Datsun Cross

Datsun Cross

  • OVERVIEW
  • Harga
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
Datsun Cross
1/44
Rp 161,49 Jt - 173,99 Jt
Harga Datsun Cross baru 2022 di Indonesia
1 Ulasan Total
Spesifikasi Datsun Cross
Jenis MobilCITY CAR
Jenis TransmisiOtomatis/ Manual
Bahan BakarBensin
Mesin1198cc
  • Kelebihan Datsun Cross
  • Tampilan SUV yang stylis
  • Ground Clearance Tinggi
  • Dengan lampu projector membuat mobil ini lebih modern
  • Aksesoris SUV yang proporsional dan bikin gagah
  • Desain velg bagus
  • Kekurangan Datsun Cross
  • Kapasitas mesin kurang besar
  • Kapasitas bagasi sempit
  • Harga jual bekas turun
  • Desain dan material interior biasa saja

Harga Datsun Cross terbaru

  • Tersedia
  • Variant
  • Transmission
  • Fuel
  • Mesin
  • Tempat Duduk
  • 2020 | 1198cc |
    • Datsun Cross 5MT
      Harga:Rp 161,49 Jt
      Harga menyusul: 2,93 Jt/Bln
      Manual
      Bensin
      1198cc
      7 seat
      Datsun Cross 5MT
    • Datsun Cross CVT
      Harga:Rp 173,99 Jt
      Harga menyusul: 3,15 Jt/Bln
      Otomatis
      Bensin
      1198cc
      7 seat
      Datsun Cross CVT

Review Datsun Cross

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan
Overview

Review Mobil Datsun Cross

Nama Datsun Cross perlahan tenggelam seiring dengan punahnya merek Datsun di Indonesia. 

Sebenarnya sosok Datsun Cross ini cukup unik, karena merupakan versi crossover dari Datsun Go+LCGC. Agar tidak penasaran, kali ini kita akan membahas sosok Datsun Cross dalam ulasan singkatnya.

Datsun Cross merupakan produk yang dikembangkan oleh Datsun Go+. Mobil ini dirilis oleh Datsun Indonesia yang awalnya diproduksi di pabrik Nissan-Datsun di Purwakarta, Jawa Barat. Kehadiran Mobil Datsun Cross ini untuk mengisi gap antara LCGC dan city car untuk konsumen yang ingin tampil beda. 

Pasalnya, konsep yang diusungnya merupakan kendaraan serba guna untuk aktivitas perkotaan. Dari segi harga, perbedaannya tidak jauh dari kelas LCGC.

Mobil ini dibangun di atas platform Datsun Go+ Panca, namun bukan berarti kualitasnya setara. Bisa dibilang, Cross merupakan penyempurnaan dari MPV di kelas LCGC. 

Datsun Cross varian manual dengan lima kecepatan seharga Rp. 161,5 juta. Sedangkan untuk versi matic dijual dengan harga Rp. 174 juta. Karena didasarkan pada Datsun Go+, ada banyak kesamaan teknis dengan versi LCGC dari saudaranya.

Harga Datsun Cross

Estimasi harga Datsun Cross dinilai mahal pada saat peluncuran perdananya, karena berkisar Rp. 163 juta (MT) dan Rp. 175 juta (CVT). Estimasinya juga salah, harga Datsun Cross turun dan resmi disebut-sebut pada tiga semester pertama 2018 kemarin dengan banderol Rp. 161,49 juta (MT) dan Rp. 173,99 juta (CVT). Harganya dilaporkan lebih rendah dari yang diperkirakan banyak orang.

Meski sulit dikatakan sebagai apple-to-apple perbandingan, harga Datsun Cross nyatanya lebih mahal dari Suzuki Ignis. Patokan harga Suzuki Ignis sendiri dipilih karena dianggap sebagai crossover kompak yang terjangkau dengan fitur lengkap di pasar Indonesia.

Eksterior

Review Eksterior Datsun Cross

Ulasan singkat tentang Datsun Cross ini tidak lengkap tanpa membahas desainnya yang cukup berbeda. Datsun mendesain Cross untuk berbagai kondisi berkendara di jalan perkotaan dan regional di Indonesia. 

Datsun Cross memiliki ground clearance 200 mm. Terdapat body cladding yang kokoh dan terdapat under body skid plate yang membuat mobil ini cukup oke untuk jalan pedesaan.

Sistem pencahayaannya didukung oleh proyektor dengan kombinasi LED Signature. Teknologi sistem lampu otomatis secara otomatis menyalakan lampu di waktu gelap. Pencahayaan lebih optimal dengan fog lamp berukuran besar.

Tujuannya untuk memaksimalkan jarak pandang saat hujan atau berkabut. Pada bagian kaki-kaki tampil kokoh dengan velg berukuran 15 inci dan under protector. Sisi kenyamanan berkendara juga meningkat dengan karakter suspensi baru yang lebih stabil di kecepatan tinggi.


Interior

Review Interior Datsun Cross

Datsun Cross memiliki kabin yang lebih kaya fitur dan tidak terdengar murahan dibandingkan dua model pionirnya di Indonesia. Desainer Datsun menambahkan aksen silver pada bezel untuk memperkuat kesan sporty dengan warna utama hitam.

Duduk di ruang kemudi, Anda akan disuguhkan dengan panel instrumen minimalis yang berisi speedometer, tachometer, dan multi-information display. Pada konsol tengah terdapat layar monitor berukuran 6,75 inci yang dilengkapi dengan koneksi Bluetooth, USB, AUX dan smartphone.

Selanjutnya, penempatan jok dibuat lebih tinggi 10 mm agar posisi berkendara lebih leluasa dan pandangan lebih luas. Sisi kedap suara juga mendapat perhatian karena kini lebih senyap. Seperti diketahui, kabin Datsun Go dan Go+ Panca masih kurang senyap. Seringkali suara gemuruh roda berputar di aspal masih bisa terdengar dengan jelas. Datsun Cross dirancang untuk meminimalkan kebisingan, getaran, dan kekerasan.

Saat melakukan review terhadap Datsun Cross di awal peluncuran, patut kita acungi jempol soal peredaman kabin ini karena cukup senyap dari bawah. Namun, desain rangkanya terasa kurang kaku karena goncangan aspal bisa dirasakan di sudut-sudut bodi. Pada kondisi jalan bergelombang, gejala 'glodak' terasa hingga ke dalam kabin.

Fitur

Fitur Keselamatan Datsun Cross

Dalam mendukung performa dan kemampuan manuver yang lebih baik, keunggulan lain dari Datsun Cross adalah fitur Vehicle Dynamic Control (VDC). Fitur ini juga bekerja dengan cukup baik. Memasuki sesi test drive putaran kedua, kemampuan Vehicle Dynamic Control (VDC) di titik Stabilitas Basah yang terdiri dari lintasan bundar dan S-Shape bersudut kecil patut diapresiasi.

Pada sesi ini, kecepatan maksimum yang disarankan hanya 40 km/jam di trek S-Shape kecil. Dengan kondisi tersebut, Cross melaju dengan mulus dan nyaman. Bantingan suspensi terasa empuk dengan rebound yang lambat.

Diajak berkendara agresif, performa mesin Datsun Cross 1.2 liter dinilai responsif. Selama proses deselerasi, hampir tidak ada hentakan alias smooth dan bisa dibilang cukup singkat. Sistem transmisi dapat dengan cepat mengatur putaran mesin dan kecepatan mobil. Dibantu pengereman mumpuni dari teknologi VDC, keunggulan Datsun Cross sangat terasa saat diajak berkendara, yakni mobil bisa berhenti dengan mulus.

Banyaknya keunggulan tersebut tentu berbanding terbalik dengan performa yang dihasilkan oleh Datsun Go+ Panca. Kemampuan daya peredam suara LCGC bisa dikatakan sangat buruk.

Keunggulan Datsun Cross adalah memiliki tingkat redaman suara yang baik. Suara gemuruh ban menembus beton hanya bisa terdengar sedikit dari jendela dan pintu. Dengan kemampuan redamannya, Datsun Cross cukup nyaman dan layak sebagai kendaraan penunjang mobilitas sehari-hari.

Inilah salah satu nilai jual utama crossover kompak 7-seater dari Datsun Indonesia. Datsun Cross memiliki fitur keselamatan aktif yang cukup lengkap dibandingkan dengan versi LCGC. Vehicle Dynamic Control (VDC) tersedia di semua varian.

Fitur yang disertakan dalam VDC antara lain ABS, EBD, kontrol traksi, hingga limited slip differential rem. Adanya VDC mencegah terjadinya understeer dan oversteer agar mobil tetap dalam pengendalian yang optimal. VDC ini juga membuat mobil tidak terasa terbuang saat diajak bermanuver.

Fitur ini juga memungkinkan handling Datsun Cross tetap stabil dan aman di jalan licin. Fitur keselamatan di kabin adalah airbag depan ganda dan lampu peringatan sabuk pengaman. Menurut kami, Datsun Cross layak menjadi mobil murah untuk keluarga.

Transmisi Xtronic CVT, Suguhi Performa Berkendara Halus dan Efisien

Datsun Cross didukung dengan berbagai teknologi terbaru dari Nissan. Salah satu fitur unggulan dari low crossover ini adalah Xtronic CVT yang bekerja secara step-less sehingga perpindahan gigi berjalan mulus dan tidak terasa lag. 

Xtronic CVT menggunakan coverage ratio 7.3:1 yang merupakan pengembangan transmisi otomatis terbaik dari grup Nissan. Ini pertama kalinya Datsun Cross menggunakan CVT dengan sub planetary gear.

Rasio gigi yang lebar berguna saat berkendara di kondisi jalan raya seperti di Indonesia. Rasio ini mampu bekerja pada putaran mesin paling efisien. 

Xtronic CVT memberikan tiga keunggulan utama bagi penggunanya, yakni kelancaran berkendara, efisiensi bahan bakar, dan akselerasi responsif. Ketiga poin ini jelas sangat diperlukan untuk sebuah mobil perkotaan.

Mesin & Performa

Spesifikasi Mesin Datsun Cross

Spesifikasi mesin yang diusung Datsun Cross sama dengan Go+ Panca, yakni mesin HR12DE 1.198cc, 3-silinder DOHC inline. Berkat engine ini, performa Cross tidak jauh berbeda, bahkan cenderung sama dengan GO+ Panca. Datsun Cross diklaim mampu menghasilkan output tenaga maksimal 67 hp (M/T) dan 77 hp (CVT), serta torsi maksimal 104 Nm.

Konfigurasi mesin tersebut dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan CVT. Bagi Datsun, Cross mungkin menjadi model produk pertama mereka yang mengadopsi transmisi otomatis. CVT yang menjadi keunggulan Datsun Cross juga diklaim pabrikan memiliki keunggulan minim getaran dan lebih hemat bahan bakar.

Dalam sesi test drive yang dilakukan wartawan Carmudi.co.id, keunggulan lain dari Datsun Cross muncul, yakni tidak terasa goyang dan bantingan suspensi mampu meredam dengan cukup baik. Saat mobil diminta untuk bermanuver melalui pola S-Shape High Speed Cornering dengan kisaran kecepatan 80-100 km/jam, suspensi berayun cukup lembut dan tidak terasa "boros".

Namun saat mobil menikung di titik Menikung Kecepatan Sedang dengan kecepatan 60 km/jam sesuai batas maksimal yang direkomendasikan instruktur dari Datsun, suspensi mobil terbanting sedikit keras.

Konsumsi BBM

Konsumsi BBM

Belum ada data.

Kesimpulan

Kesimpulan

Merujuk pada data penjualan keseluruhan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menunjukkan distribusi Datsun Cross mengalami penurunan hingga kuartal II 2018 kemarin. Penurunan tersebut dikatakan sangat drastis, dan cukup aneh mengingat angka penjualan akan meningkat untuk model baru tersebut.

Sebuah mobil yang baru diluncurkan akan dianggap wajar jika angka penjualan partai besar tinggi. Hal ini agar stok di diler tetap ada sehingga konsumen yang sudah memesan mobil terlebih dahulu dapat menerima unit dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

Sejak diperkenalkan pada Januari lalu, Datsun Cross baru didistribusikan ke diler pada Maret 2018. Pengapalan pertama untuk dua varian yakni Cross 1.2 MT dan Cross 1.2 CVT sangat tinggi yakni 2.223 unit. Kemudian pada bulan berikutnya terjun bebas ke angka yang sangat menyedihkan.

Total unit Datsun Cross yang didistribusikan pada Maret 2018 hanya 13 unit untuk varian Cross 1.2 MT, sedangkan varian Cross 1.2 CVT perusahaan tidak mengirimkan satu unit pun ke dealer. Memasuki Mei 2018, pengiriman juga tidak mengalami peningkatan. Varian Cross 1.2 MT didistribusikan sebanyak 5 unit, sedangkan Cross 1.2 CVT hanya 2 unit.

Demikian ulasan tentang Review: Fitur, Spesifikasi Dan Keunggulan Datsun Cross semoga bermanfaat

Gambar Datsun Cross

  • Eksterior
  • Interior
  • Semua
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross
Datsun Cross

Berita Datsun Cross

FAQ Datsun Cross

  • 1. Berapa harga mobil Datsun Cross?
    Datsun Cross dijual di Indonesia dengan Rp 161,49 juta hingga Rp 173,99 juta
  • 2. Berapa cc kapasistas mobil Datsun Cross?
    Datsun Cross dibekali mesin bensin 1198cc 3-silinder, tenaganya mencapai 77 hp dan torsi 104 Nm.
  • 3. Apa saja varian/tipe Datsun Cross?
    Datsun Cross tersedia dalam 2 varian yaitu Cross 5MT dan CVT.

Review Pengguna Datsun Cross

Datsun Cross
5
1Ulasan Total
  • 5
    100%
  • 4
    0%
  • 3
    0%
  • 2
    0%
  • 1
    0%
  • Nicholas W
    Nicholas W
    Sangat Puas
    Transmisi CVT. Fitur Keselamatan Lengkap. Audio Canggih. Bagasi Sempit. Bukan buat 7 penumpang. Tidak Ada Pengaturan Posisi Setir.
    • (26)
    • (3)
    2 Jan 2020, 11:50
Posting Ulasan Anda:
Skor:

Video Datsun Cross

Hot Brand

Rating Datsun Cross

Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKapasitasHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi707060755050

Rekomendasi Terkait

  • Datsun GO
    Datsun GO
    Datsun GO
    Harga Total:Rp 112,09 Jt - 160,49 Jt
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
    Toyota Agya
    Harga Total:Rp 144,90 Jt - 170,39 Jt
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Harga Total:Rp 156,00 Jt - 236,00 Jt
  • Renault KWID
    Renault KWID
    Renault KWID
    Harga Total:Rp 173,90 Jt - 183,90 Jt
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
    Harga Total:Rp 106,70 Jt - 164,45 Jt

Berita Terpopuler

OTOLOKA Toolkit

Simulasi KreditSimulasi Asuransi
*Tipe mobil
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan(Tahun)
Silahkan pilih masa cicilan
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Hitung
Reset

Orang Lain Juga Melihat

Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!