OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

DFSK Gelora

DFSK Gelora
1/13
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
  • DFSK Gelora
Angsuran mulai dari:3,06 Jt/Bln
Rp 169,00 Jt - 185,00 Jt
Get Offer
  • 4Mobil Terbaru
VAN
Segera menyusul
Segera menyusul
0cc
0 seat
  • Kelebihan
  • Harga lebih terjangkau dibandingkan para kompetitornya.
  • Ruang kabin luas
  • Wheelbase terpanjang di kelasnya, sehingga mampu menghadirkan kestabilan berkendara yang lebih baik.
  • Torsi tergolong besar.
  • Kekurangan
  • Minim fitur
  • Jaringan servis dan ketersediaan sparepart masih sedikit.
  • Desain kaku sekalipun untuk kendaraan niaga.
  • Sistem keselamatan dan keamanan standar
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraHarga & PerawatanKapasitasKonsumsi BBMPerforma Mengemudi757560806560

Ranking Mobil Sejenis(DFSK Gelora Peringkat3)

  • Hyundai H1
    80
    Performa Mengemudi 1
    Hyundai H1Angsuran Mulai Dari: Rp 126,63 Jt
  • Toyota Hiace
    74.2
    Harga & Perawatan 1
    Toyota HiaceAngsuran Mulai Dari: Rp 110,04 Jt
  • DFSK Gelora
    69.2
    Konsumsi BBM 1
    DFSK GeloraAngsuran Mulai Dari: Rp 42,25 Jt
  • Suzuki APV Arena
    469.2
    Suzuki APV ArenaAngsuran Mulai Dari: Rp 40,88 Jt
  • Daihatsu Gran Max MB
    563.3
    Daihatsu Gran Max MBAngsuran Mulai Dari: Rp 43,08 Jt
Review
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Serius berkiprah di industri otomotif Indonesia, DFSK tak hanya ingin bermain di segmen kendaraan berpenumpang saja tapi juga menyentuh segmen komersial ringan. Hal ini ditunjukkan dengan DFSK menghadirkan Gelora bertepatan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 silam. 

DFSK Gelora pun kemudian menjadi pelengkap model mobil pabrikan lainnya yang sudah lebih dulu muncul seperti Glory 580 dan Glory 560. Menariknya lagi, Gelora pun menjadi kendaraan komersial kedua setelah Super Cab yang hadir pada 2017 silam.

Gelora mengisi segmen kendaraan komersial ringan berjenis blind van. Ya, seperti yang kita tahu, segmen ini didominasi oleh Daihatsu Gran Max. Memang sepertinya agak sulit untuk mendobrak hegemoni van asal Jepang tersebut, namun DFSK terkesan tak gentar.

Hal tersebut terbukti dari keberanian pabrikan untuk menyodorkan dua jenis mesin pada Gelora; mesin bensin dan full electric (mobil listrik) dengan nama Gelora E.

Hanya saja, hingga kini Gelora E masih belum resmi dijual, baru sekadar dipamerkan saja. Menarik untuk kita simak, berikut ini ulasan lengkap mengenai spesifikasi eksterior, interior, mesin, fitur hingga konsumsi BBM DFSK Gelora.

DFSK memang kini dikenal sebagai salah satu pabrikan yang berani menawarkan produknya dengan harga terjangkau sejak menjual Glory 580 dan Glory 560. 

Dengan banderol harga Rp 169 juta hingga Rp 185 juta, DFSK berharap Gelora mampu menggoyahkan dominasi dari pesaing terdekatnya. DFSK menjamin kualitas produk lebih lama yakni hingga mencapai 7 tahun atau 150 ribu kilometer.

Tentunya, garansi tersebut bisa memberikan rasa nyaman dan percaya diri bagi konsumen selama perjalanan.

Garansi yang ditawarkan meliputi kerusakan komponen mesin, transmisi, sasis, sampai kelistrikan akibat kesalahan komponen atau cacat produksi dari pabrik.

Spesifikasi Mesin DFSK Gelora

 Mesin    DFSK Gelora 
 Isi silinder (cc) 1.498 cc
 Tipe drive Penggerak roda belakang (RWD)
 Konfigurasi mesin DK15-06, DOHC, Dual VVT
 Kapasitas Tangki Bahan Bakar 55 liter
Jenis bahan bakar
 Bensin
 Jumlah silinder 4
 Konfigurasi Transmisi Manual 5-speed
Di atas kertas, DFSK Gelora memiliki ukuran dimensi sebagai berikut:
Dimensi        DFSK Gelora          
 Tinggi 1.960 mm
 Panjang 4.500 mm
 Jarak sumbu roda 3.050 mm
 Lebar 1.680 mm

Layaknya sebuah kendaraan komersial, desain luar tak jadi pokok keunggulan yang ditonjolkan pihak produsen. Begitu juga yang terjadi pada DFSK Gelora ini.

