OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Mobil Sejenis
  • Video

Honda Brio

Honda Brio
1/137
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
  • Honda Brio
Angsuran mulai dari:2,74 Jt/Bln
Rp 151,40 Jt - 201,70 Jt
Get Offer
  • Mobil Irit BBM (24 Km/L - 17 Km/L)
  • 4Mobil Terlaris
  • 5City Car Performa Terbaik
  • 9LCGC 100 - 200 Juta
Otomatis/ Manual
Bensin
1199cc
5 seat
  • Kelebihan
  • Desain stylish modis
  • mesin terbaik di kelasnya
  • Jaringan purna jual sangat baik
  • Irit konsumsi
  • Kekurangan
  • Harga dinilai terlalu tinggi di kelasnya
  • kurang lengkap
  • Interior kurang mendapat pembaruan
Semua Model
  • Satya S
    Angsuran mulai dari: Rp 2,74 Jt/Bln
    Harga: Rp 151,40 Jt
    Manual
    Bensin
    1199cc
    5 seat
  • Satya E
    Angsuran mulai dari: Rp 2,91 Jt/Bln
    Harga: Rp 160,40 Jt
    Manual
    Bensin
    1199cc
    5 seat
  • Satya E CVT
    Angsuran mulai dari: Rp 3,18 Jt/Bln
    Harga: Rp 175,40 Jt
    Otomatis
    Bensin
    1199cc
    5 seat
  • RS
    Angsuran mulai dari: Rp 3,29 Jt/Bln
    Harga: Rp 181,30 Jt
    Manual
    Bensin
    1199cc
    5 seat
  • RS CVT
    Angsuran mulai dari: Rp 3,56 Jt/Bln
    Harga: Rp 196,20 Jt
    Otomatis
    Bensin
    1199cc
    5 seat
  • RS MT Urbanite Edition
    Angsuran mulai dari: Rp 3,40 Jt/Bln
    Harga: Rp 187,30 Jt
    Manual
    Bensin
    1199cc
    5 seat
  • RS CVT Urbanite Edition
    Angsuran mulai dari: Rp 3,89 Jt/Bln
    Harga: Rp 201,70 Jt
    Otomatis
    Bensin
    1199cc
    5 seat
Review
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Honda Brio bisa dibilang sebagai salah satu model mobil yang cukup tinggi pamornya di Indonesia. Mobil ini merupakan sebuah city car hatchback yang awalnya didatangkan pada 2012. Menyusul regulasi terkait mobil murah, maka Brio diproduksi untuk  mengisi ceruk segmen Low Cost Green Car (LCGC) tersebut pada 2013 silam dan dirakit lokal. 

Honda Brio dibuat untuk menyasar para kaum muda dan keluarga kecil yang mengidamkan sebuah mobil perkotaan kompak. Selain itu, mudah dikendalikan lantaran dimensi yang kecil juga konsumsi bahan bakar yang irit.

Mobil ini pun kemudian sangat direkomendasikan bagi mereka yang hendak mencari mobil pertama.

Pada awal kemunculannya, Honda Brio tersedia dalam dua tipe, Brio Satya dengan varian S, E, dan E CVT, dan Honda Brio RS dengan varian RS dan RS CVT. Layaknya sebuah city car kompak buatan Jepang, harganya juga saat itu cukup terjangkau.

Tak heran, tak butuh waktu lama, Honda Brio pun langsung mendapat penerimaan yang sangat baik dari masyarakat. Desain sporty dan tidak pasaran jadi daya pikat tersendiri. 

Alih-alih menyasar masyarakat yang baru berkeluarga, Honda Brio malah laris manis di kalangan anak muda dan pilihan alternatif kaum hawa. Saking populernya, Honda malah meluncurkan Mobilio dan BR-V yang menggunakan platform Brio.

Pada 2018 Honda Brio pun menginjak generasi kedua dengan ubahan total di eksteriornya, namun tak ada perubahan sama sekali pada interiornya. Honda Brio anyar ini diperkenalkan tepat berbarengan dengan ajang pameran otomotif GIIAS 2018. 

Desainnya yang kini disebut lebih aerodinamis dan hilangnya kaca lebar di belakang, membuatnya mendapat julukan “Mobilio Buntung” lantaran muka keduanya yang sangat mirip.

Spesifikasi Honda Brio 2020

Sejarah Honda Brio

Sejarah Honda Brio dimulai pada tahun 2011 silam. Awalnya, city car hatchback ini sendiri diproduksi di India dan Thailand kemudian meluncur di kedua negara tersebut.

Selang setahun, tepatnya pada tahun 2012, Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia memboyong Brio ke Tanah Air. Saat itu ada beberapa varian yang ditawarkan kepada publik, yakni tipe 1.2L AT, RS, dan Satya.

Khusus Brio Satya, mobil ini dibuat khusus untuk mengisi ceruk pasar segmen mobil murah alias Low Cost Green Car (LCGC) yang saat itu baru dicanangkan pemerintah. Di luar ekspektasi, respon masyarakat terhadap mobil ini pun luar biasa.

Atas antusiasme publik yang sangat tinggi, maka akhirnya Honda Brio pun diproduksi secara lokal di Tanah Air pada 2013.

Nama Brio ini diambil berdasarkan dari bahasa Italia yang berarti "senang", "ceria & bersemangat". Dengan begitu Honda berharap mobil Brio dapat memberikan semangat yang sama atas namanya kepada para pemiliknya.

Honda Brio pun kemudian bertahan tanpa ubahan mayor hingga menginjak tahun 2018 modelnya pun diperbarui untuk pertama kalinya. Pada tahun ini, Honda mengklaim Brio telah memasuki generasi kedua. Perubahan mencolok tampak pada bagian eksteriornya, sedangkan interior masih menggunakan model lama.

Brio generasi kedua memiliki dimensi yang lebih besar sedikit. Namun tetap tidak menghiraukan karakter mobil kompak khas city car untuk lalu lintas padat.

Eksterior Honda Brio kini patut diakui memang lebih sporty, namun menjadi kurang unik lantaran tampangnya mirip Honda Mobilio. Tak heran, dari segi eksterior Honda Brio pun sering dijuluki "Mobilio Buntung".

Honda Brio kini memiliki gril yang lebih besar persis Mobilio yang masih dipadukan dengan krom serta logo Honda di tengah. Tak hanya gril yang berubah, bumper depan pun tentu saja menampilkan desain yang lebih gres dan stylish. 

Kesan sporty penuh gaya mungkin didapat dari adanya lekukan pada bagian rumah lampu kabutnya. Kendati secara tampang mengakibatkan Honda Brio mendapat julukan tak mengenakkan, namun tak sedikit juga yang mengapresiasi perubahan desain Brio ini.

Ke bagian belakang, bagian yang juga cukup mencolok mendapat perubahan. Brio generasi pertama punya ciri khas kaca yang lebar. Namun sayang, keunikan itu harus hilang di generasi kedua ini.

Selain itu lampu belakang Honda Brio kini tampil lebih modern dan lebih besar dari sebelumnya yang punya aksen bulat.

Di bagian atap, Honda Brio juga kini tersedia pilihan warna dual tone pada tipe RS.

Honda Brio generasi kedua bisa dibilang tak jauh berbeda dengan pendahulunya, bahkan banyak yang menganggap tak ada yang berubah di sini. Kendati demikian ada beberapa perbedaan yang lumayan mampu meng-improve kenyamanan di dalam kabin Brio.

Sebut saja misalnya kehidaran tweeter speaker yang mampu memberikan kualitas audio lebih baik; berkarakter dan menggema. Di bagian dasbor, fitur standar mobil kekinian pun hadir, head unit layar sentuh dan AC digital mampu meningkatkan kenyamanan penumpang.

Brio diklaim Honda mengusung konsep Sporty Dashboard Design with Orange Lining. Kembali bicara soal head unit, layar berukuran 6,1 inch touchscreen itu sudah dilengkapi perangkat konektivitas Bluetooth dan HFT function, serta USB Connection. Demi meningkatkan kepraktisan berkendara, dalam layar head unit Brio pun sudah dilengkapi fitur free telephone. Fitur ini akan sangat memudahkan pengemudi untuk mengangkat telepon yang terintegrasi ke layar.

Beralih ke bagian roda kemudi, setir Brio tentunya sudah dilengkapi electronic power steering (EPS). Tak hanya itu, kemudi pun bisa diatur secara tilt, yakni membuat posisi setir naik atau turun sesuai kebutuhan dan kenyamanan mengendarainya.

Untuk jok, Honda Brio menggunakan jok dengan Adjustable Headrest, sandaran kepala guna membuat pengemudi dan penumpang semakin nyaman. Terlebih lagi, bahan fabric pada jok menggunakan material yang tidak terlihat murahan. Aksen orange stitch pun hadir pada jok, memberikan kesan sporty nan estetis.

Bicara soal fitur, Honda Brio menjadi salah satu mobil yang punya fitur keamanan dan keselamatan standar yang sangat baik di kelasnya. Mulai dari fitur keamanan, Honda Brio dibekali keyless entry, immobilizer, dan alarm system anti maling.

Pada fitur keselamatan, Honda Brio telah dilengkapi dual front SRS Airbags. Fitur ini sudah sangat siap untuk melindungi penumpang di depan. Selain itu, tentu saja sabuk pengaman dan system pengingatnya sudah hadir di Brio ini.

Dari sektor rangka, Honda Brio disebut memiliki struktur rangka yang mampu melindungi penumpang dalam kabin apabila terjadi benturan keras. Honda Brio dibangun menggunakan teknologi rangka G-CON + ACE yang dikenal sebagai teknologi baru dalam rancang bangun sebuah mobil Honda.

Untuk menyempurnakan sistem keselamatan, Honda Brio juga sudah menggunakan teknologi side impact beam sebagai peredam benturan saat tertabrak dari samping.

Kembali ke sabuk pengaman, Honda Brio juga dibekali sabuk pengaman dengan teknologi pretensioner dan load limiter. 

Namun sangat disayangkan adalah belum adanya fitur sensor parkir. Padahal jika melihat harga yang ditawarkan, Honda Brio seharusnya sudah layak punya fitur tersebut.

Mesin Honda Brio

Tidak ada yang berubah di sektor dapur pacu Brio jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Honda Brio kini masih dibenamkan mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW dengan standar emisi EURO4. 

Kendati demikian, Honda menyebutkan bahwa performa Brio generasi pertama dan kedua berbeda. Model terbaru mendapat improvement soal keluaran tenaga lantaran beberapa faktor. Di atas kertas, Honda Brio mampu membuncahkan tenaga sekuat 90 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm.

Mesin tersebut pun kemudian disandingkan dua opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT 4 percepatan.

Tak hanya soal tarikan, mesin Honda Brio juga kini terkenal semakin irit. Menurut beberapa laporan, Honda Brio memiliki catatan konsumsi bahan bakar 14 km/ liter untuk perjalanan dalam kota, dan mampu menembus angka 22 km/ liter untuk perjalanan luar kota.

Performa dan Handling Brio

Menyinggung performa, Brio bisa mewakili kelihaian Honda meracik mesin yang baik. Tarikan Honda Brio dirasa impresif terutama jika sudah di putaran atas. Memang agak lemot di putaran bawah, namun itu hanya di awal pemakaian saja.

Handling yang ringan khas city car juga hadir pada diri Honda Brio. Hal ini jelas menjadi keunggulan tersendiri lantaran lalu lintas perkotaan yang sangat padat menuntut mobil harus mampu diajak selap-selip.

Jika memang mobil harus rutin menghadapi kemacetan, pilihan transmisi CVT bisa menjadi berkah. Namun transmisi manual punya kelebihan sendiri untuk Anda yang mengidamkan tarikan mesin terbaik pada mobil kecil. 

Selain tarikan mesinnya, Honda Brio juga diakui punya performa suspensi yang sangat baik. Kendati mobil kecil, bantingan di jalanan rusak tak terlalu terasa keras bumping-nya.

Keunggulan mobil perkotaan adalah punya konsumsi bahan bakar yang efisien. Honda Brio dengan teknologi mesin i VTEC + DBW mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar yang irit.

Menurut hasil pengujian Otoloka, konsumsi BBM Honda Brio mampu 14 km/ liter untuk perjalanan dalam kota, dan mampu menembus angka 22 km/ liter untuk perjalanan luar kota.

Dari ulasan Honda Brio tadi di atas, mobil ini sangat layak menjadi salah satu pilihan mobil perkotaan untuk daily used. mesin yang apik menjadi daya tarik tersendiri.

Namun desain Honda Brio generasi kedua ini disebut sebagai alasan terbanyak mengapa konsumen akhirnya menjatuhkan pilihan kepadanya. Desain sporty dan elegan tak mengubah karakter Brio generasi pertama, sehingga mobil ini pun masih tetap diminati oleh keluarga baru dan kaum muda yang modis.

Jaringan servis dan ketersediaan suku cadang yang melimpah bisa jadi alasan mengapa memilih Honda Brio. Tapi sayang, harga yang dipatok HPM dianggap cukup kemahalan jika melihat fitur yang disematkan dan harga mobil lain sekelasnya.

Artikel Terkait
FAQ
  • Berapa kapasitas tangki Honda Brio?
    Bagaimana kapasitas bagasi Honda Brio?
    Honda Brio memiliki kapasitas bagasi 258 liter. Kapasitas tangki Honda Brio adalah 35 liter
  • Berapa radius putar Honda Brio?
    Radius putar Honda Brio sebesar 4,5 meter
  • Mobil alternatif selain Honda Brio?
    Di kelas city car ada Suzuki Ignis dan Daihatsu Sirion, untuk di kelas LCGC ada Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Komentar Pengguna

Honda Brio
4.4
5 Ulasan Total
5
40%
4
60%
3
0%
2
0%
1
0%
deni salim
deni salim
Sangat Puas
sebenarnya untuk pemakaian yang jarak dekat saya cukup puas dengan Honda Brio ECVT 2019 karena saya sudah tahu dengan varian yang paling tinggi honda brio RS itu tidak jauh beda dengan Brio ECVT bedannya hanya spion retrack dan ada emblem RS sajah ... hahahaha
(50)
(0)
Donny
Donny
Puas
pemakaian saya selama 2 tahun terakhir hingga sekarang konsumsi bahan bakarnya awet 1 liter bisa 30km kurang lebih
(35)
(0)
Florencia Santoso
Florencia Santoso
Puas
Milik saya adalah brio yang lama tahun 2015 yang bagian ekor belakangnya seperti terpotong, menurut saya perawatannya mudah , aki nya awet hingga 2-3 tahun masuk tahun ke 3 anda harus cek ke bengkel untuk perawatan lebih lanjut
(43)
(0)
Lius Sanjaya
Lius Sanjaya
Sangat Puas
Kabin dan Bagasi Relatif Kecil.
(44)
(0)
Deddi Bunardi
Deddi Bunardi
Puas
bensin hemat banget perbandingan konsumsi bahan bakarnya 1:16 biaya perawatan murah
(45)
(0)
Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Kendaraan Terbaru
  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya