

Isuzu Panther
- OVERVIEW
- Harga
- Review
- Artikel
- FAQ
- Evaluasi
- Video
Jenis Mobil | UNKNOWN TYPE NAME |
Jenis Transmisi | Manual |
Bahan Bakar | Diesel |
Mesin | 2499cc |
- Kelebihan Isuzu Panther
- Mesin bandel dan minim perawatan
- Irit bahan bakar
- Torsi mesin besar di putaran rendah
- Interior lega untuk tujuh penumpang
- Kekurangan Isuzu Panther
- Akselerasi kurang
- Suara dan getaran mesin terasa di dalam kabin
- Minim fitur
- Chassis kaku
Harga Isuzu Panther terbaru
- Tersedia
- Variant
- Transmission
- Fuel
- Mesin
- Tempat Duduk
- 2000 | 2499cc |
- Isuzu Panther SMARTHarga:Rp 286,60 JtHarga menyusul: 5,53 Jt/BlnManualDiesel2499cc7 seatIsuzu Panther SMART
- Isuzu Panther LVHarga:Rp 293,90 JtHarga menyusul: 5,67 Jt/BlnManualDiesel2499cc7 seatIsuzu Panther LV
- Isuzu Panther LSHarga:Rp 316,40 JtHarga menyusul: 6,10 Jt/BlnManualDiesel2499cc7 seatIsuzu Panther LS
- Isuzu Panther GRAND TOURINGHarga:Rp 342,30 JtHarga menyusul: 6,60 Jt/BlnManualDiesel2499cc7 seatIsuzu Panther GRAND TOURING
Review Isuzu Panther
- Overview
- Eksterior
- Interior
- Fitur
- Mesin & Performa
- Konsumsi BBM
- Kesimpulan
Setelah
hadir selama tiga dekade di tanah air, Isuzu Panther 'Rajanya Diesel' akhirnya
memasuki masa purna bhakti. PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI)
menghentikan produksi Panther yang diumumkan secara resmi pada awal
Februari 2021 lalu.
Ketangguhannya tidak perlu diragukan lagi namun harganya yang sudah menyamai Toyota
Kijang Innova terbaru tapi dengan desain dan teknologi yang tidak berubah selama dua dekade terahir membuat angka
penjualannya terus merosot.
Faktor kedua yang membuatnya harus disuntik mati adalah mesin diesel
4JA1-L sulit untuk memenuhi standar emisi Euro 4. Perlu investasi besar untuk
mendesain ulang mesin berteknologi 1980-an ini maupun menggantinya dengan mesin
baru.
Isuzu Panther sebetulnya masih banyak diminati karena reputasinya
sebagai kendaraan serba guna yang tidak merepotkan jika saja harga barunya
masih di kisaran Rp250 jutaan. Hal ini terlihat dari harga bekasnya yang masih
tinggi karena masih banyak konsumen yang memburunya.
Harga
Terakhir Saat Dijual (OTR Jakarta)
Tipe |
Harga |
Isuzu
Panther SMART |
Rp
286.600.000,00 |
Isuzu
Panther LV |
Rp293.900.000,00 |
Isuzu
Panther LS |
Rp316.400.000,00 |
Isuzu
Panther GRAND TOURING |
Rp342.300.000,00 |
Untuk
harga unit bekasnya, baik Isuzu Panther generasi pertama maupun kedua relatif
stabil dan dapat dikatakan masih tinggi dibandingkan kendaraan sekelas dengan
umur yang sama.
Harga
yang masih tinggi ini antara lain juga dipengari oleh stoknya di pasar mobil
bekas. Meski populasinya tinggi, masih banyak juga pemilik Isuzu Panther
khususnya generasi kedua yang masih enggan untuk menjualnya kembali.
Kisaran
Harga Bekas Isuzu Panther Generasi Pertama
Tipe |
Harga |
Isuzu Panther Hi-Grade
(1997-1998) |
Rp50 juta –
Rp60 juta |
Isuzu Panther
Hi-Sporty (1998) |
Rp55 juta |
Isuzu Panther
Royal (1997-1998) |
Rp45 juta –
Rp50 juta |
Isuzu Panther Grand
Royal (1998-1999) |
Rp55 juta –
Rp65 juta |
Kisaran
Harga Bekas Isuzu Panther Generasi Kedua
Tipe |
Harga |
Isuzu Panther Touring (2012)
|
Rp140 juta – Rp150 juta |
Isuzu Panther Touring (2013) |
> Rp170 juta |
Isuzu Panther Grand Touring
(2017) |
> Rp240 juta |
Spesifikasi
Isuzu Panther Generasi Kedua
Mesin |
|
||
|
4JA1-L,
diesel 4 silinder segaris 2.5L SOHC Direct Injection dengan Turbocharger |
||
Isi
Silinder |
2.499
cc |
||
Tenaga
Maksimum |
78
hp @ 3.500 rpm |
||
Torsi
Maksimum |
191
Nm @ 1.800 rpm |
||
Transmisi |
Manual 5 percepatan / Otomatis 4 percepatan |
||
Sistem Penggerak |
Penggerak Belakang |
|
|
Konsumsi
BBM |
12 km/liter (kota)/16 km/liter (tol) |
|
|
Kapasitas
Tangki BBM |
55 liter |
|
|
Dimensi |
|
||
P x
L x T |
4.535 x 1.770 x 1.920 mm |
||
Jarak
Poros Roda |
2.685 mm |
||
Jarak
Terendah |
195 mm |
||
Berat
Kosong |
2.170 kg |
||
Kaki-Kaki
dan Suspensi |
|||
Rem
Depan/Belakang |
Cakram /Tromol |
||
Suspensi
Depan |
Double
Wishbone Batang Torsi dengan Stabilizer Bar |
||
Suspensi
Belakang |
Gardan
Rigid dengan Per Daun |
||
Velg/Ban |
Alloy 15 inci / 205/65 R15 (SMART, LV, LS); 235/70
R15 (Grand Touring) |
||
Sejarah
Isuzu Panther
Kelahiran Isuzu Panther di tahun 1991 tidak lepas dari gagasan pendiri
PT Astra International William Soerjadjaja untuk menghadirkan pesaing Toyota
Kijang yang merajai pasar mobil niaga dan minibus saat itu. Ia menilai jika ada
pesaing akan memacu masing-masing produk untuk berkembang meski sama-sama
berada di dalam satu grup Astra.
Isuzu Panther generasi pertama ini dibekali mesin diesel minim perawatan
dan hemat solar. Pada tahun 1996, mesin diesel C233 berkapasitas 2,3 liter
digantikan mesin baru 4JA1 berkapasitas 2,5 liter yang lebih bertenaga.
Generasi pertama ini kemudian digantikan oleh generasi kedua pada tahun
2000. Model ini lahir untuk mengimbangi Toyota Kijang “Kapsul” yang muncul di
tahun 1997. Desain barunya lebih aerodinamis dan modern dengan bentuk yang
lebih membulat.
Isuzu
Panther generasi kedua ini selain harus bersaing dengan Toyota Kijang sebagai
lawan abadinya juga harus menghadapi pesaing baru seperti Mitsubishi Kuda dan Chevrolet
Tavera ketat di
segmen MPV yang diisi oleh Toyota Kijang Kapsul, Opel/Chevrolet Blazer, Mitsubishi Kuda, dan
kembarannya bermesin bensin Chevrolet Tavera.
Isuzu Panther “Kapsul” ini dijual dengan tipe SM, LM, SV, LV, SS, LS
Hi-Grade, LS Turbo, dan Touring.
Varian
yang dijual saat itu berdasarkan urutan terendah hingga tertinggi antara lain
tipe SM, LM, SV, LV, SS, LS Hi-Grade, LS Turbo dan Touring. Huruf L di depan kode tipe
mengacu kepada kata “Long” yang berarti panjang (chassis panjang) dan S untuk “Short”
(chassis pendek).
Khusus
tipe Touring dan LS Turbo, mesin yang digunakan telah dibekali dengan
turbocharger sebagai pendongkrak tenaga. Sementara tipe lainnya masih mewarisi
mesin diesel non-turbo berkapasitas 2.500 cc dari Panther facelift
generasi pertama.
Memasuki
tahun 2005, Isuzu New Panther mengalami major facelift dengan perubahan bentuk
fascia dan beberapa penambahan fitur serta kelengkapan.
Banyak
yang beranggapan
varian major facelift ini merupakan generasi keempat. Hal ini berawal dari Panther generasi pertama model facelift dengan mesin
baru 2,5 liter
sebagai generasi kedua sehingga New Panther generasi awal dihitung sebagai generasi ketiga.
Faktanya
Panther hanya memiliki dua generasi saja yaitu yakni Panther Kotak sebagai generasi pertama dan Panther Kapsul sebagai generasi kedua.
Varian chassis pendek dan opsi transmisi otomatis kemudian juga dihapus
karena kurang
diminati konsumen. Selanjutnya varian yang ditawarkan adalah tipe LM Smart FTF, LM Smart
FF, LV FTF, LV FF, LV Adventure, LS Turbo, Touring dan Grand Touring.
Isuzu
Panther kembali mengalami peremajaan atau minor facelift dengan penambahan
asesoris pemanis pada tahun 2009. Tipe-tipe yang dijual masih sama seperti
sebelumnya, namun tipe LS Hi-Grade tidak lagi dipasarkan karena telah diwakili
oleh LS Turbo. Semua mesin akhirnya dilengkapi dengan turbocharger untuk memenuhi standar emisi EURO 2.
Memasuki
tahun 2011, Panther kembali mengalami penyegaran ringan namun hanya pada tipe
Touring dan Grand Touring dengan penambahan pilihan warna interior dan berbagai
aksesoris penunjang.
Isuzu
kembali memberikan sentuhan minor facelift pada tahun 2013. Penyegaran ringan
tersebut meliputi pembenahan panel instrumen dan ubahan desain pintu belakang
pada beberapa tipe model.
Sejumlah
fitur baru pun dibekalkan pada Panther sebagai pemikat konsumen. Tipe model
yang dipasarkan pun kian mengerucut yakni Smart, LV, LS dan Grand Touring.
Dari
segi tampilan eksterior khususnya bagian depan, Isuzu Panther masih memiliki
garis desain yang sama seperti generasi sebelumnya.
Grille
depan dihiasi dengan garis vertikal hitam yang dipadukan dengan kisi-kisi yang
diperkuat aksen pilar vertikal dan horizontal berlapis chrome. Pada bagian
tengah grille tersemat emblem tulisan Isuzu
Headlamp
berukuran besar dan lebih atraktif tersemat di grille depan sehingga tampak memperpanjang
profil. Pada tipe teratas, dilengkapi dengan kaca spion berbingkai krom dan
dilengkapi lampu sein.
Praktis tampilannya sejak tahun 2013 hingga dihentikan penjualannya di 2021 tidak mengalami
perubahan.
Desain
bumper model lama (pra-2013) juga masih tetap dipertahankan dengan penambahan
aksen garis di bagian tengah air dam.
Beralih
ke area samping, siluet bodi Panther memiliki lekukan yang tak mengalami
perubahan sejak generasi kedua diluncurkan tahun 2000 hingga keluaran terakhir tanpa perubahan. Hanya berbeda model velg dan aksesoris
tambahan di sekeliling bodi.
Khusus
untuk varian LS yang memiliki ground clearance lebih tinggi dari varian dasar
lainnya, maka mendapat tambahan sepasang footstep untuk memudahkan akses keluar
masuk penumpang. Sementara dimensi total semua tipe tetap sama dengan panjang 4.475 mm, lebar
1.680 mm, dan tinggi 1.790 mm.
Pada
bagian belakang, seluruh tipe Panther dilengkapi dengan lampu model kristal dan
beberapa penambahan kosmetik. Khusus untuk tipe teratas dihiasi dengan
ornamen list krom di sepanjang bodi belakang lengkap dengan reflektor mata
kucing yang mengapit posisi plat nomor.
Kendati
bagian buritan Panther terlihat kekar dan berotot serta berkesan modern namun
sejatinya desainnya tak banyak berubah dibandingkan dengan versi tahun 2001,
khususnya pada bagian bumper belakang. Pada tipe teratas dilengkapi dengan tow
hook yang terpasang di bumper belakang.
Posisi ban serep pada
tipe Touring dan Grand Touring yang pada versi sebelumnya berada di pintu
belakang dan kerap dijuluki 'konde' kini dipindahkan ke bagian kolong. Hal
tersebut ditujukan untuk memudahkan saat mengambil ban serep serta untuk
mengurangi beban pada pintu belakang yang dapat mengakibatkan engsel pintu
rusak
Mengintip ke dalam kabin Panther, interior
Isuzu Panther terbilang modern dan
mewah untuk ukuran minibus awal 2000-an.
Dashboard simpel
dengan panel instrumen yang mudah dibaca. Tampilan
odometer dan tachometer pada panel instrumen dapat terlihat jelas oleh
pengemudi dan tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara.
Nuansa interior Panther didominasi warna Beige
(krem muda) mulai dari dashboard hingga panel trim pintu serta seluruh
bangkunya.
Kendati tidak dibalut dengan material yang mewah,
bangku penumpang maupun pengemudi terasa cukup nyaman.
Bangku pengemudi sudah dapat disesuaikan ketinggiannya untuk
mendapatkan posisi duduk yang pas dan nyaman saat mengemudi. Posisi setirnya tidak dapat disetel, belum
mengenal tilt apalagi telescopic steering.
Tidak ada opsi head
unit layar sentuh. Fitur pemanja kabinnya cukup
dengan sistem audio single DIN yang dilengkali dengan pemutar MP3, CD/DVD serta radio.
Pada model Grand
Touring tahun-tahun terakhir sudah ditawarkan dengan layar monitor yang
terpasang di plafon.
Meski tidak dilengkapi
dengan layar monitor di konsol tengahnya, sudah ada kamera mundur yang
terhubung dengan monitor mini yang menyatu dengan kaca spion di dalam kabin.
Fitur yang diberikan pada Panther generasi kedua dapat dikatakan tidak pernah
berubah dalam dua dekade. Di awal 2000-an fitur-fiturnya seperti power window,
power steering, dan spion elektrik sudah luar biasa untuk minibus
tujuh/sembilan penumpang yang sebelumnya hanya ditemui di sedan.
Isuzu Panther Grand
Touring keluaran terakhir pun fitur keselamatannya juga tidak sesuai dengan
harganya. Lupakan rem ABS+EBD, kontrol traksi, ataupun kantung udara. Hanya
tersedia sepasang sabuk keselamatan di bangku depan, seatbelt reminder, open
door reminder, dan bumper besi untuk menghadapi benturan.
Sebagai sumber penggerak, Panther ditenagai
oleh mesin diesel 4-silinder 2.499 cc DOHC direct injection dengan
turbocharged.
Mesin berkode 4JA1-L yang digunakan ini
menghasilkan tenaga maksimum 78 hp yang dikail pada putaran mesin 3.500 rpm dan
torsi maksimum sebesar 191 Nm yang diraih pada putaran mesin 1.800 rpm.
Isuzu Panther hanya tersedia dalam pilihan
transmisi manual 5-percepatan.
Transmisi otomatis 4 percepatan tidak lagi ditawarkan sejak 2013.
Torsi besar di putaran
rendah menjadi daya tarik khas kendaraan diesel. Tidak perlu menginjak terlalu
dalam saat start dengan beban penuh atau menanjak.
Memang jika
dibandingkan dengan mesin diesel baru dengan teknologi common rail injection,
diesel lawas dari era ’80-an ini terdengar lebih berisik, getaran kuat, dan
akselerasinya tidak spontan.
Namun teknologi kuno
ini juga memiliki kelebihan antara lain tidak perlu bahan bakar diesel dengan
angka cetane tinggi seperti Pertadex. Mesin ini tidak alergi meminum solar
dengan kandungan sulfur tinggi.
Chassis ladder frame
yang kokoh dirancang untuk mengangkut beban berat di segala medan. Karakternya
yang kaku diimbangi dengan setingan suspensi yang empuk bahkan malah terasa
terlalu mengayun saat di tol.
Konsumsi BBM rata-rata dari Isuzu Panther
generasi terakhir ini berada di kisaran 12km/l (dalam kota) dan 16km/l (Tol).
Dengan tangki bahan
bakar berkapasitas 55 liter terisi penuh, Anda
dapat melakukan perjalanan lebih dari 700 km dengan sekali pengisian bahan
bakar.
Jangan gunakan standar
kendaraan MPV modern dalam mendefinisikan kenyamanan Isuzu Panther. MPV ini
memiliki karakter khas yang disukai para penggemarnya, tidak merepotkan dan
tahan banting.
Minimnya fitur dan
teknologi canggih juga berarti lebih minim permasalahan dalam pemakaian jangka
panjang.
Gambar Isuzu Panther
- Eksterior
- Interior
- Semua
Berita Isuzu Panther
- Isuzu dan Pertamina Siap Menghadapi Standar EURO 4 di Indonesia
Isuzu dan Pertamina Siap Menghadapi Standar EURO 4 di Indonesia
Nov 12, 2021 - Kelebihan Toyota Kijang Krista, Pernah Jadi Salah Satu yang Termewah
Kelebihan Toyota Kijang Krista, Pernah Jadi Salah Satu yang Termewah
Nov 10, 2021 - Komparasi Toyota Innova vs Isuzu Panther, Mobil Keluarga Bertenaga Diesel
Komparasi Toyota Innova vs Isuzu Panther, Mobil Keluarga Bertenaga Diesel
Okt 23, 2021 - Katakan Selamat Tinggal Untuk Isuzu Panther di Indonesia
Katakan Selamat Tinggal Untuk Isuzu Panther di Indonesia
Feb 15, 2021 - Menghilang Dari Situs Resmi, Akankah Produksi Isuzu Panther Dihentikan?
Menghilang Dari Situs Resmi, Akankah Produksi Isuzu Panther Dihentikan?
Des 18, 2020
FAQ Isuzu Panther
- 1. Apakah kedepannya suzu akan kembali menghadirkan Panther generasi baru? kendaraan niaga daripada MPV.Sepertinya tidak, Isuzu lebih memilih fokus pada
- 2. Dengan dipensiunkannya Panther dari jalur produksi Isuzu di Indonesia, apakah akan ada model baru pengganti ?Isuzu masih memiliki SUV Mu-X untuk segmen kendaraan penumpang. Isuzu Mu-X menggunakan teknologi mesin yang sama dengan Panther yang dipasarkan saat ini. Selain itu, desain serta teknologi yang diusung oleh Isuzu Mu-X jauh lebih modern dari Panther.
Review Pengguna Isuzu Panther

- 5100%
- 40%
- 30%
- 20%
- 10%
- Gracia Intanirit bahan bakar. Mesinnya bandel. Kuat nanjak. Suka keluar asap hitam. Suara mesin berisik.
- (21)
- (3)
Video Isuzu Panther
Hot Brand
- ToyotaToyota
- HondaHonda
- NissanNissan
- BMWBMW
- Mercedes-BenzMercedes-Benz
- MazdaMazda
- DaihatsuDaihatsu
- MitsubishiMitsubishi
- SuzukiSuzuki
- LebihLebih
Rating Isuzu Panther
Rekomendasi Terkait
Berita Terpopuler
- BMW Astra Gelar Driving Experience di Sirkuit Sentul, Dekatkan Diri ke KonsumenBMW Astra Gelar Driving Experience di Sirkuit Sentul, Dekatkan Diri ke KonsumenMay 20, 2022
- Toyota Vellfire 2008, Beli Rp 300 Jutaan Bisa Dapat Mobil Fasilitas MewahToyota Vellfire 2008, Beli Rp 300 Jutaan Bisa Dapat Mobil Fasilitas MewahMay 25, 2022
- Ducati Streetfighter V2 Biar Makin Sporty Bisa Pakai Aksesori IniDucati Streetfighter V2 Biar Makin Sporty Bisa Pakai Aksesori IniMay 20, 2022
- 7 Tips Perawatan Sepeda Motor agar Tetap Prima Usai Dipakai Mudik Lebaran7 Tips Perawatan Sepeda Motor agar Tetap Prima Usai Dipakai Mudik LebaranMay 23, 2022
- Cara Pengereman Sepeda Motor Yang Baik dan Benar, Biker Wajib Tahu!Cara Pengereman Sepeda Motor Yang Baik dan Benar, Biker Wajib Tahu!May 25, 2022
- Honda Civic RS Terbaru Jadi Safety Car di Mandalika Track Day 2022Honda Civic RS Terbaru Jadi Safety Car di Mandalika Track Day 2022May 23, 2022
- Astro Wheels, Tawarkan Pelek Mobil Murah dan BerkualitasAstro Wheels, Tawarkan Pelek Mobil Murah dan BerkualitasMay 24, 2022
- Gaikindo Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia melalui GIIAS The SeriesGaikindo Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia melalui GIIAS The SeriesMay 25, 2022
- Honda Brio E A/T 2015, Mudah Parkir dan Bermanuver di Kemacetan IbukotaHonda Brio E A/T 2015, Mudah Parkir dan Bermanuver di Kemacetan IbukotaMay 23, 2022
OTOLOKA Toolkit
- 1 Tahun
- 2 Tahun
- 3 Tahun
- 4 Tahun
- 5 Tahun
- 6 Tahun
Orang Lain Juga Melihat
- Isuzu Panther
- Isuzu D Max
- Gambar Isuzu D Max
- Harga Isuzu D Max
- Isuzu MuX
- Gambar Isuzu MuX
- Harga Isuzu MuX
- Isuzu Traga
- Gambar Isuzu Traga
- Harga Isuzu Traga
- Peugeot 3008
- Gambar Peugeot 3008
- Harga Peugeot 3008
- Peugeot 5008
- Gambar Peugeot 5008
- Harga Peugeot 5008
- Peugeot All New 2008
- Gambar Peugeot All New 2008
- Harga Peugeot All New 2008
- Tesla Model 3
- Gambar Tesla Model 3
- Harga Tesla Model 3
- Tesla Model S
- Gambar Tesla Model S
- Harga Tesla Model S
- Tesla Model X
- Gambar Tesla Model X
- Harga Tesla Model X
- Isuzu Panther
- Gambar Isuzu Panther
- Harga Isuzu Panther
- Lexus ES
- Gambar Lexus ES
- Harga Lexus ES
- Lexus GS
- Gambar Lexus GS
- Harga Lexus GS
- Lexus LC
- Gambar Lexus LC
- Harga Lexus LC
- Lexus LS
- Gambar Lexus LS
- Harga Lexus LS
- Lexus LX
- Gambar Lexus LX
- Harga Lexus LX
- Lexus NX
- Gambar Lexus NX
- Harga Lexus NX
- Lexus RX
Perbandingan kendaraan
Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.