Mengusung jenis kendaraan van, bentuk keseluruhan Gelora betul-betul kotak. Secara dimensi, mobil ini pun punya catatan menarik yakni cukup panjang jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Daihatsu Gran Max dan Suzuki APV.

Sebut saja untuk di bagian muka terdapat gril seperti filter dengan aksen silver. Selain itu, bentuk lampu utama bak berlian juga cukup menyita perhatian.Impresi awal mengenai desain eksterior DFSK Gelora cukup unik. Hal ini didapat dari dimensi mobil yang besar dan beberapa detail yang tidak biasa.

Hanya saja, seluruh pendukung pencahayaan seperti lampu utama, foglamp, hingga sein masih menggunakan jenis lampu halogen.

Di bawah hadir lampu kabut serta bumper sewarna badan. Uniknya, DFSK menawarkan gril dengan bentuk perisai.

Gril ini disebutkan untuk berfungsi sebagai perlindungan saat terjadi benturan. Keunggulan dari DFSK Gelora ini dibandingkan pesaingnya adalah mampu memberikan pengaman berupa crumple zone pada bagian depan.

Crumple zone sendiri nantinya berfungsi untuk meredam benturan ketika terjadi kecelakaan. Tidak banyak variasi, tampilan muka DFSK Gelora cukup sederhana namun berkarakter.

Di bagian samping bodi, DFSK Gelora masih tampak boxy dan panjang karena di atas kertas, wheelbase yang dimilikinya mencapai 3 meter! 

Ukuran tersebut sangat panjang dan mengungguli mobil lain sekelasnya. Dengan wheelbase panjang tersebut disinyalir performa mobil pun menjadi lebih stabil dan memberikan ruang lebih lega di dalam kabin.

Dari bagian samping ini pula kita bisa tahu bahwa mobil ini berkonfigurasi pintu geser dengan posisi handle vertikal semuanya.

Meskipun terbilang polos, pada bagian jendela tetap diberi aksen hitam. Kesan simpel pun berlanjut ke bagian belakang mobil ini. 

Sesuai harga yang ditawarkan dan segmen kendaraan niaga ringan, interior DFSK Gelora memang seadanya. Bisa dibilang tidak ada yang menonjol di sini.

Selain itu, penggunaan material plastik keras di kabin mencirikan bahwa mobil ini diproduksi dengan sangat memperhitungkan biaya produksi seminim mungkin agar harga jualnya pun terjangkau masyarakat tanpa mengenyampingkan kenyamanan tentunya.

Kita mulai dari dasbor. Dasbor DFSK Gelora bisa dinilai tak ada yang spesial. Pada instrumen klasternya pun hanya menampilkan spidometer analog, rpm, dan odometer saja.

Di lingkar kemudinya pun tidak ada tombol-tombol pengaturan apapun. Semuanya polos.

Namun dari setir ini ada satu yang patut diapresiasi, yakni penggunaan lingkar kemudi three spoke sehingga menimbulkan kesan tangguh dan nyaman kala manuvering.

Menuju head unitnya, Gelora dibekali single DIN yang disematkan fitur pemutar radio dan musik dari SD card saja untuk menunjang hiburan pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

Masih di konsol tengah ini, di bawahnya hadir AC dengan knob putar.

Lanjut ke konfigurasi jok, DFSK Gelora dibekali material standar berbahan fabric di setiap joknya. 

Adapun jumlah jok Gelora secara keseluruhan mampu membawa 11 penumpang sekaligus. Ini bisa dibilang menjadi yang terbanyak di kelasnya.

Jok bagian depan, karena mesin Gelora berada tepat di bawah jok kemungkinan untuk perjalanan jauh jok bisa panas. Tapi jok ini masih terhitung empuk.

Pada ruang kaki pengemudi luas, namun ada sedikit gundukan ban depan di kaki kanan kala menginjak gas. Tapi ini masih bisa ditolerir, kok.

Posisi duduk pengemudi pun tinggi sehingga memberikan pandangan yang luas ke depan. Headroom-nya pun tergolong sangat luas.

Adapun pengaturan joknya hanya bisa diatur manual slide dan reclining.

Ke baris kedua, material jok yang digunakan masih sama dengan yang di depannya. Hanya saja tidak bisa diatur maju-mundur, hanya bisa reclining saja hingga rebah.

Selain itu, jok paling kanan tidak dilengkapi headrest karena merupakan jok lipat yang juga difungsikan untuk jalur penumpang ke baris yang belakangnya.

Begitu pun di baris ketiga, sama persis dengan baris kedua. Namun perbedaannya, legroom baris ketiga semakin sempit namun masih tergolong nyaman.

Di jok barisan paling belakang tidak bisa diatur reclining, bahkan posisinya cenderung sangat tegak. Legroom pun semakin kecil di sini serta head room pun semakin rendah namun tetap tergolong luas.

Kini perhatian beralih ke bagasinya. Kendati tidak terlalu besar, namun volume menjadi sangat lapang ketika jok baris keempat dilipat.

Bagasi pun semakin luas lagi kala baris ketiga dan kedua dilipat. Selain itu, bagian bawah bagasi pun cukup rata untuk dimasukkan barang banyak atau besar sekalipun.

Bahkan, jika semua jok dicopot, bagasi DFSK Gelora bisa masuk sebuah motor besar.

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, DFSK Gelora minim akan fitur berkendara.

Dari infotainment saja misalnya, head unit 1 DIN hanya dibekali pemutar radio dan musik dari SD card saja.

Memang ada layar sentuh, tapi itu adanya di Gelora E yang varian mobil listrik. Di sana terdapat layar sentuh 8 inci dengan berbagai fitur menarik, termasuk hadirnya sebuah fitur kalkulator.

Kembali ke Gelora mesin bensin, fitur lainnya adalah AC double blower sehingga mampu memberikan kenyamanan lebih baik untuk penumpang di belakang.

Fitur lainnya, pada tipe blind van terdapat 2 speaker, sedangkan tipe minibus memiliki 4 buah speaker yang tersebar di dalam kabin.

Bicara fitur keselamatan, DFSK Gelora mendapatkan griller berbentuk perisai dengan crumple zone untuk meredam benturan.

Selain itu, mobil berdimensi panjang ini dilengkapi dengan sistem keselamatan airbag serta pengereman ABS dan EBD.

DFSK Gelora tipe minibus dan blind van memiliki mesin yang sama. DFSK membekali keduanya dengan mesin bensin DK15-06 VVT berkapasitas 1.499 cc. 

Mesin ini pun sudah memenuhi standar Euro 4 yang mampu menyemburkan daya sekuat 113 Hp dan torsi puncak 148 Nm. 

Tenaga tersebut pun disalurkan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan. Ya, DFSK Gelora hanya ditawarkan varian transmisi manual saja. Sedangkan untuk transmisi otomatisnya ada di varian Gelora E yang sampai saat ini masih abu-abu kejelasan peluncurannya.

Guna mendukung performa dari mesin, mobil komersial ringan DFSK ini juga memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 55 liter.


Berdasarkan kalkulasi dari pabrikan, konsumsi BBM DFSK Gelora diklaim memiliki tenaga 0,145 kWh per km atau setara Rp. 239 per km. Rekor ini jauh lebih irit dibandingkan model serupa dengan teknologi mesin pembakaran dalam. ICE jenis ini membutuhkan biaya energi sebesar Rp. 463 per kilometer. Atau sama dengan mobil yang mengonsumsi bahan bakar 16,5 km / liter.

DFSK Gelora bisa menjadi salah satu alternatif kendaraan komersial ringan yang multifungsi dengan harga yang terjangkau. Gelora bisa difungsikan sebagai mobil pengangkut penumpang umum maupun barang pada varian blind van. Adapun Gelora sendiri sudah difungsikan sebagai ambulans dengan kapasitas kabin yang luas.

Harga yang terjangkau mampu menarik perhatian publik, di mana angkanya cukup menggiurkan dibandingkan kompetitor terdekatnya seperti Daihatsu Gran Max, Suzuki APV, maupun Wuling Formo.

Namun, jika Anda masih belum terlalu tergesa-gesa untuk meminang kendaran komersial ringan, patut bersabar guna menunggu kehadiran Gelora E. Di samping fiturnya lebih beragam, karena berpenggerak motor listrik biaya operasional harian pun bisa jadi lebih hemat.

Artikel Terkait
FAQ
  • Berapa harga DFSK Gelora?
    Gelora Blind Van (BV) Rp 169 Juta Gelora Mini Bus (MB) Rp 185 Juta
  • Berapa ukuran dimensi DFSK Gelora?
    Tinggi 1.960 mm x Panjang 4.500 mm x Lebar 1.680 mm x Jarak sumbu roda 3.050 mm
  • DFSK Gelora memiliki sistem penggerak roda depan atau belakang?
    Roda belakang (RWD)

Komentar Pengguna

Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Hot Brand
Toyota
Toyota
Honda
Honda
Nissan
Nissan
Daihatsu
Daihatsu
Mitsubishi
Mitsubishi
Suzuki
Suzuki

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya