu saja, fitur keamanan pasif sudah tersedia, seperti dual airbag pada tipe X ke atas, lalu Front Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter (mulai dari tipe X).

Sistem pengeremannya pun sudah dibekali dengan anti-lock braking system (ABS) dan juga electronic brake distribution (EBD), yang tersedia pada varian bertransmisi otomatis.

Mulai dari varian M, Sigra facelift juga sudah dibekali dengan parkir sensor belakang, dan juga kamera parkir di varian R dan R Deluxe dan sensor samping di varian R Deluxe. Guna menunjang keamanan mobil ini dibekali dengan fitur immobilizer yang tersedia mulai dari varian M.

Mesin Daihatsu Sigra

Mesin Daihatsu Sigra

Ada dua pilihan mesin yang bisa dipilih konsumen, yakni mesin 1KR-VE berkapasitas 1.000 cc 3-silinder untuk varian D dan M, dan mesin 1.2L berkode 3NR-VE berkubikasi 1.200 cc untuk varian X dan R.

Mesin 1.0L mampu menyemburkan tenaga sebesar 66 daya kuda dengan torsi puncak 89 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Sementara mesin 1.2L menyemburkan tenaga sebesar 87 Hp dengan torsi sebesar 108 Nm. Varian mesin 1.200 cc disalurkan melalui transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Performa Daihatsu Sigra

Terkait performa mesin, sejatinya terbilang biasa saja. Namun sudah cukup mumpuni mengakomodir mobilitas perkotaan.

Akselerasi dari diam ke 100 kpj bisa menembus 12,8 detik untuk varian mesin 1.2L. Masih cukup baik untuk sekelas mobil berkapasitas 1.200cc.

Karakteristik mesin dirasa masih cukup responsif, meskipun biasanya membutuhkan jeda karena putaran bawah yang cenderung ‘lemot’. Maklum, mobil ini mengincar bahan bakar yang efisien.

Menyoal handling, Daihatsu Sigra sudah cukup baik. Berkat suspense depan macpherson strut dan independent torsion axle beam di belakang. Penyakit pada Sigra model lawas yang dikenal amblas pun kini diminimalisir, berkat ubahan per yang dilakukan pabrikan.

Alhasil suspensi Daihatsu Sigra facelift kini cenderung lebih rigid, dan gejala mantul-mantul karena terlalu empuk pun semakin minim dirasakan.

Sigra jadi salah satu MPV dengan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien. Pihak pabrikan bahkan mengklaim konsumsi bahan bakar Daihatsu Sigra menembus 20 km/liter.

Menurut hasil pengujian Otoloka pada Daihatsu Sigra R dengan transmisi manual, konsumsi bahan bakarnya menembus 18 kpl. Namun kembali lagi, urusan konsumsi BBM tergantung kepada gaya berkendara dan kondisi jalan yang dilalui.

Secara garis besar, Daihatsu Sigra setidaknya bisa menjadi pilihan masyarakat yang mendambakan sebuah mobil keluarga dengan harga terjangkau dan efisien.

Apabila Anda tertarik memiliki mobil ini, sebaiknya memilih varian X ke atas. Karena performa dan fitur yang tersedia tentunya lebih baik, dan mungkin bisa memenuhi ekspektasi kalian yang ingin mendapatkan mobil keluarga yang nyaman.

Artikel Terkait
FAQ
  • Daihatsu Sigra M tersedia dalam transmisi matik?
    Saat ini varian X ke atas yang punya transmisi matik
  • Lebih baik Calya E atau Sigra R?
    Secara fitur bisa memilih Sigra R
  • Bangku baris ketiga Sigra lega?
    2 orang dengan tinggi dibawah 170cm masih cenderung mumpuni

Komentar Pengguna

Daihatsu Sigra
4.2
5 Ulasan Total
5
20%
4
80%
3
0%
2
0%
1
0%
Toni Ismail
Toni Ismail
Puas
Sejak awal diluncurkan saya kepincut dengan desain Sigra yang modern dan punya banyak fitur pendukung. Apalagi harga yang lebih terjangkau membuat saya membeli mobil ini. Hingga saat ini mobil ini masih dapat memenuhi kebutuhan mobilitas saya sehari-hari
(35)
(7)
Karyono Budiman
Karyono Budiman
Puas
Performa Sigra tidak terlalu istimewa, tapi masih dalam tahap wajar karena LCGC. Jadi perlu skill lebih untuk bisa membawa Sigra melintasi medan-medan menanjak dan masih agak limbung ketika digunakan di jalan pegunungan yang berkelok-kelok. Meski beberapa kekurangan tersebut, saya masih nyaman menggunakan mobil ini karena perawatannya sangat mudah
(44)
(9)
Guntur Ferdinan
Guntur Ferdinan
Sangat Puas
LCGC 7 penumpang yang sesuai dengan kebutuhan keluarga kami. Harga terjangkau, irit BBM dan muat banyak penumpang. Selain itu sangat ergonomis yang membuat kami juga bisa membawa banyak barang bawaan
(43)
(1)
Wendy Jailani
Wendy Jailani
Puas
Ketika diisi penuh, terkesan agak ambles tapi lebih tidak limbung. Meterial yang digunakan juga masih dalam tahap wajar karena ini kan LCGC. Secara keseluruhan masih sesuai dengan kebutuhan saya
(50)
(8)
Luki Lukman
Luki Lukman
Puas
Karena saya memiliki dana yang pas-pasan, Sigra menjadi mobil pertama yang berhasil saya beli. Harganya yang terjangkau menjadi poin utama saya membeli mobil ini dan ternyata mobil ini lebih nyaman dari perkiraan saya. Jadi saya tidak menyesal membeli Sigra
(40)
(9)
Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Kendaraan Terbaru
  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya